Dirilis

18 Oktober 2021

Penulis

Rhein Mahatma

Salah satu aspek penting yang diperlukan saat menjalani bisnis online adalah pengelolaan website. Website menjadi “rumah” bagi bisnis Anda, tempat target pasar Anda mengetahui lebih dalam produk yang Anda tawarkan.

Agar penjualan bisnis online Anda meningkat, diperlukan pengelolaan website yang baik baik itu dari segi konten maupun teknis. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana menggunakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh Google yaitu Google Search Console untuk mengoptimasikan website bisnis Anda. Simak penjelasanya di bawah ini yuk!

 

Google Search Console Bantu Optimasi Website Bisnis Anda

Pengelola website biasanya menggunakan Google Analytics, tool tersebut digunakan untuk memantau pergerakan traffic per hari, keyword yang mendatangkan traffic bagi website bisnis Anda, sumber traffic (apakah datang dari mesin pencari, media sosial, email marketing, atau dari website lain), dan masih banyak lagi aspek traffic yang bisa dipantau dari tool tersebut.

Namun perlu Anda ketahui bahwa, para praktisi website dan profesional Search Engine Optimization (SEO) kini menggunakan tool Google lainnya, yaitu Google Search Console.

Seperti halnya Google Analytics, Google Search Console adalah tool gratis dari Google yang dapat membantu Anda memonitor, merawat, melakukan trobleshooting (memecahkan masalah), dan meningkatkan visibilitas website Anda dari hasil pencarian Google.

Jika Anda menggunakan Google Search Console untuk website bisnis Anda, ini yang Anda akan dapatkan:

  • Melihat data traffic dari Google untuk website bisnis Anda, seberapa sering website Anda muncul di hasil pencarian Google (impression), apa saja kata yang memicu website bisnis Anda muncul di hasil pencarian, sebarapa sering pengguna Google meng-klik hasil pencarian tersebut, dan lain-lain
  • Menunjukkan website lain yang memberikan link kepada Anda.
  • Memecahkan masalah AMP (Accelerated Mobile Pages), usability mobile dari website bisnis Anda 
  • Menerima alert atau peringatan jika website bisnis Anda memiliki masalah di mata Google
  • Mengkonfirmasi bahwa Google menemukan website bisnis Anda di Google


 

Keunggulan Google Search Console: Si Pemecah Masalah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Google Search Console melakukan troubuleshooting atau memecahkan masalah dari sebuah website. Berikut ini adalah contoh salah satu website yang memiliki masalah banyaknya halaman error di websitenya. Namun informasi jumlah halaman error ini biasanya tidak ditemukan di Google Analytics. Jadi, jika Anda rutin melihat Google Analytics namun tidak mengecek Google Search Console maka Anda tidak akan mengetahui adanya masalah di website Anda.

Berikut ini contoh alert yang dikirimkan Google Search Console ke email Anda jika terdapat masalah di website Anda terkait visibilitas website Anda di Google.

Masalah yang paling banyak dialami oleh pemilik website di tahun 2021 adalah masalah kecepatan website dikarenakan update Google di awal 2021. Hal tersebut bisa Anda pantau di Google Search Console bagian “core web vital”. JIka Anda melihat hanya sedikit yang dikategorikan “good URL” - atau bahkan Google Search Console menyebut “tidak ada data” sedangkan Anda merasa website Anda memiliki halaman sangat banyak, kemungkinan website bisnis Anda memiliki masalah yang perlu Anda pecahkan. 

Google Search Console menawarkan kepada Anda fitur-fitur yang sebenarnya sangat kritikal, dan berbeda dengan Google Analytcs. Sesuai dengan namanya “search console”, fitur-fitur Google Search Console lebih spesifik kepada visibilitas website bisnis Anda di Google, terutama yang terkait dengan Search Engine Optimization atau SEO. 

Apabila bisnis Anda mendapatkan nilai tambah yang besar dari mesin pencari, mungkin Anda harus segera mempelajari fitur-fitur di Google Search Console dengan lebih dalam dan mengimplementasikannya di website bisnis Anda, agar penjualan bisnis Anda terus meningkat dan banjir keuntungan. Selamat mencoba!

Baca juga: Keunggulan Bisnis Online Dibandingkan dengan Bisnis Offline

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Mustika Febria belima

12 November 2021

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS