15 Agustus 2019
Dirilis
Penulis
Tim Daya Tumbuh Usaha
Digital marketing beberapa tahun terakhir ini sudah banyak mengubah wajah dunia bisnis, karena keuntungan-keuntungan spesifik dan nyata yang hanya bisa di dapatkan dalam dunia digital marketing dan tidak Anda dapatkan dalam marketing konvensional.
Para marketer terdahulu dalam mempromosikan produk biasanya menggunakan cara-cara marketing konvensional, seperti mencetak brosur, iklan di radio/tv, baliho, public relation dan trade show. Pada zaman ini, cara-cara seperti tersebut sebenarnya sudah dianggap tertinggal karena pelaku bisnis saat ini sangat memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran. Hal ini terbukti dengan fakta yang ada, sejak tahun 2014 iklan di internet sudah mengalahkan iklan di TV dan jaringan TV kabel.
Nah, kira-kira apa sih penyebab para pelaku bisnis dan Anda perlu memanfaatkan teknologi digital untuk marketing? Yuk simak di bawah ini penjelasannya.
1. Tanpa Batas Geografis
Ketika Anda memiliki toko makanan offline, Anda pastinya memiliki keinginan untuk memiliki toko online, karena jika bisnisnya hanya dijalankan dalam bentuk toko offline, maka pasarnya hanya orang-orang yang lewat di depan toko Anda.
Bagaimana jika Anda membuka toko online dengan memanfaatkan teknologi seperti sosial media, marketplace dan e-commerce? Market Anda adalah orang-orang se-Indonesia, baik yang sudah siap membeli kosmetik atau yang belum siap membeli kosmetik.
Digital marketing dapat membantu Anda dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka kesempatan Anda memperoleh pelanggan pun juga bisa semakin besar.
2. Tanpa Batas Waktu
Apabila Anda menggunakan cara marketing konvensional, biasanya untuk mendapatkan calon customer, sebuah bisnis akan mencetak brosur, mengirimkan salesman untuk melakukan canvassing, melakukan penjualan door to door untuk mendapatkan konsumen.
Tetapi berbeda dengan digital marketing dan website, maka apapun bisnis Anda, dapat dipromosikan selama 24/7 tanpa harus menambah jumlah karyawan atau menambah shift, untuk beberapa jenis bisnis (misalnya ecommerce/toko online) Anda bisa menerima transaksi 24/7 dan memproses transaksi esok harinya.
3. Dapat Diukur (Measurable)
Dengan digital marketing Anda dapat mengetahui angka-angka Key Performance Indicator (KPI). KPI merupakan target-target yang diinginkan sudah tercapai atau belum. KPI ini dapat dilihat lebih detail, misal dari segi cost per view, cost per click, bahkan cost per conversion dari budget yang dikeluarkan. Budget benar-benar ada di dalam kontrol Anda.
4. Jauh Lebih Murah daripada Marketing Konvensional
Strategi promosi menggunakan media internet memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membuat iklan di radio dan televisi.
Oleh sebab itu, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan ingin bisnis bisa cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk melakukan promosi. Digital marketing tidak hanya dapat membantu pemilik bisnis dalam menghasilkan klien. Akan tetapi, digital marketing dapat pula menghemat anggaran iklan Anda.
Misalnya, Anda punya bisnis restoran dan ingin mempromosikan restoran Anda ke area 1-5 Kilometer sekeliling. Mau cetak brosur? Biayanya sekitar Rp300 rupiah per brosur. Anda dapat memanfaatkan sosial media misal menggunakan Facebook ads, biayanya? Sekitar 10 rupiah untuk menjangkau 1 orang calon audience, Anda juga dapat memanfaatkan video makanan dari hasil masakan Anda dan diiklankan di Facebook ads. Kenapa video? Karena video memiliki angka engagement yang lebih baik daripada teks.
Berbeda dengan iklan billboard yang berbiaya ratusan juta, digital marketing hanya membutuhkan minimum Rp10 ribu rupiah per hari untuk memulainya.
Sebenarnya, masih ada banyak keuntungan lainnya dari digital marketing daripada marketing konvensional yang tidak bisa dibahas satu-satu, misalnya kemampuan digital marketing untuk melakukan collecting data dari calon customer (seperti e-mail atau viewer dari digital ads Anda), kemampuan untuk mengetes berbagai macam targeting dan creative (copywriting ads, gambar dan video) dengan biaya sangat murah.
Tidak sedikit perusahaan yang sudah berubah total hidupnya karena melakukan transformasi effort konvensionalnya ke digital. Giliran Anda kapan untuk menikmati keuntungan dari digital marketing?
Ini adalah waktu yang tepat untuk Anda belajar lebih dalam dan menguasai digital marketing. Jangan tunda lagi, nanti peluang yang ada keburu diambil oleh kompetitor Anda.
Semangat berwirausaha!
Para marketer terdahulu dalam mempromosikan produk biasanya menggunakan cara-cara marketing konvensional, seperti mencetak brosur, iklan di radio/tv, baliho, public relation dan trade show. Pada zaman ini, cara-cara seperti tersebut sebenarnya sudah dianggap tertinggal karena pelaku bisnis saat ini sangat memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran. Hal ini terbukti dengan fakta yang ada, sejak tahun 2014 iklan di internet sudah mengalahkan iklan di TV dan jaringan TV kabel.
Nah, kira-kira apa sih penyebab para pelaku bisnis dan Anda perlu memanfaatkan teknologi digital untuk marketing? Yuk simak di bawah ini penjelasannya.
1. Tanpa Batas Geografis
Ketika Anda memiliki toko makanan offline, Anda pastinya memiliki keinginan untuk memiliki toko online, karena jika bisnisnya hanya dijalankan dalam bentuk toko offline, maka pasarnya hanya orang-orang yang lewat di depan toko Anda.
Bagaimana jika Anda membuka toko online dengan memanfaatkan teknologi seperti sosial media, marketplace dan e-commerce? Market Anda adalah orang-orang se-Indonesia, baik yang sudah siap membeli kosmetik atau yang belum siap membeli kosmetik.
Digital marketing dapat membantu Anda dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka kesempatan Anda memperoleh pelanggan pun juga bisa semakin besar.
2. Tanpa Batas Waktu
Apabila Anda menggunakan cara marketing konvensional, biasanya untuk mendapatkan calon customer, sebuah bisnis akan mencetak brosur, mengirimkan salesman untuk melakukan canvassing, melakukan penjualan door to door untuk mendapatkan konsumen.
Tetapi berbeda dengan digital marketing dan website, maka apapun bisnis Anda, dapat dipromosikan selama 24/7 tanpa harus menambah jumlah karyawan atau menambah shift, untuk beberapa jenis bisnis (misalnya ecommerce/toko online) Anda bisa menerima transaksi 24/7 dan memproses transaksi esok harinya.
3. Dapat Diukur (Measurable)
Dengan digital marketing Anda dapat mengetahui angka-angka Key Performance Indicator (KPI). KPI merupakan target-target yang diinginkan sudah tercapai atau belum. KPI ini dapat dilihat lebih detail, misal dari segi cost per view, cost per click, bahkan cost per conversion dari budget yang dikeluarkan. Budget benar-benar ada di dalam kontrol Anda.
4. Jauh Lebih Murah daripada Marketing Konvensional
Strategi promosi menggunakan media internet memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membuat iklan di radio dan televisi.
Oleh sebab itu, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan ingin bisnis bisa cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk melakukan promosi. Digital marketing tidak hanya dapat membantu pemilik bisnis dalam menghasilkan klien. Akan tetapi, digital marketing dapat pula menghemat anggaran iklan Anda.
Misalnya, Anda punya bisnis restoran dan ingin mempromosikan restoran Anda ke area 1-5 Kilometer sekeliling. Mau cetak brosur? Biayanya sekitar Rp300 rupiah per brosur. Anda dapat memanfaatkan sosial media misal menggunakan Facebook ads, biayanya? Sekitar 10 rupiah untuk menjangkau 1 orang calon audience, Anda juga dapat memanfaatkan video makanan dari hasil masakan Anda dan diiklankan di Facebook ads. Kenapa video? Karena video memiliki angka engagement yang lebih baik daripada teks.
Berbeda dengan iklan billboard yang berbiaya ratusan juta, digital marketing hanya membutuhkan minimum Rp10 ribu rupiah per hari untuk memulainya.
Sebenarnya, masih ada banyak keuntungan lainnya dari digital marketing daripada marketing konvensional yang tidak bisa dibahas satu-satu, misalnya kemampuan digital marketing untuk melakukan collecting data dari calon customer (seperti e-mail atau viewer dari digital ads Anda), kemampuan untuk mengetes berbagai macam targeting dan creative (copywriting ads, gambar dan video) dengan biaya sangat murah.
Tidak sedikit perusahaan yang sudah berubah total hidupnya karena melakukan transformasi effort konvensionalnya ke digital. Giliran Anda kapan untuk menikmati keuntungan dari digital marketing?
Ini adalah waktu yang tepat untuk Anda belajar lebih dalam dan menguasai digital marketing. Jangan tunda lagi, nanti peluang yang ada keburu diambil oleh kompetitor Anda.
Semangat berwirausaha!
Sumber:
Rhein Mahatma
Serise Yan Royaperdana
10 November 2023
?
Balas
.0
Serise Yan Royaperdana
06 November 2023
?
Balas
.0
Ardhan Ashary Nasution
26 September 2023
Keren ??
Balas
.0
Serise Yan Royaperdana
20 March 2023
?
Balas
.0
putra astaman
20 February 2023
Ok
Balas
.0