Dirilis

11 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bagi Anda para pelaku usaha, mengetahui bagaimana cara memasang iklan di YouTube tentu menjadi hal penting untuk dilakukan. Sebab, YouTube telah menjelma menjadi salah satu platform media sosial yang sangat efektif untuk pemasaran produk usaha. Apalagi jumlah pengguna YouTube juga sangat besar dan luas.

YouTube ads atau iklan di YouTube memang cukup efektif untuk Anda gunakan dalam meningkatkan pemasaran usaha Anda. Apalagi juga ada banyak sekali kelebihan yang diberikan oleh YouTube ads ini. Misalnya Anda bisa menentukan target audience produk Anda dengan lebih spesifik. Lalu, bagaimana cara memasang iklan di YouTube?

Cara Memasang Iklan di YouTube dengan Mudah

Berikut ini beberapa cara memasang iklan di YouTube dengan mudah dan tepat:

1. Upload    Video di channel  YouTube Anda

upload video sebelum memasang iklan di YouTube
Pertama-tama Anda harus mengupload video iklan terlebih dulu di channel YouTube Anda. Pastikan video yang Anda upload tersebut sudah sesuai dengan tipe iklan yang biasa dipasang di YouTube tersebut. Caranya sama dengan mengupload video secara umum.
a.    Login ke channel YouTube Anda terlebih dahulu, lalu klik ikon Upload.
b.    Setelah itu silahkan pilih Upload Video.
c.    Nanti Anda akan masuk ke halaman khusus upload. Kemudian drag and drop video tersebut, atau memilih menu Select File.
d.    Proses upload akan berjalan dan tunggu hingga video Anda selesai diupload atau diunggah.

2. Buat Iklan melalui Akun Google Ads

Sekarang Anda bisa membuat iklan melalui Google ads. Buat akunnya terlebih dulu jika belum memiliki akun. Setelah itu login di akun tersebut dan klik menu Campaign dan klik ikon + untuk membuat iklan lagi yang baru. Nanti Anda akan diminta memilih tujuan dari iklan tersebut.

Sebaiknya pilih tipe Brand Awareness and Reach yang mengarah ke YouTube karena YouTube mampu meningkatkan Brand Awareness sampai 9% dengan cara yang efektif. Setelah itu pilih Video dan tentukan lagi tipe iklan di YouTube.

3. Menentukan Parameter Iklan Anda

menentukan parameter iklan di YouTube
Setelah itu, Anda bisa menentukan parameter iklan dari produk yang dipromosikan di sana. Isi setiap parameter tersebut yang terdiri dari Campaign Name, Bid Strategi, Budget, Networks, Location, Language, dan Inventory Type. Setiap parameter ini sangat penting untuk Anda isi untuk menentukan kesuksesan iklan yang Anda pasang nantinya.

4. Memilih Target Audiens

Dalam memaksimalkan budget dan performa pada iklan Anda, maka tentukan juga target audiens Anda. Pertama-tama, pilih berdasarkan demografi yang meliputi gender, usia, telah memiliki anak atau belum, serta persentase pendapatan di rumah tangganya. Lalu berdasarkan minat audiens dengan cara memasukkan kata kunci iklan yang relevan. Centang beberapa topik dari target audiens tersebut.

5. Menghubungkan Google Ads dengan Channel  YouTube Anda

Terakhir, masukkan tautan video iklan yang sudah Anda upload di YouTube menuju ke Google ads. Rangkum dari pengaturan yang dibuat sebelumnya saat Anda akan memasukkan link video. Isi URL untuk tampilan displaynya, Call to Action dan yang terakhir Headline. Kemudian untuk langkah paling akhir adalah klik tombol Create Campaign pada iklan yang akan Anda rilis. Jika sudah, maka langkah membuat iklan di YouTube dinyatakan sudah selesai dan iklan Anda sudah berhasil terpasang.

Itulah cara memasang iklan di YouTube yang bisa Anda lakukan. Cukup mudah bukan? Anda bisa menggunakan iklan ini untuk semakin memperluas dan membuat proses pemasaran produk usaha Anda menjadi lebih optimal lagi. Apalagi caranya juga mudah untuk dilakukan dan bisa menjangkau calon pembeli dengan sangat luas. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari daya.id seputar metode pemasaran digital selengkapnya agar pemasaran Anda bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS