Dirilis

01 September 2020

Cara mempromosikan makanan bukan hal yang mudah bila kita tidak pandai dalam strategi, sebab daya saing bisnis ini tergolong tinggi dan selera konsumen sering berubah-ubah. Untuk itu benar-benar dibutuhkan pemahaman dan strategi yang tepat agar cara promosi yang dilakukan bisa efektif. 

Sebelum membahas cara promosi, maka kita harus memperhatikan dulu tips manajemen dapur makanan Anda supaya kualitasnya tetap terjaga. Mulai dari kekompakan sampai sarana prasarana yang baik, sangatlah mendukung makanan kita untuk bisa diminati banyak orang. Perhatikan dulu detail strategi usaha dengan baik, maka makanan pun bisa laris manis!

Bermacam Strategi Cara Mempromosikan Makanan

Inilah beberapa strategi yang bisa dilakukan agar makanan yang Anda jual bisa laris manis dan menghasilkan keuntungan yang besar: 

1. Buatlah Suatu Slogan Menarik Agar Selalu Diingat!

Cara mempromosikan makanan pertama, yakni membuat slogan. Mengapa ini penting? Karena kita bisa mencontoh brand-brand makanan terkini yang sangat laris di pasaran seperti “Indomie Seleraku” dan lain sebagainya.

Nah, tentu dengan begitu juga ketika kita akan mempromosikannya di sosial media pun terasa mudah pula, dan tentunya mudah diingat masyarakat. Hal ini menjadi slogan teristimewa, yang nantinya bisa membuat makanan Anda terkenal.

2. Beri Sampel Gratis pada Orang yang Belum Kenal Makanan Anda

Berikan sampel makanan untuk promosi makanan baru

Banyak orang yang sulit percaya, bahwa makanan buatan Anda lezat? Oh jangan khawatir, sebab Anda pun bisa mengenalkan secara ramah bagaimana rasa dari makanan Anda ini. Kemudian berilah orang-orang sekitar Anda sampel sedikit demi sedikit, dengan catatan Anda pun harus memperhitungkan keuntungan supaya cash flow tetap terjaga.

3. Bagi Reward untuk Para Konsumen Loyal

Pelanggan setia itu sulit didapat lho, jadi bila Anda sudah mulai mendapat konsumen loyal yang suka dengan makanan Anda, maka jangan ragu untuk berikan reward yang sesuai ya! Dengan cara mempromosikan makanan memakai tips ini, konsumen bisa terpancing untuk kembali lagi, bahkan bisa menawarkan temannya untuk ikut membeli. Hal ini dinamakan promosi secara tidak langsung dari pengaruh konsumen ke konsumen.

Strategi ini diakui cukup efektif, karena tak hanya pelanggan yang untung namun Anda sebagai pengusaha juga untung. Tapi sebelum itu pertimbangkan pula profit Anda, jangan sampai keterusan dalam memberi reward, ya!

4. Meningkatkan Kerja Sama dalam Memperluas Produk

Tingkatkan kerjasama agar promosi makanan bisa lebih luas

Kerja sama memang sangat dibutuhkan untuk cara mempromosikan makanan, khususnya menjalin kerja sama dengan agen wisata, para ahli marketing, kemudian terbiasa bekerja sama dengan para perusahaan Expor-Impor, sampai bekerjasama dengan instansi pemerintah pariwisata. Semua hal ini tentu akan berpengaruh untuk meluaskan promosi makanan Anda tentunya!

5. Selalu Menjaga Kualitas Makanan Agar Tetap Laris Manis

Strategi terakhir cara mempromosikan makanan yang tak kalah pentingnya, yakni selalu menjaga kualitas makanan. Tak hanya untuk bisnis makanan, namun semua bisnis dan usaha pun wajib melakukan bagian ini!

Nah, kalau untuk makanan sendiri, maka Anda perlu menjalani aktivitas quality control yang meliputi rasa makanan, tampilan makanan supaya tetap bersih dan menarik, serta kualitas bahan makanan yang sesuai standar kesehatan yang ada. Jika semua sudah Anda maksimalkan, maka konsumen pun akan semakin percaya dan bahkan bisa menjadi penggemar bagi makanan Anda.

Agar proses promosi usaha makanan yang Anda jalankan bisa efektif, diperlukan konsultasi dengan ahli digital marketing yang tepat. Dengan begitu segala rencana dan rancangan promosi yang telah dibuat bisa dijalankan dengan baik. 

Berbagai informasi lain terkait usaha dan bisnis yang dijalankan juga bisa dengan mudah ditemukan di Daya.id. Anda cukup daftar jadi member Daya.id dan semua informasi tersebut bisa Anda nikmati dengan gratis dan tanpa batasan. 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

3.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS