Dirilis

02 Mei 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Disamping harga, kualitas produk, dan teknis pendistribusiannya, promosi merupakan hal penting dalam taktik pemasaran produk. 

”Ah, usaha saya hanya laundry kecil-kecilan, buat apa keluarkan dana untuk promosi?” Pernahkan Anda berpikir demikian?

Pasar tentu tidak serta-merta membeli produk atau usaha yang Anda tawarkan. Sebab, ada banyak pilihan lain di luar sana, baik produk atau usaha yang sama maupun pengganti. Oleh sebab itu, perlu upaya promosi agar produk atau usaha Anda lebih dikenal, masyarakat terpikat membeli, memiliki banyak pelanggan yang loyalitas tinggi, sehingga tidak mudah terpikat oleh pihak lain.

Jika program promosi yang telah dilakukan belum memberi dampak positif terhadap pembelian atau kunjungan calon pembeli, Anda perlu melakukan evaluasi. Apakah cara promosi Anda sudah mempertimbangkan karakteristik calon pembeli?

Sebaiknya pilah wilayah pemasaran Anda sesuai dengan kesamaan watak atau karakter calon pembeli. Pemilahan atau segmentasi bisa dilakukan berdasarkan 3 hal berikut:
 
  1. Geografis
  2. Kelas ekonomi dalam masyarakat (kelas bawah, menengah, dan atas)
  3. Usia (anak-anak, remaja, dan dewasa)

Dari hasil pemilahan tersebut, lakukan langkah-langkah ini:
 
  1. Pilih kelompok mana yang akan dijadikan target calon pembeli potensial. Sebaiknya pilih sesuai dengan kemampuan optimal Anda dalam melayani keinginan dan kebutuhan, serta pilih sesuai kemampuan calon pembeli yang menjadi target pembeli.
  2. Buat strategi pemasaran berdasarkan target pasar yang Anda pilih di poin 1. Sesuaikan produk atau jasa Anda dengan target calon pembeli, misalnya dari segi rasa, jenis dan ukuran kemasan, serta harganya. Lakukan promosi dan distribusikan ke wilayah yang tepat.
  3. Persiapkan stok produk dan tenaga penjual yang handal. Agar promosi yang dilakukan berdampak positif terhadap penjualan, pastikan Anda menyiapkan stok dan tenaga penjual berkarakter baik, serta memiliki pengetahuan mengenai produk yang ditawarkan.

Promosi merupakah hal yang penting dilakukan dalam skala usaha apapun. Jangan lupa membuat perkiraan biaya promosi dan memilih sarana promosi yang tepat! Besar kecilnya anggaran harus diukur dengan efektifitas dan efisiensi peningkatan penjualan, bukan diukur dengan berapa rupiah yang dikeluarkan. Semoga promosi yang Anda buat kelak dapat berhasil!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

3.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Tori Ibnu Sanjaya

02 July 2024

sip

Balas

. 0

kelik b soeprodjo

16 May 2018

terima kasih infonya ttg promosi yg merupakan salah satu fungsi marketing... pertanyaan kami hanya satu, bagaimana caranya produk-produk kami bisa kami up load ke info daya sebagaiman yg diinformasikan oleh salah satu manajer BTPN Cabang Indrapura ?

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS