16 Januari 2021
Dirilis
Penulis
Tim Penulis Daya
Ada ciri-ciri tempat usaha yang strategis dan wajib diketahui oleh para pemilik usaha. Hal ini menjadi penting sebab sebuah lokasi usaha memiliki peran yang sangat besar terhadap ramai atau tidaknya usaha tersebut. Semakin strategis sebuah lokasi usaha, maka peluang lokasi tersebut menjadi ramai dan didatangi pembeli akan menjadi semakin besar. Lalu, apa saja ciri-ciri tersebut?
Ciri-ciri tempat usaha yang strategis adalah lokasi yang mudah untuk dijangkau. Karena konsumen akan merasa malas jika harus pergi ke tempat yang sulit untuk ditemui. Kita bisa memperhitungkannya dengan membuat estimasi jarak dan waktu tempuh dari target market menuju tempat usaha. Mulai dari berjalan kaki, hingga menggunakan kendaraan. Pastikan lokasi yang kita pilih memiliki berbagai rute atau akses yang mudah juga beragam.
Selain dekat dengan competitor, ciri -ciri tempat usaha yang strategis lainnya adalah berada di dekat bisnis penunjang. Dua bisnis yang saling mendukung atau membutuhkan satu sama lain menjadi kombinasi usaha yang menguntungkan. Konsumen akan merasa dimudahkan akan hal ini, karena mereka tak perlu ‘capek’ mendatangi beberapa tempat. Contohnya: usaha fashion dan usaha aksesoris, bisnis jual beli motor bekas dan bengkel, dan lain sebagainya.
Ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang pertama sesuai dengan target konsumen, mudah dijangkau oleh konsumen, mudah terlihat, dekat dengan kompetitor, hingga ideal dan nyaman. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum menentukan lokasi usaha.
Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal yang lebih matang dalam menentukan lokasi usaha. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
Berbagai Ciri-Ciri Tempat Usaha yang Strategis
Berikut berbagai tips menentukan lokasi bisnis berdasarkan ciri-ciri tempat usaha yang strategis, diantaranya:1. Sesuai dengan Target Konsumen
Sebelum memulai sebuah usaha, tentu kita harus mengetahui target marketnya dulu, bukan? Dengan memahaminya, kita bisa mencari lokasi bisnis yang sesuai dengan market tersebut. Setiap target market akan memiliki karakteristik maupun latar belakang tertentu. Hal tersebutlah yang harus disesuaikan. Misalkan jenis kelamin apa, rentang usia berapa hingga pendapatan ataupun pekerjaan mereka.2. Tempat Mudah Dijangkau
Ciri-ciri tempat usaha yang strategis adalah lokasi yang mudah untuk dijangkau. Karena konsumen akan merasa malas jika harus pergi ke tempat yang sulit untuk ditemui. Kita bisa memperhitungkannya dengan membuat estimasi jarak dan waktu tempuh dari target market menuju tempat usaha. Mulai dari berjalan kaki, hingga menggunakan kendaraan. Pastikan lokasi yang kita pilih memiliki berbagai rute atau akses yang mudah juga beragam.
3. Lokasi Mudah Terlihat
Selain mudah dijangkau, ciri lainnya dari lokasi usaha yang strategis adalah mudah terlihat oleh orang atau target market kita. Semakin bisnis kita mudah terlihat, maka semakin besar pula kemungkinan orang yang akan berkunjung kesana. Buatlah media promosi yang dapat terlihat dan menarik perhatian calon pembeli yang melintas kesana. Bahkan kita bisa menanamkan pemikiran bahwa jika suatu saat mereka butuh, mereka bisa berkunjung ke tempat tersebut.4. Ideal dan Nyaman
Ciri-ciri tempat usaha yang strategis berikutnya adalah ideal. Luasnya sebuah tempat usaha itu terbilang cukup relatif, menyesuaikan dengan bisnis apa yang kita kelola. Yang terpenting adalah tempatnya ideal juga nyaman untuk dikunjungi konsumen.5. Dekat dengan Kompetitor
Siapa bilang jika membuka usaha berdekatan dengan kompetitor kita akan merugi? Tidak juga. Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari strategi ini, yaitu kita tidak perlu terlalu capek memasarkan produk karena memang satu jenis dengan usaha lain yang lokasinya berdekatan. Konsumen akan tahu bahwa usaha kita berada di lokasi tersebut. Selain itu, kita bisa meraup keuntungan jika konsumen tak menemukan barang yang ia cari di competitor. Secara otomatis, mereka akan berpindah ke tempat usaha kita.6. Dekat dengan Bisnis Penunjang
Selain dekat dengan competitor, ciri -ciri tempat usaha yang strategis lainnya adalah berada di dekat bisnis penunjang. Dua bisnis yang saling mendukung atau membutuhkan satu sama lain menjadi kombinasi usaha yang menguntungkan. Konsumen akan merasa dimudahkan akan hal ini, karena mereka tak perlu ‘capek’ mendatangi beberapa tempat. Contohnya: usaha fashion dan usaha aksesoris, bisnis jual beli motor bekas dan bengkel, dan lain sebagainya.
7. Tempat Usaha dengan Event Tertentu
Lokasi usaha memang berpengaruh pada kelangsungan bisnis, namun apa yang kita buat di tempat tersebut menjadi faktor ramai atau tidaknya konsumen yang tertarik. Dengan mengadakan event tertentu, kita bisa menarik perhatian calon pelanggan untuk setidaknya merasa penasaran, ingin datang atau mencoba, hingga akhirnya menjadi konsumen potensial. Misalkan live acoustic di café, free konsultasi di usaha skin care dan lain sebagainya.Ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang pertama sesuai dengan target konsumen, mudah dijangkau oleh konsumen, mudah terlihat, dekat dengan kompetitor, hingga ideal dan nyaman. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum menentukan lokasi usaha.
Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal yang lebih matang dalam menentukan lokasi usaha. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
Sumber:
Diolah dari berbagai sumber
indrabk
01 November 2023
Thank utk infonya
Balas
.0