Dirilis

19 Mei 2022

Penulis

Qodri Perdana

Identitas merek atau biasa disebut brand identity merupakan hal yang penting dalam setiap bisnis. Masyarakat umum seringkali mengartikan istilah tersebut hanya sebatas nama produk saja. Padahal, identitas merek mempunyai elemen yang lebih luas karena merek adalah bentuk persepsi masyarakat terhadap produk atau jasa Anda.

Terdapat beberapa elemen dalam identitas merek yang dipakai untuk menyampaikan pesan kepada konsumen agar mudah dikenali dan diingat. Biasanya dalam identitas merek terdapat nilai yang dijunjung, bagaimana cara mengomunikasikannya, hingga pengalaman apa yang orang lain rasakan ketika mereka melakukan interaksi dengan jasa atau produk Anda.

Dengan demikian dapat dikatakan juga bahwa identitas pada merek sangat berkaitan dengan pembentukan karakter dari bisnis Anda untuk dikenal, serta dapat selalu diingat di hati konsumen. Tidak mengherankan, jika sebuah bisnis akan berusaha dengan keras bahkan mengalokasikan dana yang cukup besar untuk membangun sebuah identitas merek bisnisnya.

 

Perbedaan Brand Vs Brand Identity

Charlene Li dan Josh Bernoff analisis dari Harvard menyatakan bahwa, brand  adalah apa yang akan dikatakan oleh seorang konsumen mengenai produk atau jasa Anda. Contohnya Anda sedang ingin makan burger, jika kemudian Anda melihat penjual burger di pinggir jalan, mungkin Anda kurang tertarik. Namun bila Anda melihat burger di gerai McDonald, bisa jadi Anda berkeinginan membelinya. 

Sama-sama burger, akan tetapi Anda akan mendapatkan pengalaman yang jauh berbeda apabila makan di gerai McDonald dibandingkan dengan makan di pinggir jalan. Begitu juga untuk produk lainnya, contohnya kopi Starbuck dengan kopi sepeda keliling, produk Apple dan Samsung, dan sebagainya.

Sedikit berbeda dari brand, brand identity dapat diatikan dengan segala aspek elemen dari sebuah brand yang diantaranya penyampaian karakter, dan value produk dari sebuah perusahaan dengan tujuan untuk lebih dikenal dan diingat oleh konsumen melalui warna, bentuk, simbol dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, brand identity akan lebih berhubungan dengan logo. Pendapat lainnya juga mengutip brand identity sebagai karakter atau DNA bisnis Anda di mata konsumen.

 

Manfaat Memiliki Brand Identity

Seperti dijelaskan diatas bahwa brand identity mempunyai peran penting untuk sebuah usaha. Agar menciptakan brand identity dengan value yang kuat, Anda sangat perlu membangunnya dengan semaksimal mungkin.

Namun perlu diingat bahwa brand identity sangat berkaitan erat dengan karakter bisnis Anda, oleh karena itu membutuhkan waktu dan usaha untuk membangun brand. Dari sebuah brand identity, Anda akan mendapatkan banyak manfaat, antara lain:

 

1.    Distribusi

Mengapa akan berkaitan dengan distribusi? Karena bayangkan jika brand Anda mempunyai posisi kuat dipasaran. Distributor juga akan lebih yakin dalam menyalurkan jasa atau produk Anda.  Dan jika brand Anda sudah kuat di masyarakat atau konsumen, hal tersebut juga akan berdampak sangat baik kepada distributor sehingga distrusi jasa atau produk Anda juga akan jauh lebih mudah.

 

2.    Konsumen yang Setia

Pada saat konsumen sudah memahami brand Anda serta mendapatkan cukup banyak manfaat. Maka Anda pun bisa membangun sebuah kesetiaan konsumen. Loyalitas konsumen juga ini juga akan berperan penting dalam strategi brand identity itu sendiri. Dengan tetap menjaga dalam hal kualitas barang atau jasa yang Anda tawarkan maka Anda mempunyai besar kesempatan untuk dapat meraih kesetiaan konsumen. Dengan adanya kesetiaan konsumen tentu akan menambah penghasilan Anda. 

 

Elemen Penting dari Brand Identity yang Penting Anda Ketahui


Selanjutnya kita akan membahas apa saja elemen penting yang berpengaruh dalam membangun brand identity, yaitu:

 

1. Logo

Logo menjadi satu kesatuan bagian yang penting dari suatu brand identity. Walaupun logo bukanlah keseluruhan atas identitas dari sebuah merek, akan tetapi logo merupakan elemen yang penting dalam sebuah proses branding.

Logo adalah bagian yang paling dikenal dari sebuah merek. Logo akan ada hampir di setiap posisi yang berkaitan dengan usaha dan produk, mulai dari jasa atau produk, social media, website, kartu nama, letak perjanjian kerja sama dan sebagainya.

 

2. Bentuk Menarik

Bentuk menarik dapat berfungsi sama pentingnya dengan fungsi logo. Tidak bisa dipungkiri jika bentuk yang menarik dapat menjadi sebuah penentu keputusan awal bagi konsumen untuk dan membeli produk atau jasa Anda.

Bentuk menarik dapat mencakup banyak point seperti package, cara dalam penyajian, desain dalam toko, desain pada website, desain pada media sosial, penampilan pada karyawan hingga layanan terhadap konsumen.

 

3. Warna

Studi tentang “dampak warna pada pemasaran” mangatakan bahwa 90% masyarakat akan menentukan keputusan dengan cepat agar dapat membeli jasa atau produk karena alasan warna.
Produk atau jasa dengan menampilan warna yang dapat lebih menonjol daripada yang lain dikatakan dapat lebih dikenali dan diingat oleh konsumen.

Lebih dari itu, warna pun juga dapat memengaruhi konsumen dalam melihat “pribadi” dari brand tersebut.

 

4. Penggunaan Bahasa

Penggunaan bahasa perlu bijak agar sesuai dengan kepribadian merek Anda. Jika Anda membangun karakter merek dan produk yang mewah, perlu Anda pikirkan untuk menggunakan bahasa yang lebih profesional.

Namun apabila jika kepribadian yang dibangun akan lebih kepada kasual, maka boleh dicoba dengan memberikan lebih banyak komunikasi dengan menggunakan tata bahasa yang lebih atau akrab kepada konsumen. Sangat perlu untuk diperhatikan, bahwa tata bahasa yang dipilih harus dapat diterapkan kepada semua elemen dalam bisnis.

 

5. Template 

Elemen ini pada umumnya ditemukan pada surat maupun dokumen. Sedangkan dalam berbisnis, Anda tentunya sering mengirimkan email, memberikan kartu nama atau dokumen resmi lainnya.
Dengan mempunyai standar template untuk hal–hal tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan pada tampilan serta nuansa yang akan terkoneksi, dan profesionalisme.

 

6. Konsistensi

Konsistensi ibarat dua ujung mata pisau yang dapat membuat identitas merek bertumbuh atau justru menghancurkan. Mengapa hal demikian bisa terjadi?

Hal ini dikarenakan, pembentuk identitas membutuhkan sebuah konsistensi. Anda butuh konsisten pada saat menentukan tujuan dari sebuah merek, logo, pemilihan warna,tata  bahasa, template dan lain sebagainya.

 

7. Fleksibilitas

Konsisten memang dibutuhkan, akan tetapi perlu dibarengi fleksibilitas pada hal tertentu. Anda juga tetap perlu fleksibel dalam hal mencari hal-hal baru yang ada di masyarakat sehingga dapat dimasukkan di produk Anda agar dapat meningkatkan kualitas.

Fleksibilitas ini memungkinkan Anda dalam penyesuaian media promosi, slogan, atau bahkan modifikasi karakter identitas agar dapat membuat konsumen Anda lebih tertarik.
Namun jangan lupa, dalam hal ini hal yang perlu dipertimbangkan adalah penyesuaian yang perlu dibuat konsisten pada seluruh aspek pada merek Anda.

 

8. Dokumentasi (Standar Operasional Perusahaan)

Salah satu hal yang paling efektif dalam memastikan bahwa identitas merek telah dibangun secara konsisten yaitu dengan membuat serangkaian pedoman serta mendokumentasikan semua aspek yang harus versus tidak boleh dilakukan.

Membuat arahan yang jelas dan terarah dapat memudahkan tim untuk membangun karakter merek agar dapat selalu sejalan pada identitas yang sudah ditentukan.

 

9. Terkoneksi Secara Emosional

Sesuatu dapat lebih dikenal dan semakin terasa lebih dekat apabila telah terkoneksi secara emosional. Identitas brand bisa membangun hubungan kuat secara emosional kepada konsumen.
Terkoneksi secara emosional ini merupakan hal dasar yang fundamental dalam membangun hubungan jangka panjang yang langgeng antara konsumen dengan usaha Anda

 

10. Promosi

Desain yang menarik serta warna yang memikat tidak ada artinya apabila Anda tidak mempromosikannya. 

Lakukan promosi agar merek Anda lebih dikenal oleh target konsumen pada pasar. Pilih media promosi yang sesuai dengan karakter dan identitas usaha Anda misal nya promosi secara digital.

Hal diatas tidak selalu mudah dan tidak selalu sulit, selamat mencoba! Konsultasikan kepada ahli kami untuk strategi usaha lainnya.

Untuk informasi lainnya terkait tips keuangan dan usaha. Anda bisa medapatkan nya secara gratis di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan dan usaha bisa diakses dengan sangat mudah dan kapan saja!. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

siska pratiwi

04 Desember 2023

Terimakasih tipsnya bagus

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS