Dirilis

24 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Untuk memperkenalkan perusahaan kita pada banyak pihak, dibutuhkan adanya profil perusahaan atau company profile. Hal ini diperlukan sebagai cara untuk menjelaskan, mendeskripsikan atau menggambarkan kualitas dan fokus kerja perusahaan. Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat profil perusahaan tersebut dan bagaimana caranya? Mari kita simak pembahasannya.

Cara membuat Profil Perusahaan yang Menarik

profil perusahaan

Agar citra kita terlihat baik dan supaya banyak pihak mengenal kualitas serta kinerja perusahaan kita, perlu dibuatnya company profile yang tentunya professional pula. Berikut cara membuat profil perusahaan yang menarik, elegan juga professional tersebut, diantaranya:

1. Perhatikan Apa Saja yang Akan Dicantumkan

Company profile ini penting adanya, jadi jangan sampai kita sembarangan dalam membuatnya. Perhatikan apa saja hal penting yang sekiranya akan diinformasikan pada pihak lain mengenai kinerja perusahaan yang kita kelola, seperti:

a.    Daftar isi atau kerangka informasi
b.    Deskripsi perusahaan, sejarah maupun struktur organisasi
c.    Visi misi perusahaan
d.    Produk dan keunggulan perusahaan
e.    Prestasi atau capaian
f.    Dokumentasi kegiatan perusahaan

2. Sajikan Data yang Update dan Akurat

Pastikan data yang ditampilkan ada profil perusahaan adalah yang terupdate. Karena mungkin saja perusahaan mengalami beberapa perubahan, seperti pada struktur, keuangan dan lain sebagainya.

3. Desain atau Tampilan yang Kreatif juga Eksklusif

Tampilan yang ekslusif akan membuat perusahaan terlihat elegan. Visual yang baik akan mendatangkan kesan yang baik pula, sehingga menimbulkan ketertarikan. Untuk membuat tampilan menarik tersebut, perhatikan hal-hal berikut ini:
a.    Penggunakan teks, font dan warna
b.    Buat layout yang mudah dipahami
c.    Buat ilustrasi untuk melengkapi profile

Manfaat dan Kegunaan Profil Perusahaan

cara membuat profil perusahaan

Selain untuk bahan perkenalan dan meyakinkan klien, company profile memiliki sejumlah kegunaan lain, seperti:
a.    Merepresentasikan Identitas Perusahaan
b.    Sebagai Media Komunikasi Perusahaan bagi Pihak Lain yang Membutuhkan
c.    Meningkatkan Kredibilitas serta Memunculkan Profesionalitas Perusahaan
d.    Sebagai Tools Marketing juga Branding
e.    Untuk Meyakinkan Pihak Lain

Bentuk-Bentuk Profil Perusahaan

Profil Perusahaan  tersebut dapat disajikan dalam berbagai bentuk, seperti:

1. Company Profile Cetak

Profil perusahaan jenis ini terbilang paling umum dan banyak digunakan. Biasanya berbentuk buku yang terdiri dari halaman-halaman yang menggambarkan perusahaan. Konten menarik dan informatifnya tediri dari gambar, teks dan warna yang disajikan.

2. Video Company Profile

Jenis profil perusahaan berikutnya adalah berupa audio-visual atau video. Yang menggambarkan informasi sebuah perusahaan tak hanya melalui gambar, namun lebih tepatnya, gambar yang bergerak sekaligus memiliki suara.
Video profil perusahaan yang menarik, terkonsep, matang, dan tidak bertele-tele bisa membawa dampak baik bagi perusahaan. Karena bentuknya video, sehingga orang akan merasa nyaman juga tertarik untuk memperhatikan tampilan company profile tersebut.

3. Website Company Profile  

Jenis profil perusahaan lain yang banyak ditemui adalah website. Sifatnya multimedia dan memiliki keunggulan dapat diakses siapapun, dimanapun, dan kapanpun karena berbasis digital dan mengandalkan teknologi. Website juga bisa menjadi salah satu teknologi masa depan yang akan berguna bagi bisnis Anda.

Keunggulan lainya adalah, profile perusahaan dengan jenis ini dapat menampilkan teks, gambar, warna, foto bahkan video sekaligus. Jadi, daya yang disampaikan akan lebih lengkap juga lebih informatif. Selain itu, website dapat dioptimasi yang kemudian bisa menjadi salah satu strategi promosi yang cukup efektif.

Pada intinya, profil perusahaan adalah deskripsi singkat dan informatif mengenai sebuah perusahaan. Company profile yang elegan, jelas dan terkonsep akan mampu menarik perhatian pihak lain dan dapat membawa keuntungan pada perusahaan yang kita kelola. Apabila Anda ingin merintis suatu perusahaan atau bisnis, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan business coach. Dengan begitu, proses merintis usaha ini bisa berjalan lebih optimal dan lancar.  

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

01 September 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS