Dirilis

13 April 2022

Penulis

Rhein Mahatma

Statistik toko di marketplace merupakan salah satu cara mengukur sejauhmana toko Anda dilihat oleh pengguna marketplace. Lalu apa yang bisa Anda lakukan dengan statistik ini?

 

Pahami Kompetisi di Marketplace

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Antara lain soal perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen yang semakin digital. 

Ya, tidak dapat dipungkiri, untuk sebagian masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mencari barang secara langsung, berbelanja online menjadi salah satu alternatif. Selain karena menghemat waktu dan tenaga, barang di online seperti di marketplace biasanya lebih bervariasi sehingga calon konsumen memiliki banyak pilihan.

Sementara itu, jumlah forum jual beli online dan marketplace mengalami peningkatan yang cukup drastis, diiringi dengan kian banyaknya pelaku usaha yang berjualan online.

Jika Anda adalah seller atau penjual, maka berjualan di marketplace adalah pilihan yang tepat! Terlebih ada banyak marketplace yang bisa Anda manfaatkan tanpa memerlukan biaya daftar, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, ataupun Lazada. 

Namun tentu saja, jika Anda memutuskan untuk mendaftar di marketplace, Anda harus bisa mempromosikan produk yang Anda jual agar calon konsumen sadar akan produk dan brand Anda di marketplace tersebut.

Yang perlu Anda pahami, dengan memasarkan produk di marketplace, secara tidak langsung Anda memiliki banyak saingan dan kompetitor. Hal ini dikarenakan, marketplace adalah sebuah pasar virtual yang memiliki banyak penjual dengan beragam produk yang berbeda. 

Nah, salah satu cara mengetahui sejauh mana produk Anda ‘dilihat’ oleh calon konsumen di marketplace adalah dengan mengetahui statistik toko. Statistik ini merupakan indikator yang banyak digunakan oleh pemilik toko online untuk mengetahui apakah sudah banyak yang melihat dan mengetahui toko mereka atau belum. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini tentang pengertian statistik toko online di marketplace dan tips memaksimalkannya!

 

Pengertian Statistik Toko Online di Marketplace 

Jika Anda adalah penjual yang memiliki toko online di marketplace Tokopedia, maka Anda pasti tidak asing dengan Wawasan Toko. Secara singkat, pengertian statistik toko online dan Wawasan Toko yang dimiliki oleh Tokopedia adalah sama. Statistik toko adalah laporan dan informasi tentang transaksi, penjualan, maupun produk yang Anda miliki. 

Marketplace seperti Tokopedia memiliki laporan lengkap yang berisikan tentang statistik toko Anda. Data dan informasi yang ada di Wawasan Toko ini bisa Anda gunakan dan manfaaatkan lho! Penasaran apa saja isinya? 

 

1.    Melihat perbandingan pendapatan dan pengeluaran

Anda bisa mendapatkan informasi apakah pendapatan di toko online Anda lebih besar atau lebih kecil dari pengeluaran Anda. Biasanya ada biaya khusus untuk beberapa fitur seperti bebas ongkir, official store, ataupun power merchant. Dengan melihat Wawasan Toko, Anda dapat mengetahui hal tersebut.

 

2.    Mengetahui ringkasan statistik dan live statistik

Anda juga dapat mengetahui seberapa banyak calon konsumen yang melihat produk Anda, jumlah pesanan, dan juga pendapatan bersih Anda. Selain dapat melihat ringkasan statistik, Anda juga dapat melihat live statistik toko Anda lho! Anda bisa melihat situasi terkini toko online Anda secara langsung tanpa perlu menunggu terlebih dulu. Sehingga jika sedang mendapatkan banyak pesanan, Anda dapat dengan cepat bertindak karena Anda dapat melihat jumlah pesanan baru secara langsung. 

 

Tips Memaksimalkan Data Statistik Toko

Setelah Anda memahami laporan dan data yang Anda dapatkan dari statistik toko, maka Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat strategi baru, antara lain:

 

1.    Mendapatkan target calon konsumen yang tepat

Di dalam laporan statistik toko, biasanya Anda akan mengetahui siapa saja yang membeli produk Anda. Baik itu dari rata-rata umur pembeli, dimana lokasi mereka, bahkan pembeli yang mengikuti toko Anda. Sehingga dengan mengetahui ini, Anda dapat membuat strategi pemasaran agar mereka kembali berbelanja di toko Anda.

 

2.    Mengetahui produk Anda yang paling laris

Jika Anda menjual lebih dari 1 produk di toko Anda, maka Anda dapat  mengetahui produk apa yang paling laris dan juga kurang diminati. Dengan demikian, Anda dapat membuat rencana untuk keduanya. Salah satunya adalah dengan membuat promo kaget, potongan harga atau diskon, ataupun menggabungkan produk yang laris dengan produk yang kurang diminati dan membuatnya menjadi paket yang menarik. Dengan demikian Anda dapat meningkatkan penjualan keduanya bukan?

 

3.    Memakai iklan berbayar

Tidak ada salahnya Anda menyisihkan sedikit modal untuk memanfaatkan iklan berbayar seperti TopAds milik Tokopedia. Terlebih jika toko Anda belum banyak menarik perhatian calon konsumen, maka pilihan iklan berbayar adalah hal yang tepat! Biaya iklan ini pun bisa Anda sesuaikan lho dengan ‘budget’ yang Anda punya. Jadi jangan khawatir ya! 

Sekian penjelasan singkat dari pengertian statistik toko dan juga cara memaksimalkannya. Dengan memahami hal diatas, diharapkan Anda dapat membuat strategi yang menyesuaikan dengan laporan statistik toko Anda agar produk yang Anda jual laris dan selalu habis terjual. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS