Dirilis

10 Agustus 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Brand value adalah istilah dalam dunia pemasaran yang terkait dengan kesediaan konsumen dalam mengeluarkan uang untuk merk yang Anda miliki. Kesuksesan sebuah produk untuk dibeli dan dipakai oleh konsumen sangat berkaitan erat dengan brand value. Sebenarnya, apa pengertian selengkapnya dari brand value? Lalu, apa fungsi dari brand value ini? Inilah informasi lengkapnya tentang brand value.

 

Pengertian dari Brand Value

Pengertian dari Brand Value
Brand value adalah nilai yang menyatakan jumlah total berapa banyak konsumen yang rela membayar lebih pada satu merek tertentu dibandingkan dengan merk yang lain. Brand value bisa juga diartikan sebagai seberapa sering konsumen memilih, mengingat, memiliki harapan dan juga sebuah hubungan dengan suatu merek dibandingkan dengan produk lainnya.

Sehingga bisa disimpulkan secara singkat bahwa brand value atau nilai merek merupakan premi yang diberikan oleh konsumen atau pelanggan kepada sebuah merek dengan cara membayar harga ekstra. Agar brand value tersebut bisa diwujudkan tentu saja Anda harus memberikan produk yang berkualitas namun kompetitif dari segi harga, pelayanan yang baik, penggunaan teknologi dan sebagainya. 
Brand value tidak hanya diukur dan dilihat dari puas atau tidaknya konsumen pada sebuah merek atau produk saja. Melainkan brand value juga dinilai dari pemasaran dan analisis keuangan. Sehingga, memang lebih kompleks untuk menentukan brand value suatu merek dibandingkan brand equity-nya. 

 

Fungsi dari Brand Value

Lalu apa sebenarnya manfaat serta fungsi dari brand value tersebut bagi sebuah merek, produk maupun usaha? Beberapa fungsi dari brand value antara lain sebagai berikut:
  • Untuk mengetahui nilai finansial yang terdapat pada sebuah merek di pasaran yang. Nilai tersebut ditentukan melalui analisis pada keuangan serta pemasaran.
 
  • Untuk mengetahui berapa nilai bersih pendapatan yang bisa diperoleh di masa yang akan datang dari sebuah merek.
 
  • Untuk mengetahui kejelasan, keaslian, diferensiasi, komitmen, konsistensi, kejelasan merek dan sebagainya.
 
  • Untuk mengetahui berapa nilai total penjualan atau finansial sebuah merek di pasaran.

Perbedaan Brand Value dengan Brand Equity

Perbedaan Brand Value dengan Brand Equity
Selain brand value dalam dunia pemasaran terdapat juga istilah brand equity atau ekuitas merek. Meskipun tampak sama namun sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki definisi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari brand value dan brand equity.
 
  • Brand value diukur berdasarkan analisa keuangan serta pemasaran sedangkan brand equity hanya dinilai dari tingkat kepuasan dan kepercayaan pelanggan saja.
 
  • Brand value merupakan nilai bersih sebuah merek atau produk sedangkan brand equity adalah persepsi serta kemampuan konsumen terhadap sebuah merek.
 
  • Brand value menggambarkan total nilai dari penjualan sebuah merek di pasaran sementara brand equity menunjukkan kekuatan merek di pasaran.
 
  • Brand value diukur dari kejelasan, keaslian, komitmen, diferensiasi, kinerja, konsistensi merek dan sebagainya sedangkan brand equity hanya dinilai dari recall value saja.
 
  • Produk dengan brand equity tinggi sangat digemari konsumen karena faktor produksi oleh brand kesukaan mereka. Hal seperti ini tidak berlaku bagi brand value.

Meskipun memiliki pengertian dan definisi berbeda tentu saja brand value dan brand equity sama pentingnya bagi pengembangan usaha Anda. Sebab, keduanya sama-sama bisa menjadi tolak ukur seberapa dikenalnya usaha Anda di mata konsumen. 

Itulah pengertian dari brand value. Dari informasi ini bisa disimpulkan bahwa brand value adalah faktor cukup penting karena bisa digunakan untuk mengetahui nilai dari sebuah merek tersebut di pasaran. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id mengenai penerapan dari brand value selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

16 November 2021

Bermanfaat ?

Balas

. 0

Mustika Febria belima

14 November 2021

Informatif

Balas

. 0

Asra

03 November 2021

Good

Balas

. 0

Asra

03 November 2021

Good

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 1000 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS