Dirilis

21 Januari 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Melakukan segala cara untuk mengoptimalkan penjualan merupakan hal yang sah-sah saja. Namun menerapkan diskon penjualan juga perlu strategi khusus dan menarik, loh.

Maraknya persaingan di dunia bisnis digital, membuat para pelaku bisnis harus berusaha keras memutar otak agar dapat dilirik para pelanggan. Namun lirikan saja tidak cukup. Di tengah perang promosi yang diterima oleh calon pembeli, seorang penjual harus dapat mengubah pengunjung (situs) menjadi 'pembeli'. Salah satu cara 'klasik' yang masih menarik hati adalah dengan memberikan diskon.

Pembeli mana yang tidak suka mendapatkan potongan harga? Membeli barang berkualitas yang sama dengan harga yang lebih murah. Namun, mengobral diskon ternyata bukan jaminan utama bisnis Anda dijamuri pelanggan. Pemberian diskon terus menerus juga akan membuat pelanggan menjadi jenuh dan akhirnya mempertanyakan kualitas barang yang Anda jual. Oleh karena itu, jangan sembarangan memberikan diskon. Ada strategi tersendiri yang perlu dilakukan agar 'greget' pembeli lebih terasa maksimal.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan dalam merancang pemberian diskon bisnis e-commerce:

1. Posting untuk diskon
Ini adalah cara yang memberikan hasil sama-sama menguntungkan.  Ajak pelanggan Anda untuk mengunggah foto di sosial medianya menggunakan produk Anda, agar bisa mendapatkan diskon pembelian produk. Potongan diskon dapat Anda berikan pada saat pembelian dilakukan, atau saat transaksi berikutnya. Namun dengan diskon yang pantas, para pelanggan akan dengan senang hati mengunggah bisnis Anda di sosial media milik mereka dan jadi promosi tersendiri bagi bisnis Anda.

2. Potongan di waktu tertentu
Strategi memberikan diskon menarik pada pembelanjaan di jam tertentu atau hari tertentu juga bisa jadi cara yang menarik. Misalnya Anda memberikan potongan 30% untuk produk makanan di jam 15.00-17.00, atau potongan harga di hari tertentu. Toko online Anda juga dapat ikut berpartisipasi dalam gerakan diskon besar-besaran seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12, di mana animo masyarakat untuk berbelanja online sedang meningkat.  Waktu diskon ini menjadi saat ditunggu-tunggu oleh pelanggan untuk memperoleh produk dengan harga miring.

3. Beli 1 Gratis 1 (B1G1)
Strategi ini juga masih tinggi diminati dan sering kita jumpai pada produk kuliner. Dengan strategi ini, pembeli akan merasa terdorong membeli walau akan mendapatkan jumlah lebih daripada yang mereka butuhkan. Tidak jarang juga akan kita temui pelanggan yang berusaha mencari kawan untuk dapat melakukan transaksi B1G1 ini.

4. Diskon bagi pengguna kartu kredit tertentu
Anda dapat bekerja sama dengan bank tertentu untuk memberikan potongan diskon bagi pengguna kartu kredit yang bertransaksi di toko Anda. Baik Anda maupun pihak bank akan sama-sama untuk dengan mendorong pembelian dan penggunaan kartu kredit.

5. Pemberian Cashback
Strategi potongan harga lewat pengembalian uang dalam bentuk poin cashback dapat Anda terapkan pada pelanggan yang mendaftarkan diri dalam keanggotaan toko Anda, atau juga saat mereka mendaftarkan e-mail untuk menerima surat elektronik berupa informasi seputar produk Anda.

6. Diskon Khusus
Berikan apresiasi pada pelanggan Anda dengan memberikan kode diskon khusus di hari ulang tahunnya atau di bulan lahirnya. Anda bisa menyelipkan kode diskon pada e-mail yang terdaftar, untuk satu kali penggunaan transaksi. Memberikan hadiah istimewa pada pelanggan di hari yang spesial, tentu akan membuat mereka merasa dihargai dan menumbuhkan kedekatan secara emosional.

Nah, bagi pelaku bisnis tentu saja mengharapkan interaksi yang baik dengan pelanggannya. Cobalah beberapa strategi diskon di atas dan cari tahu strategi mana yang paling tepat digunakan untuk pelanggan Anda. Selamat mencoba, dan semoga sukses! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS