Dirilis

28 Maret 2024

Penulis

Linda Budiyarti

Apakah Anda pernah mendengar istilah segmentasi pasar? Bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan bisnis, menentukan segmentasi pasar adalah tahap awal yang sangat penting. Bahkan sebelum Anda menentukan target pasar, Anda perlu menentukan segmen pasar dengan tepat. Supaya target pasar yang Anda tentukan tepat dan strategi pemasaran yang Anda lakukan tepat.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Secara sederhana segmentasi pasar adalah mengelompokan target konsumen ke beberapa kategori. Dalam penentuan segmentasi pasar, ada empat aspek yang biasanya menjadi acuan dalam pengelompokan, yaitu:

Anda dapat menggunakan keempat aspek tersebut saat menentukan segmentasi pasar. Namun, Anda juga dapat memilih beberapa aspek yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya Anda menjual es teh manis dalam kemasan di Indonesia. Apakah ada perbedaan konsumsi es teh manis di Pulau Jawa, Sumatera, dan pulau lainnya? Jika Anda dapat memastikan bahwa tidak ada perbedaan dalam mengkonsumsi es teh manis untuk masyarakat Indonesia, maka Anda tidak perlu menggunakan aspek geografis.

Lalu bagaimana menentukan segmentasi yang tepat? 

 

5 Tips Tentukan Segmentasi Pasar Tepat Sasaran

Beberapa tips sederhana berikut ini dapat Anda lakukan saat menentukan segmentasi pasar.

 

1.    Lakukan Riset Pasar

Saat Anda akan menentukan segmentasi pasar, sebaiknya Anda melakukan riset pasar. Hal ini untuk mengetahui kondisi pasar dan kondisi target konsumen. Anda dapat melakukan riset sederhana, antara lain:

  1. Melakukan desktop research, yaitu riset yang dilakukan melalui pencarian informasi dari literatur yang sudah ada di internet. Contoh:
  • Anda melakukan pencarian data demografi pengguna es teh manis dalam kemasan
  • Anda melakukan pencarian data sikap konsumen terhadap es teh manis dalam kemasan
  • Anda melakukan pencarian mengenai perilaku konsumsi es teh manis dalam kemasan

 

  1. Hasil pencarian informasi melalui internet biasanya dijadikan sebagai dugaan awal, yang perlu Anda validasi melalui riset konsumen secara langsung. Riset yang dilakukan secara langsung ini biasanya dilakukan melalui survei. Selain itu, Anda juga dapat berbincang dengan beberapa orang untuk mengetahui pandangan mereka. 


Baca juga: Tips Riset Pasar Sederhana untuk Pebisnis Pemula

 

2.    Tentukan Kebutuhan dan Permasalahan Konsumen


Setelah Anda melakukan riset, tentunya Anda akan memperoleh banyak informasi. Salah satunya adalah mengenai apa kebutuhan dan permasalahan konsumen. Dengan mengetahui kedua hal ini, Anda dapat mulai melakukan pengelompokan berdasarkan kesamaan kebutuhan atau kesamaan permasalahan.

Contoh pengelompokan kebutuhan dan permasalahan:

Baca juga: Tips Mengetahui Kebutuhan Pasar Sebelum Memulai Usaha

 

3.    Tentukan Solusi yang Ditawarkan Produk Anda


Setelah Anda mengelompokan kebutuhan dan permasalahan, lalu Anda menentukan solusi yang dapat ditawarkan produk Anda. 

Misalnya:


 

4.    Tentukan Segmentasi Pasar

Setelah Anda menentukan solusi yang ditawarkan produk Anda, langkah berikutnya adalah memetakan berdasarkan aspek diatas. Dalam hal ini misalnya saja Anda menggunakan aspek demografis dan psikografis.

Dari tabel di atas, Anda telah memiliki dua segmentasi pasar:

  1. Konsumen yang memiliki pendapatan lebih dari 5jt, pekerja kantoran, dan memerhatikan kesehatan. Agar dapat memudahkan, biasanya segmentasi diberikan nama. Untuk segmentasi ini misalnya diberi nama Segmen AB.
  2. Konsumen yang memiliki pendapatan kurang dari 5jt, pekerja lapangan, memiliki mobiltas tinggi, dan sangat mempertimbangkan harga saat melakukan pembelian. Untuk segmentasi ini misalnya diberi nama Segmen CD.


 

5.    Tentukan Target Pasar dan Strategi Pemasaran


Nah sekarang Anda sudah menentukan segmentasi pasar, lalu Anda dapat menentukan prioritas target pasar dan strategi pemasaran. Dalam menentukan dua hal ini, biasanya ada beberapa hal yang dipertinbangkan misalnya potensi keuntungan yang akan didapat dan besarnya biaya yang akan dikeluarkan.

Itulah lima tips sederhana yang dapat Anda lakukan saat menentukan segmentasi pasar. Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih jauh lagi, Anda dapat konsultasi di fitur Tanya Ahli tanpa dipungut biaya. Caranya juga sangat mudah, hanya daftar dan login saja. Segera kunjungi website daya.id untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Rohyati

07 July 2024

Sangat bermanfaat untuk pemula

Balas

. 0

Suhendri

06 July 2024

bermanfaat sekali daya.id

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

01 January 1970

Thanks daya untuk infonya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS