Dirilis

23 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Secara sederhana, media promosi dapat diartikan sebagai sebuah alat yang bisa mewadahi kegiatan promosi sebuah produk atau brand. Seperti yang kita tahu, untuk mengenalkan produk maupun bisnis kita pada audience dan target market, tentu perlu adanya kegiatan yang disebut promosi. Nah, dalam kegiatan tersebut, harus ada sesuatu yang mewadahinya dan biasa disebut media promosi.

Mengenal Apa Itu Media Promosi

Sebelum membahas berbagai media promosi terbaik yang banyak digunakan di Indonesia, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu pengertiannya. Promosi adalah sebuah upaya memberitahu atau menawarkan produk pada audiens untuk menarik mereka agar mau membeli serta menggunakan produk yang ditawarkan tersebut. Dan media promosi merupakan sarana yang digunakan untuk memperkenalkan produk tersebut secara luas.
Ada dua jenis mendasar pada promosi dan medianya, yaitu online dan offline. Pada promosi online kegiatan memperkenalkan brand melalui cara dan media online. Sedangkan promosi offline merupakan cara memperkenalkan produk dengan nyata atau langsung pada konsumen. Medianya pun biasanya berupa spanduk, flyer, banner, katalog dan lainnya.

Media Promosi Populer di Indonesia

Setelah mengetahui bedanya media promosi online dan offline, kini kita ulas media yang banyak digunakan di Indonesia dan terbilang efektif, diantaranya:

1. Facebook

Media sosial yang satu ini memang memiliki banyak pengguna, meski mungkin saja Anda sudah jarang mengakses platform yang satu ini, nyatanya Facebook masih menjadi media promosi yang menjanjikan. Masih banyak orang yang berbisnis melalui media ini, bisa bercerita atau membuat konten menarik lewat status, menjual barang di marketplace Facebook, bahkan membuat fanspage brand sendiri agar mudah diketahui orang. Selain itu, ada pula Facebook Ads yang memungkinkan usaha kita bisa dikenal oleh jangkauan yang lebih luas.

2. Instagram

Nampaknya, media sosial yang satu ini masih menjadi primadona dan cocok digunakan sebagai media promosi. Sepertinya hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki akun Instagram pribadi. Dan kini, bisa kita lihat banyak sekali brand, produk dan bermacam bisnis yang menjadikan IG sebagai media promosi yang efektif.
Sama halnya seperti FB, platform Instagram juga dapat digunakan untuk beriklan atau Ads sehingga produk yang ditawarkan bisa diketahui khalayak secara luas. Selain itu, banyaknya bermunculan online shop di IG, bisa terbantu dengan berbagai fitur atau tools yang ada pada instaragram itu sendiri. Seperti instagram story, hashtag, instagram business, dan instagram shopping.

3. Marketplace

Tak hanya media sosial, marketplace pun menjadi salah satu media promosi yang banyak digunakan. Selain tentunya menjual produk, melalui marketplace ini, banyak orang terbantu untuk mengetahui dan mengenal produk yang mereka inginkan. Jangkauan dari platform ini pun cukup luas, bisa diakses siapapun, dimanapun.

4. Youtube

Salah satu media distribusi konten yang marak digunakan saat ini adalah youtube. Para youtubers mulai banyak bermunculan. Selain konten yang informatif dan menghibur, ternyata youtube juga menjadi salah satu media promosi yang banyak digunakan di Indonesia. Bisa melalui konten khusus, review dan lain sebagainya, bisa pula melalui AdSense.

5. E-mail Marketing

Untuk media promosi yang banyak digunakan di Indonesia ini, terakhir diduduki oleh E-Mail. Tak hanya sebagai media bertukar pesan secara daring. Surel juga dapat menjadi pendukung kegiatan marketing atau mengenalkan produk.
Promo khusus, launching produk dan berbagai penawaran lainnya, bisa kita sebarkan melalui E-Mail ini, tentu dengan bahasa yang meyakinkan audiens. Pada media promosi yang satu ini, audiensnya lebih tertarget, yang sebelumnya telah menginformasikan akun surelnya pada kita selaku pebisnis.
Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa ada banyak media promosi yang bisa dimanfaatkan dengan efektif untuk para pelaku bisnis di Indonesia. Mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, hingga E-mail Marketing. Platform tersebut terbilang memiliki pengaruh pada bisnis atau kegiatan usaha untuk dapat memasarkan dan memperkenalkan produknya pada khalayak.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan berbagai platform tersebut, bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli digital marketing. Tujuannya, agar proses pemasaran yang dilakukan bisa berjalan lebih optimal dan efektif.
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

08 Desember 2021

👍👍👍

Balas

. 0

putra astaman

19 November 2021

Informatif

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS