Informasi Artikel

Penulis Artikel

Tim Daya Tumbuh Usaha

Sudah menawarkan produk dengan harga murah, namun pelanggannya tak juga bertambah? Apa yang salah ya?

Mari diingat lagi, apakah Anda sudah melayani pelanggan dengan senyum ramah?

Apakah Anda sudah memberi informasi yang jelas kepada pelanggan mengenai produk yang ia inginkan?

Harga seringkali dijadikan dasar pertimbangan bagi pelanggan untuk memutuskan membeli produk. Pelaku usaha pun berlomba-lomba menawarkan harga yang kompetitif demi menarik lebih banyak pelanggan. Apakah harga merupakah satu-satunya faktor yang lebih penting?

Tahukah Anda, selain harga, faktor pelayanan juga sangat mempengaruhi keputusan pelanggan? Tidak hanya mengenai membeli produk atau menggunakan jasa Anda, namun juga apakah mereka akan kembali lagi di kesempatan berikutnya.  Bahkan, banyak pelanggan yang bersedia membayar produk atau jasa dengan harga yang lebih mahal jika pelayanan yang diberikan melebihi ekspektasi mereka. Kenapa? Karena pelayanan yang baik membuat pelanggan merasa dihargai.

Sebagai pelaku usaha, memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan sangat penting untuk menimbulkan kesan positif terhadap usaha Anda. Berikut ini beberapa sikap yang harus Anda miliki guna menunjang keberhasilan usaha:
 
  1. Memiliki target yang jelas dan berusaha mencapainya agar usaha yang dikelola menjadi semakin baik.
  2. Memiliki antusiasme yang tinggi dalam bekerja, serta bisa menularkan semangat dan etos kerja kepada semua yang terlibat di dalam usahanya
  3. Ramah, dimulai dengan senyum yang tulus, pilihan kata yang berkesan ramah, serta santun tetapi tidak merendahkan diri.
  4. Memiliki disiplin yang kuat, ketepatan waktu,  dan konsistensi, sehingga mulai dari jam operasional pelayanan usahanya dikenal oleh para pelanggannya.
  5. Jujur dalam melayani dan bertransaksi, memberikan informasi yang sebenarnya mengenai kondisi produk, serta jujur dalam hal ukuran dan timbangan
  6. Memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengelola usahanya.

Nah, sudah terbayang kan sikap dan karakter seperti apa yang perlu dibangun dan ditingkatkan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan? Mari tanam dan tumbuhkan sikap tersebut agar pelanggan tidak ragu untuk selalu datang dan belanja lagi.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

7 Penilaian

Artikel Terkait

4.9
Memulai Usaha

Tips Membangun Customer Loyalty Melalui Program Reward

09 Maret 2025

5.0
Memulai Usaha

6 Tips Meningkatkan Brand Awareness Untuk Produk Ibu dan Anak di Toko Online

12 Maret 2023

5.0
Memulai Usaha

Cara Menambah Jumlah Pembeli Baru ke Kedai Kopi Anda

25 September 2019

5.0
Memulai Usaha

Apa Itu Inbound Marketing? Inilah Manfaat dan Caranya

24 Januari 2021

Berikan Pendapat Anda

Cici Paramida s

12 October 2025

daya.id selalu menginspirasi orang banyak termasuk saya

Balas

. 0

Kuntoro

11 October 2025

daya inspirasi untuk kehidupan lebih baik memulai usaha

Balas

. 0

susanti

10 October 2025

artikel ini sangat penting rakyat sungguhuntuk yang baru merencanakan usaha

Balas

. 0

sumardji

08 October 2025

daya inspirasi untuk kehidupan lebih baik memulai usaha

Balas

. 0

Nawawi

24 July 2024

Bagus informasinya

Balas

. 0

0 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS