Dirilis

11 Agustus 2020

Dalam urusan bisnis skala besar atau perusahaan, tentu tidak bisa lepas dari adanya riset pasar atau dalam bahasa Inggris disebut dengan market research. Riset ini selalu menjadi hal yang penting, karena hasil dari riset pasar nantinya akan membantu perusahaan untuk menentukan strategi apa yang akan dilakukan, dalam pemasaran produk yang akan dijual. Hal itu juga menjadi salah satu tujuan riset pasar di dalam sebuah bisnis atau perusahaan tertentu.

Apabila riset pasar ini dapat dilakukan dengan baik maka hasilnya akan memberi dampak yang positif juga, terutama untuk pertumbuhan usaha dan profit bisnis yang dimiliki. Para pelaku bisnis harus memahami bagaimana cara melakukan riset pasar tersebut, jika ingin bisnisnya berjalan dengan lancar dan produknya disukai oleh masyarakat luas. 

Tujuan Riset Pasar bagi Perusahaan

Ketika Anda tanya ke ahli bisnis, riset pasar menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena ada berbagai tujuan yang menjadi alasan kenapa riset pasar harus dijalankan dengan baik. Berikut ini beberapa tujuan riset pasar yang harus Anda ketahui untuk kemajuan usaha Anda :

1. Untuk Menganalisis Tanggapan Pasar atas Barang atau Jasa yang Dijual

Tujuan dari analisis ini adalah untuk memperhitungkan barang potensi barang/jasa di pasar, agar lebih mudah dijual. Salah satu kajiannya harus dilakukan sebelum produk mulai diperkenalkan pada masyarakat luas. Selain itu Anda juga bisa melakukan survei terlebih dahulu yang tujuannya juga untuk meningkatkan pemasaran dari suatu produk.

2. Untuk Menganalisis Efektivitas Iklan atau Promosi di Perusahaan

Riset pasar ini juga akan membantu pemilik perusahaan untuk menyeleksi kembali media periklanan. Kemudian memiliki mana saja media iklan atau promosi yang paling efektif dan dengan biaya yang paling rendah. Dengan begitu proses pemasaran atau marketing bisa berjalan lebih efektif dan efisien. 

3. Sebagai Bahan Untuk Menyusun Strategi Pemasaran

tujuan riset pasar untuk menyusun strategi pemasaran

Riset yang Anda lakukan dari perencanaan strategi pemasaran, akan dapat merepresentasikan bagaimana pertumbuhan atau merosotnya pasar, serta membantu menemukan beberapa produk atau jasa lainnya yang sukses di pasar. Riset dari perencanaan strategis ini biasanya dilakukan oleh beberapa jenis perusahaan kelas atas atau perusahaan yang telah mapan.

4. Untuk Memperoleh Informasi yang Akurat

Riset pemasaran pada perusahaan biasanya berupa penelitian yang dilakukan secara sistematis, dalam memperoleh data yang memang sesuai dengan kenyataan di pasar. Dengan melakukan riset ini maka Anda akan memperoleh informasi yang akurat, dan mampu memudahkan perusahaan melakukan positioning dan strategi pemasaran.

5. Menjadi Lebih Objektif

Tujuan riset pasar lainnya bagi perusahaan adalah supaya perusahaan dapat menghindari pengaruh keinginan yang sifatnya subjektif, atau yang biasanya berasal dari keinginan pribadi semata. Tingkat objektivitas ini akan sangat bermanfaat untuk manajemen perusahaan, ketika mereka menentukan sasaran konsumen yang dianggap potensial bagi perusahaan.

6. Untuk Mengidentifikasi Masalah di Pasar

tujuan riset pasar untuk mengidentifikasi masalah

Kegiatan dalam mengidentifikasi kegiatan biasanya akan dimulai dari perumusan masalah hingga eksekusi yang terjadi di dalam riset perusahaan itu sendiri. Tujuan yang satu ini akan membuat perusahaan untuk menjadi lebih fokus dalam mencapai apa yang diharapkan, terutama dari pelaksanaan riset pasar tersebut.

7. Untuk Menentukan Metode Analisis Usaha yang Tepat 

Tujuan berikutnya dari dilakukannya riset pasar oleh perusahaan ini adalah menyesuaikan metode apa saja yang nantinya akan digunakan untuk menganalisis pertumbuhan usaha dengan realitas yang terjadi di lapangan atau pasar. Hal ini juga akan memudahkan proses pengumpulan data sekaligus informasi yang ada.

Dilihat dari tujuan riset pasar di atas, maka jelaslah sudah bahwa riset ini penting dilakukan dan berdampak baik bagi perusahaan. Maka dari itu, jika Anda adalah pemilik bisnis atau usaha tertentu jangan pernah lupa untuk melakukan riset pasar ya!

Untuk membangun bisnis Anda dengan baik, juga perlu mendapatkan informasi tentang bisnis dari sumber yang terpercaya. Caranya hanya dengan isi form sign up di Daya.id, dan Anda akan mendapatkan fasilitas dimana bisa membaca semua informasi dengan tanpa batasan kuota setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 1000 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS