Dirilis

30 Januari 2022

Penulis

Tasya Aprilia Djuandita

Semenjak ada media sosial, viral marketing menjadi salah satu bentuk pemasaran yang berkembang cepat sejak tahun 2018. Viral marketing ini sudah banyak digunakan oleh brand apapun dalam melakukan pemasaran. 

Namun, ada beberapa pebisnis yang “apes” ketika menggunakan viral marketing. Karena terkadang muncul respon negatif audiens yang membuat reputasi brand menjadi tidak bagus. 

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengatur strategi yang tepat agar viral marketing yang Anda lakukan direspon positif oleh audiens. 

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana strategi yang tepat sebelum melakukan viral marketing. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

 

5 Strategi Viral Marketing

Jika Anda ingin membuat sebuah pemasaran yang sukses dan dapat meningkatkan penjualan, serta meningkatkan citra baik brand Anda, aturlah strategi yang tepat untuk merealisasikannya. 

Berikut strategi dalam melakukan viral marketing.

 

1.    Pahami Audiens Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pahami karakteristik audiens. Cari apa yang sedang banyak dicari oleh audiens, konten yang seperti apa yang membuat audiens tertarik, juga keyword atau kata kunci apa yang sering audiens gunakan. Untuk mencari tahu semua informasi tersebut, Anda bisa menggunakan tools seperti Google Trends.

 

2.    Angkat Topik yang Sedang Tren

Viral marketing pasti akan selalu berhubungan dengan yang namanya tren. Maka dari itu, pastikan konten viral marketing Anda sesuai dengan tren apa yang sedang ramai diperbincangan orang di media sosial.

Contohnya, saat ini TikTok menjadi platform yang populer di kalangan target audiens Anda. Maka, Anda bisa mengikuti hal tersebut dengan membuat konten video pada platform TikTok.

Contoh lainnya, Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang tren yang sedang ramai digunakan dan diperbincangkan di media sosial. Penggunaan hashtag ini akan membantu konten Anda menjadi viral, karena jika Anda menggunakan hashtag yang sedang ramai diperbincangkan maka tidak sedikit orang yang melihat konten-konten dari hashtag tersebut. Anda bisa melihat hashtag yang sedang tren di platform Twitter.

 

3.    Buat Konten yang Mudah Dibagikan (Shareable)



Sesuatu yang viral sudah pasti akan dibagikan terus menerus ke semua orang. Maka dari itu, Anda perlu meletakan tombol share di bagian bawah unggahan konten Anda yang berfungsi sebagai call-to-action untuk audiens Dengan mengoptimalkan fitur berbagi pada konten Anda, audiens akan lebih terdorong untuk membagikan konten Anda.

 

4.    Gunakan Candaan Humor

Beberapa iklan online yang viral di media sosial dan banyak dibagikan oleh kebanyakan audiens adalah iklan yang membawa cerita lucu di dalamnya. Anda perlu melakukan riset untuk mempelajari bagaimana humor bekerja lalu dapat diimplementasikan ke dalam konten Anda. 

Konten yang mengandung humor akan cenderung sangat efektif untuk menghasilkan engagement yang tinggi. Semakin banyak pengguna media sosial membagikan konten  Anda, maka semakin viral juga konten Anda.

 

5.    Tarik Perhatian dan Emosi Audiens


Menarik perhatian audiens menjadi aspek yang paling penting dalam membuat viral marketing. Namun, populer saja tidak cukup untuk menyimpan bekas dalam hati audiens agar brand Anda diingat selalu. Konten Anda perlu dibuat seemosional mungkin dan menarik emosi audiens.

Anda bisa membuat konten yang memiliki alur cerita yang menyentuh, yang sesuai dengan apa yang dirasakan kebanyakan target audiens Anda. Karena jika konten Anda dianggap “relate” oleh target audiens Anda, maka konten Anda akan semakin banyak dibagikan.

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana strategi melakukan viral marketing? Jika brand Anda berencana untuk melakukan bentuk pemasaran ini, semoga strategi-strategi di atas dapat membantu menyukseskan brand Anda dan mendapatkan respon positif dari audiens.

Baca juga: Community Marketing untuk Meningkatkan Usaha

Untuk informasi lain terkait tips usaha lainnya, Anda bisa bertanya kepada digital marketing expert di Tanya Ahli. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

07 November 2022

Informatif

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS