Dirilis

24 Mei 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Karena meningkatnya permintaan aksesoris dan pakaian muslim saat Ramadan, beberapa pelaku usaha dadakan mencoba mengambil kesempatan. Lalu, bagaimana cara Anda mempertahankan pelanggan agar tetap membeli ke toko Anda?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan, antara lain:

1. Beri Kesan Lebih Murah dengan Harga Paket dan Harga Grosir
Anda bisa memberi harga yang terkesan lebih murah dibanding biasanya. Bagaimana caranya? Buatlah harga paket atau tawarkan harga grosir.

Contohnya, Anda memberi harga satuan sebagai berikut: Baju koko Rp125.000, sarung Rp60.000, peci hitam Rp50.000, sajadah Rp70.000. Jika ditotal, harganya Rp305.000. Maka, tawarkan harga paket menjadi Rp295.000. Meski selisihnya tidak terlalu besar, penurunan angka ini cukup berpengaruh lho terhadap minat pembeli.

Catatan, tetap perhitungkan biaya operasional, seperti biaya kirim barang, biaya bungkus, sewa toko, dan sebagainya. Jangan sampai harga jual tersebut tidak bisa menutupi biaya yang telah Anda keluarkan.
 
2. Lakukan Promosi Berhadiah atau Tawarkan Produk Baru
Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

 
  • Tawarkan Hadiah. Misalnya voucher diskon jika membeli minimum Rp200.000 atau hadiah tasbih untuk pembelian pakaian muslim selanjutnya.
  • Hubungi Pelanggan. Jika selama ini Anda sudah menyimpan nomor pelanggan, tidak ada salahnya menghubungi mereka untuk menawarkan produk terbaru atau promo terkini. Apalagi di bulan Ramadan ini.

3. Berikan Layanan Lebih Kepada Pelanggan
Anda bisa memberikan layanan lebih untuk pelanggan. Contohnya mengantar barang belanjaan ke kendaraan pembeli dan lainnya.

4. Sebarkan Informasi Lewat Media Online
Media online dapat dimanfaatkan untuk menginformasikan produk terbaru kepada pembeli yang jaraknya cukup jauh, sekaligus untuk menjangkau pasar lebih luas lagi. Misalnya lewat aplikasi WhatsApp, Line, Facebook, Instagram, website toko, atau market place.

Untuk mengetahui cara memasarkan produk melalui media online dengan menarik, silahkan berdiskusi ke kolom tanya ahli dengan Rhein Mahatma.

Segeralah buat strategi yang tepat agar usaha Anda bisa bersaing menghadapi kompetisi selama Ramadan ini.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS