Dirilis

11 Januari 2021

Disadari atau tidak, kemasan produk merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah produk. Sebab, kemasan adalah wajah dari produk apa yang ada di dalamnya, dan bagian di mana mata konsumen pertama kali tertuju.

Kalau ada pepatah yang mengatakan jangan melihat dari kemasannya saja dalam sebuah bisnis hal tersebut tidak berlaku. Justru sebaliknya, kita harus membuat kemasan sebagus mungkin agar konsumen tertarik.

Sebagai contoh. Sebuah produk makanan bisa terlihat lebih menarik jika dikemas secara rapi, dibanding produk sejenis yang hanya dikemas menggunakan kantong plastik.

Desain yang unik akan lebih menarik perhatian konsumen apalagi yang bisa menjadi ikon produk sejenis. Kemasan yang mudah diingat konsumen pastinya akan sangat menguntungkan produk itu sendiri. Bagaimana bisa membuat konsumen tetap bisa dengan mudah menemukan produk Anda di tengah tumpukan produk sejenis lainnya. Itu menjadi tantangan tersendiri yang akan berpengaruh pada omzet. Lalu bagaimanakah kunci untuk membuat kemasan sebuah produk yang menarik para konsumen?

Cara Membuat Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

1. Desain Simpel dan Elegan

Kemasan yang menarik sebenarnya justru yang desainnya simpel namun elegan. Jangan membuat pusing konsumen dengan kemasan yang rumit. Sesuatu yang rumit pada kemasan malah akan membuat konsumen memilih produk lainnya. Kemasan yang terlalu rumit malah akan menimbulkan kesan berlebihan dan murahan. Sebaliknya banyak desain kemasan yang hanya sederhana saja tetapi mencerminkan kemewahan. Yang penting Anda bisa memilih desain yang elegan dengan pemilihan warna, font dan gambar yang tepat.

2. Gunakan Warna Cerah

Memang tidak selamanya warna gelap itu tidak menarik namun biasanya orang akan lebih perhatian kepada warna yang cerah. Jadi kalau memang kebetulan produk Anda memiliki segmen pasar anak-anak hingga remaja menggunakan warna cerah lebih disarankan.

Hanya saja sebelum menentukan warna apa yang akan Anda gunakan dalam kemasan tersebut sebaiknya lakukan riset lebih dahulu. Lakukan survei pada kompetitor Anda yang menjual produk sejenis. Pelajari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari kemasan produk mereka tersebut.

3. Gunakan Gambar yang Menarik


 

Visual memang lebih mudah diingat dan disimpan otak dibandingkan dengan suara dan sebagainya. Karena itulah buatlah konsumen mengingat terus produk Anda melalui penglihatan mereka. Salah satunya adalah dengan memberikan gambar menarik pada kemasan produk Anda. Tentu saja gambar yang dipilih sebaiknya berhubungan dengan jenis produk Anda agar berkesinambungan. Pilih karakter animasi misalnya Upin dan Upin untuk produk jajanan anak.

4. Cantumkan Legalitas dari Pemerintah

Kita hidup di negara Indonesia dimana mayoritas penduduknya beragama Islam. Jadi label halal dalam kemasan yang Anda dapatkan dari MUI merupakan hal yang wajib ada. Selain itu jika produk Anda berupa obat ataupun makanan dan minuman konsumsi, sertakan juga nomor pendaftaran dari BPOM yang merupakan tanda legalitas.

5. Cantumkan Informasi Produk dengan Lengkap

Apa yang konsumen cari dalam kemasan sebuah produk? Mereka akan mencari semua informasi penting berkaitan dengan produk yang ada didalamnya. Misalnya adalah bahan-bahan pembuatan, manfaat dan kegunaan, saran penyajian dan lainnya.

Yang tidak kalah pentingnya adalah informasi kandungan nutrisi dalam produk tersebut jika berupa makanan atau minuman. Selain itu dari kemasan juga konsumen akan melihat kapan produk tersebut masih bisa digunakan dalam kondisi yang baik atau batas kadaluarsanya.

Ada beberapa produk seperti obat yang juga mencantumkan kontraindikasi dan apa saja yang harus dihindari selama pemakaian. Semua informasi tersebut wajib Anda cantumkan dengan jelas dan rinci agar produk Anda lebih dipilih oleh konsumen.

Itulah beberapa cara membuat kemasan produk usaha yang unik dan menarik. Mengingat betapa pentingnya peran kemasan untuk sebuah produk, maka dari itu jangan lupa untuk membuat kemasan ini semenarik dan seunik mungkin. Supaya konsumen bisa tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar bagaimana kemasan produk yang bagus untuk usaha Anda.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS