30 April 2018
Dirilis
Penulis
Tim Daya Tumbuh Usaha
Sudah menawarkan produk dengan harga murah, namun pelanggannya tak juga bertambah? Apa yang salah ya?
Mari diingat lagi, apakah Anda sudah melayani pelanggan dengan senyum ramah?
Apakah Anda sudah memberi informasi yang jelas kepada pelanggan mengenai produk yang ia inginkan?
Harga seringkali dijadikan dasar pertimbangan bagi pelanggan untuk memutuskan membeli produk. Pelaku usaha pun berlomba-lomba menawarkan harga yang kompetitif demi menarik lebih banyak pelanggan. Apakah harga merupakah satu-satunya faktor yang lebih penting?
Tahukah Anda, selain harga, faktor pelayanan juga sangat mempengaruhi keputusan pelanggan? Tidak hanya mengenai membeli produk atau menggunakan jasa Anda, namun juga apakah mereka akan kembali lagi di kesempatan berikutnya. Bahkan, banyak pelanggan yang bersedia membayar produk atau jasa dengan harga yang lebih mahal jika pelayanan yang diberikan melebihi ekspektasi mereka. Kenapa? Karena pelayanan yang baik membuat pelanggan merasa dihargai.
Sebagai pelaku usaha, memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan sangat penting untuk menimbulkan kesan positif terhadap usaha Anda. Berikut ini beberapa sikap yang harus Anda miliki guna menunjang keberhasilan usaha:
- Memiliki target yang jelas dan berusaha mencapainya agar usaha yang dikelola menjadi semakin baik.
- Memiliki antusiasme yang tinggi dalam bekerja, serta bisa menularkan semangat dan etos kerja kepada semua yang terlibat di dalam usahanya
- Ramah, dimulai dengan senyum yang tulus, pilihan kata yang berkesan ramah, serta santun tetapi tidak merendahkan diri.
- Memiliki disiplin yang kuat, ketepatan waktu, dan konsistensi, sehingga mulai dari jam operasional pelayanan usahanya dikenal oleh para pelanggannya.
- Jujur dalam melayani dan bertransaksi, memberikan informasi yang sebenarnya mengenai kondisi produk, serta jujur dalam hal ukuran dan timbangan
- Memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengelola usahanya.
Nah, sudah terbayang kan sikap dan karakter seperti apa yang perlu dibangun dan ditingkatkan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan? Mari tanam dan tumbuhkan sikap tersebut agar pelanggan tidak ragu untuk selalu datang dan belanja lagi.
Sumber:
Diolah dari berbagai sumber
Nawawi
24 July 2024
Bagus informasinya
Balas
.0
Ardhan Ashary Nasution
01 December 2023
Keren informasi nya ??
Balas
.0
Arrino Fatra
14 September 2023
Bermanfaat
Balas
.0
putra astaman
04 February 2023
Ok
Balas
.0
Lucky Lombu
07 May 2018
Menarik
Balas
.1