Dirilis

23 Juni 2022

Penulis

Peni hidayah

Jarang ada pemilik bisnis yang merasa cukup dengan apa yang sudah dihasilkan, bahkan bisa dibilang tidak ada. Justru pemilik bisnis ingin bisnisnya lebih berkembang lebih luas lagi. Anda juga begitu kan?

Network marketing bisa jadi alternatif jalan yang dilakukan untuk mencapainya. Ditambah ke depannya internet semakin berkembang serta banyak membuka peluang untuk bisnis, dan salah satu peluang terbaiknya adalah menjalankan bisnis dengan metode network marketing.

 

Pengertian Network Marketing

Bagi Anda yang ingin menjalankan metode pemasaran ini, sebelum Anda memulainya, simak dulu ya penjelasan tentang network marketing berikut ini.

 

1.    Apa itu network marketing

Network marketing adalah sebuah metode pemasaran produk atau jaringan pemasaran yang dilakukan secara langsung ke personal atau pribadi, dengan kata lain penjualan secara langsung ke konsumen. Makannya banyak orang menganggap network marketing sama dengan MLM (Multi Level Marketing). Tetapi pada kenyataannya network marketing dan MLM itu berbeda.

 

2.    Keuntungan network marketing

Ada beberapa keuntungan network marketing, yaitu:

 

a.    Hemat biaya iklan

Karena network marketing ini dilakukan dengan cara memperkenalkan produk dari mulut ke mulut, maka dibutuhkan banyak tenaga penjual. Sehingga dengan banyaknya tenaga penjual yang bergabung di bisnis Anda, maka bisnis atau perusahaan Anda bisa mengurangi atau meminimalisir biaya iklan.

 

b.    Hemat biaya rekrutmen

Melalui network marketing, Anda bisa merekrut siapa saja untuk menjadi karyawan Anda tanpa adanya batasan usia juga pengalaman buat nawarin produ dari bisnis Anda. Anda juga tidak perlu mendatangkan karyawan dari luar kota atau luar pulau untuk merekrut karyawan. Nah Anda jadi lebih hemat kan untuk biaya rekrutmennya yang kemudian bisa Anda alokasikan kembali biaya tersebut untuk kebutuhan lainnya.

 

c.    Meningkatkan penjualan

Banyaknya tenaga penjual yang melakukan penawaran secara langsung, bagi produsen cara ini dapat meningkatkan penjualan secara signifikan dengan modal yang relatif lebih kecil tapi efisien. 

 

d.    Tingkatkan reputasi perusahaan

Dengan menggunakan tenaga penjual, maka konsumen yang dijangkau lebih luas lagi. Melalui metode ini selain meminimalisir biaya iklan dan pemasaran, dapat membantu Anda dalam meningkatkan reputasi perusahaan di mata konsumen.

 

3.    Tips menjalankan network marketing 


 

a.    Tentukan Apa fokus program pada bisnis Anda

Pastikan Anda menentukan fokus program di bisnis Anda, apakah akan fokus untuk merekrut tenaga penjualan (multi-tier) atau hanya sekedar memasarkan produk (single-tier). Karena hal ini nantinya akan memancing motivasi karyawan Anda serta memancing sasaran yang akan diraih dalam bisnis Anda.

Jika fokus Anda adalah merekrut tenaga penjualan, maka Anda perlu menyusun tingkatakan penjualannya. Disini Anda harus menentukan berapa banyak komisi yang didapatkan oleh seorang marketer jika ia berhasil merekrut orang bergabung dengan perusahaan. Selain itu perlu menentukan berapa banyak komisi yang ia terima jika orang yang baru bergabung merekrut orang lain.

Tapi jika fokus Anda hanya measarkan produk, maka Anda harus menentukan besar komisi yang diterima oleh marketer apabila ia berhasil menjual satu produk. Anda perlu tentukan apakah ia akan menerima pendapatan jika ia tidak berhasil menjual produk Anda, dan seberapa besar pendapatan yang diperoleh meskipun tidak berhasil menjualnya.

 

b.    Tentukan siapa target pasar Anda


Bisnis apapun menentukan target pasar itu adalah syarat wajib sebuah usaha. Karena sebuah usaha dikatakan berhasil apabila target pasar sudah treridentifikasi dengan tepat, dengan alasan produk akan cepat terjual sesuai kebutuhan si target.

Network marketing yang kuat membuat konsumen Anda semakin banyak dan tersebar dimana-mana, sehingga membuat bisnis Anda semakin berkembang. Jika ingin menjalankannya, pastikan Anda memahami dengan benar seperti apa proses serta syaratnya. Bagaimana sudah siap menjalankan network marketing untuk bisnis Anda? 

Untuk informasi lebih dalam terkait network marketing Anda bisa berkonsultasi dengan business coach di website www.daya.id. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi usaha dan keuangan lainnya secara gratis dan sangat mudah dari Daya.id. Yuk daftar ke Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS