Dirilis

20 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Istilah brand ambassador mungkin sudah sering Anda dengar. Brand ambassador adalah sosok yang memiliki peranan cukup penting dalam sukses tidaknya pemasaran sebuah produk. Mengapa begitu? Inilah pengertian brand ambassador dan manfaat menggunakan BA untuk jalannya suatu usaha.

 


Pengertian Brand Ambassador

Brand ambassador adalah mereka yang dipercaya oleh perusahaan selaku produsen untuk mewakili produk atau merek tertentu. Pengertian ini tentu sejalan dengan arti dari kata brand ambassador itu sendiri dimana secara harfiah berarti duta (ambassador) merek (brand).  Jadi secara langsung maupun tidak langsung seorang duta merek akan mewakili citra, nilai ataupun persepsi masyarakat pada produk tertentu.

Brand ambassador atau duta merek tersebut bisa bekerja dengan cara membagikan sampel produk ataupun menjadi bintang iklan. Pengertian brand ambassador secara umum yaitu pihak atau individu yang ditugaskan serta dipercaya oleh perusahaan untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat. Ini bisa diartikan juga bahwa pengertian dari brand ambassador tidak terbatas pada orang terkenal yang dijadikan sebagai bintang iklan saja.

Melainkan bisa juga mereka yang langsung mengenalkan produk kepada konsumen seperti SPG misalnya. Dengan adanya brand ambassador tersebut diharapkan tingkat awareness konsumen pada produk bisa dibangun dan ditingkatkan. Dengan cara demikian diharapkan perusahaan bisa mendapatkan serta mempertahankan loyalitas pelanggan produknya tersebut.
 


Manfaat dari Brand Ambassador

Salah satu tugas seorang brand ambassador adalah membentuk dan juga mempertahankan citra positif dari sebuah merek. Oleh sebab itu penunjukan siapa yang akan menjadi brand ambassador juga harus mempertimbangkan citra diri positif dari orang tersebut sehingga akan bisa menaikkan citra dari merek ataupun produk yang diwakilinya.
Tujuannya agar manfaat dari ditunjuknya brand ambassador bisa tercapai. Inilah berbagai manfaat dari brand ambassador:


1. Press Coverage

Manfaat dari brand ambassador yang pertama adalah sebagai press coverage. Artinya yaitu duta merek atau brand ambassador memiliki tugas dan peranan untuk membentuk citra dan persepsi produk di mata masyarakat sebagai konsumen.


2. Merubah Persepsi Tentang Produk

Produk dari usaha Anda mungkin sudah berkualitas bagus tapi mengapa omzetnya masih belum seperti yang diharapkan. Kemungkinan karena masyarakat kurang memiliki persepsi positif pada produk dan merek usaha Anda tersebut. Nah, melalui brand ambassador Anda bisa merubah persepsi konsumen dengan pembentukan citra yang positif.


3. Menarik Konsumen Baru

Sebuah usaha yang dikatakan berkembang adalah yang sudah bisa meningkatkan omsetnya dengan meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Adanya brand ambassador membantu perusahaan untuk menarik konsumen baru menjadi pelanggan setia. Melekatnya citra positif dari duta merek dan produk itu sendiri diharapkan bisa membuat orang tertarik untuk membeli serta menggunakannya.


4. Menyegarkan Ingatan Konsumen

Banyaknya produk sejenis bahkan diberi merek yang mirip membuat konsumen mudah rancu dalam mengingat produk Anda. Terlebih lagi kalau Anda hanya diam saja membiarkan produk lain menguasai ingatan konsumen. Produsen sebaiknya segera menggugah dan menyegarkan kembali ingatan konsumen agar selalu setia pada merek usaha Anda.
Bagaimana caranya? Cara yang cukup efektif adalah dengan menggunakan brand ambassador yang akan membuat konsumen mengingat kembali produk Anda. Brand ambassador akan mengingatkan konsumen pada tagline merek Anda. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mengingat dan membedakan produk Anda dengan merek lainnya meskipun terlihat mirip.

Brand ambassador adalah individu ataupun kelompok yang dipercaya untuk menjadi ikon ataupun mewakili identitas suatu produk tertentu. Mengingat besarnya peran brand ambassador, maka dari itu pemilihan BA untuk produk usaha Anda juga tidak bisa sembarangan dan harus didasarkan atas pertimbangan yang matang. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar penggunaan BA untuk usaha Anda.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS