Dirilis

03 Agustus 2021

Penulis

Wisnu Dewobroto

Bagi Anda yang ingin memperluas pasar ke marketplace, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ini adalah benar-benar langkah yang tepat? Seberapa besar potensi marketplace untuk meningkatkan penjualan bisnis?  
Jawabannya, tentu marketplace menjadi langkah tepat untuk bisnis Anda! Kenapa? 

Pada tahun 2019, nilai pasar e-commerce di Indonesia sendiri telah mencapai Rp294 triliun. Diprediksi pada tahun 2022, nilai tersebut akan melonjak dua kali lipatnya hingga mencapai nilai Rp600 triliun. Wow! Ini potensi yang sangat besar untuk sebuah bisnis.

Untuk Anda yang baru memulai memasarkan bisnis Anda di marketplace, simak penjelasan cara meningkatkan penjualan di marketplace di bawah ini, ya!



 

Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Sekarang, Anda hendak atau malahan sudah membuka toko di marketplace. Lalu kira-kira, apa yang harus dilakukan agar Anda bisa meningkatkan penjualan lewat marketplace dan meningkatkan omzet Anda? 

 

1. Optimalkan Tampilan Toko

Bagaimanapun, tampilan toko menjadi hal yag paling pertama dilihat konsumen ketika hendak membeli produk Anda. Pastikan toko Anda terlihat profesional, selaras, dan informatif. Beberapa aspek-aspek pada toko di marketplace yang bisa Anda manfaatkan adalah sebagai berikut:

a) Foto Profil

Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa meminta desain logo dari desainer profesional sesuai dengan permintaan dan selera Anda. Jika tidak, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan Adobe Photoshop maupun aplikasi online. Apa pun yang Anda pilih, pastikan bahwa foto terlihat profesional, jelas dengan ukuran yang sesuai pula. 

b) Banner Toko

Selain itu, ada juga banner toko. Pada bagian banner toko, Anda bisa memasukan banyak informasi, mulai dari slogan toko Anda, dan tulisan lain yang sifatnya informatif. 

c) Deskripsi Toko

Bagian ini adalah yang paling penting, meskipun banyak orang yang tidak mengetahuinya. Lengkapi berbagai informasi berupa jam operasional perusahaan, waktu pengiriman, jenis-jenis produk yang Anda jual, dan lainnya. Pastikan deskripsi toko Anda informatif, menarik, namun juga tidak terlalu panjang. 

 

2. Tawarkan Kupon Diskon

Kebanyakan marketplace menyediakan slot untuk menawarkan kupon yang dapat dimanfaatkan oleh pembeli. Meskipun fitur ini terkesan merugikan Anda, namun dengan perhitungan yang tepat, Anda bisa mengumpulkan lebih banyak penjualan dengan hanya mengurangi sedikit margin dari tiap produk yang Anda jual. 

 

3. Maksimalkan Judul Produk

Bagaimana cara memaksimalkan judul produk untuk memudahkan pembeli menemukan bisnis Anda di Google? Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyertakan kata kunci yang banyak dicari oleh masyarakat. Untuk kata kunci bisa Anda temukan di kotak pencarian Google dan lihat rekomendasi dari kata-kata yang Anda ketik. Sebagai contohnya, Anda mungkin bisa membuat judul produk seperti ini:

“Jual Baju Kaos Nike 100% Original Murah”
“Jual Jam Tangan Anti Air Premium Murah”

Gunakanlah kata kunci yang paling banyak dicari oleh pembeli. 


 

4. Maksimalkan Gambar Produk

Seperti orang-orang bilang, satu gambar senilai puluhan kata. Sementara satu video seharga ribuan kata. Bayangkan jika Anda menjelaskan tentang produk Anda secara panjang lebar hingga ratusan kata namun tidak menyertakan gambar. Bukannya yakin, pembeli hanya merasa bingung ketika membayangkan arti dari penjelasan Anda. 

Untuk gambar, pastikan Anda menyertakan gambar produk yang jelas secara keseluruhan dengan resolusi yang baik pula. Anda juga bisa menambahkan watermark dan frame untuk membuat gambar produk Anda terlihat lebih menonjol dari produk-produk kompetitor. 

Untuk produk yang memberikan manfaat fungsional, Anda juga bisa menyertakan video untuk memberikan gambaran yang lebih jelas pada konsumen. Beberapa contoh produk seperti demikian adalah lampu meja, produk pemutih pakaian, dan sejenisnya. 



 

5. Buat Paket Bundling

Pembeli cenderung memiliki sifat tidak ingin kehilangan kesempatan berharga. Dalam hal ini, Anda bisa menawarkan paket bundling dengan harga yang lebih murah. 

Misalkan, Anda menjual handphone seharga 3 juta dan earphone seharga 90 ribu. Anda bisa menawarkan paket bundling dengan harga 3 juta 80 ribu. Pembeli cenderung akan membeli paket tersebut karena memberikan kesan harga earphone tidaklah terlalu mahal ketika disatukan dengan handphone

Meskipun Anda kehilangan sedikit keuntungan, namun penjualan Anda bisa meningkat secara drastis. Anda bisa manfaatkan sistem paket ini untuk produk yang kurang laku. 

Itu dia beberapa cara yang bisa coba Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan Anda melalui marketplace. Bagaimana? mudah bukan? Anda juga bisa mencoba membuka toko di beberapa marketplace karena tiap marketplace biasanya memiliki target audiens yang berbeda. 

Baca juga: 7 Strategi Pertahankan Kepuasan Pembeli Online 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

10 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Junaedi

12 Oktober 2021

Mantap, bisa di aplikasikan k debitur dan calon debitur....??

Balas

. 0

Junaedi

12 Oktober 2021

Mantap, bisa di aplikasikan k debitur dan calon debitur....??

Balas

. 0

Kasanan Abidin

02 Oktober 2021

Terimakasih informasinya Mantab....

Balas

. 0

hendi sulaeman

17 September 2021

josss..sangat bermanfaat..terima kasih daya BTPN

Balas

. 0

Juleo simanjuntak

16 September 2021

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS