Dirilis

11 Juni 2022

Penulis

Majalah Franchise Indonesia

Bisnis Anda sudah sukses di pasar Indonesia, dan Anda memiliki mimpi untuk bisa bersaing di pasar luar negeri? Nah, berikut beberapa tips dari Wempy Dyocta Koto mengenai bagaimana mempersiapkan bisnis waralaba atau franchise Anda untuk bisa go international.

Wempy adalah seorang profesional, motivator, dan juga pengusaha Indonesia. Ia juga dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO dari sebuah perusahaan konsultan yang berfokus pada pengembangan bisnis untuk siap bersaing di kancah internasional bernama Wardour and Oxford. Wempy ini sendiri merupakan pengusaha yang memiliki prestasi gemilang. Tidak heran jika Ia memiliki peran besar dalam kesuksesan beberapa bisnis franchise di Indonesia untuk bisa go international.

 

5 Tips Sukses Franchise Go International!

Agar bisnis franchise Anda bisa go internasional, tentunya Anda harus memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal berikut

 

1.    Pastikan Anda Memiliki Bisnis yang Stabil dan Berkembang

Jumlah dari gerai atau outlet yang Anda miliki bukanlah suatu penentu kesiapan bisnis Anda untuk go international. Ada bisnis yang mungkin cukup memiliki 10 gerai tapi bisa membuka  franchise di luar negeri. Ada juga bisnis yang harus memiliki 100 gerai, baru kemudian membuka franchise di luar negeri. Pada intinya adalah, brand Anda harus memiliki keberadaan yang kuat terlebih dahulu di Indonesia. 

Anda juga harus memiliki penilaian brand yang positif di mata para investor, konsumen, masyarakat, dan waralaba lokal lainnya. Selain itu, Anda perlu memiliki laporan keuangan yang auditable, agar investor dapat dengan mudah melihat kestabilan bisnis Anda. Hal tersebut merupakan hal yang sangat penting, karena perusahaan internasional dan master franchisee tentunya hanya ingin bekerja dengan bisnis yang stabil dan juga kredibel.

 

2.    Melakukan Perjanjian dengan Master Franchisee


Melakukan perjanjian dengan master franchisee merupakan cara terbaik bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis franchise di luar negeri. Dengan melakukan perjanjian tersebut, berarti Anda memberikan wewenang pada mitra lokal di negara tujuan untuk mengembangkan bisnis milik Anda. Sehingga bukan Anda sendiri yang mendanai biaya ekspansi bisnis Anda ke negara tujuan, tentunya hal ini dapat membantu Anda. Selain itu, master franchisee juga akan membantu Anda dalam hal peraturan, hukum, serta operasional. Tantangannya, tentunya Anda perlu mencari orang atau perusahaan yang tepat sebagai master franchisee.

 

3.    Gandeng Pengacara Perusahaan yang Kuat dan Berpengalaman

Untuk memastikan bahwa bisnis Anda akan terlindungi dari berbagai ancaman hukum internasional, tentunya Anda harus ‘menggandeng’ pengacara yang kuat serta memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup dalam hukum bisnis waralaba internasional. Pengacara Anda tentunya harus memiliki ilmu terkait trademarking, juga persyaratan pendaftaran brand Anda di luar negeri. Pengacara juga dapat membantu Anda dalam membuat kontrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang akurat untuk pihak luar negeri, agar tidak terjadi salah tafsir.

 

4.    Selalu Lakukan Audit Keuangan


Melakukan audit keuangan akan mempermudah setiap perusahaan yang akan melakukan pemeriksaan keuangan secara menyeluruh terhadap bisnis Anda. Pemeriksaan ini tentunya sangat perlu untuk dilakukan, terutama jika bisnis Anda memerlukan biaya waralaba yang sangat tinggi.

 

5.    Bangun Rencana yang Kuat

Terakhir, Anda harus memiliki rencana yang kuat untuk pembangunan bisnis Anda di kancah internasional. Anda dapat fokus pada ekspansi dari pasar ke pasar. Contoh, Malaysia merupakan negara yang cocok untuk pengujian penerimaan brand Anda di luar negeri, karena kesamaan budayanya dengan Indonesia. Anda juga bisa memulai untuk membuka franchise bisnis Anda di negara ASEAN lainnya. 

Wempy menjelaskan bahwa membawa bisnis Anda untuk go international merupakan salah satu cara yang paling strategis dan menguntungkan bagi para pebisnis manapun yang mengalaminya. Sangat penting untuk selalu menjaga hubungan baik, produktif, dan saling menguntungkan dengan mitra internasional bisnis Anda. 

Wempy menambahkan, bahwa pengembangan bisnis franchise Anda di luar negeri yang pertama kali sangatlah penting. Karena biasanya, para investor asing akan melihat peluang bisnis Anda melalui pelajaran dan keberhasilan dari peluncuran internasional yang pertama. 

Terakhir, Wempy juga menjelaskan bahwa, Anda harus menawarkan bisnis Anda kepada orang atau perusahaan yang memiliki semangat dan keuletan untuk dapat membawa brand Anda untuk terus dapat berkembang dengan baik di masa mendatang.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai bagaimana melakukan franchise bisnis Anda dalam pasar internasional, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS