29 Maret 2024
Dirilis
Penulis
Aliah Abdullah
Apakah usaha Anda sudah menerapkan strategi harga bundling? Apa saja jenis strategi harga bundling? Apa kelebihan strategi harga bundling? Yuk simak penjelasannya berikut ini.
Harga bundling adalah suatu pendekatan dalam menetapkan harga dimana menggabungkan dua atau beberapa produk menjadi satu harga, kemudian menjualnya dengan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan saat membelinya secara eceran.
Dengan menawarkan harga bundling tentunya akan mendorong pelanggan untuk membeli lebih dari satu produk dengan memberikan harga diskon atau harga paket yang lebih rendah. Strategi harga bundling dapat dilakukan untuk setiap produk yang kurang laku atau produk baru yang kurang dikenal dan diminati pelanggan.
Jenis-jenis Strategi Harga Bundling
Terdapat 2 (dua) jenis strategi harga bundling yang sering diterapkan dalam usaha, yakni pure bundling dan mixed bundling. Kedua jenis strategi ini dibedakan berdasarkan fitur dan manfaat yang dirasakan saat menerapkan strategi ini ke dalam usaha.
1. Pure Bundling
Dalam strategi ini, penjual akan menawarkan jenis produk tertentu secara khusus dengan mengemasnya bersama dengan produk lain dalam satu bundle. Pelanggan tidak memiliki pilihan untuk membeli produk secara terpisah. Strategi ini lebih mudah diaplikasikan, karena Anda sebagai pemilik bisa langsung menangani proses pembuatan bundling-nya.
Pure bundling ini juga memiliki tiga strategi turunan yang perlu Anda ketahui, yaitu:
i. Leader Bundling
Ini adalah sebuah strategi yang menggabungkan produk yang diunggulkan dengan produk yang kurang diminati, sehingga produk yang kurang diminati akan lebih banyak terjual.
ii. Joint Bundling
Dalam strategi ini dua jenis produk digabungkan menjadi satu bundle, dimana pada umumnya produk-produk joint bundling ini hanya bisa dalam satu kali transaksi saja.
iii. Mixed-leader Bundling
Prinsip yang digunakan dalam strategi ini hampir sama dengan strategi leader bundling, yaitu mengkombinasikan antara produk populer dengan yang kurang populer. Namun, hal yang membedakannya adalah pada mixed-leader bundling pelanggan diberikan kebebasan untuk memilih alternatif dari produk yang ada di dalam bundle secara terpisah.
2. Mixed Bundling
Strategi ini disebut juga dengan custom bundling, dimana pelanggan memiliki kebebasan untuk memilih antara produk yang telah di-bundling atau produk yang dijual secara eceran. Dengan menggunakan strategi ini, Anda bisa meningkatkan angka penjualan khususnya produk-produk yang sepi pembeli. Disamping itu, pelanggan juga mendapatkan keuntungan berupa potongan harga dengan membeli produk bundling ini.
Potongan harga belum tentu mereka peroleh, bila membelinya secara eceran.
Kelebihan Menggunakan Harga Bundling
Berikut ini beberapa kelebihan yang menguntungkan usaha Anda apabila menerapkan strategi harga bundling, yaitu:
1. Meningkatkan Penjualan
Dengan menawarkan produk dalam bentuk bundling dengan harga yang murah, akan mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak produk yang mungkin sebelumnya tidak pelanggan pertimbangkan. Ini bisa meningkatkan hasil penjualan yang signifikan.
2. Menghilangkan Stok Tersisa
Jika Anda memiliki produk tertentu yang kurang laku atau tersisa dalam jumlah tertentu, Anda bisa menggunakan strategi harga bundling dengan menggabungkan produk tersebut dengan produk lain yang lebih populer atau diminati. Dengan demikian, pelanggan lebih mungkin tertarik untuk membeli dan juga mengurangi stok produk yang tidak terjual.
3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Jika pelanggan mendapatkan keuntungan dengan membeli produk dengan harga bundling, maka bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan loyalitas jangka panjang. Bahkan pelanggan akan merekomendasikan ke teman dan juga kerabatnya.
4. Mengurangi Biaya Promosi
Dengan menjual produk harga bundling, pemasaran dan promosi bisa difokuskan pada paket bundling, sehingga bisa memberikan efisiensi biaya pemasaran dan mengurangi biaya promosi.
Strategi Penerapan Harga Bundling
Berikut ini beberapa langkah yang bisa membantu Anda mengimplementasikan harga bundling, yaitu:
- Pastikan produk yang dijual dalam paket bundling bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.
- Pastikan bahwa produk yang dipilih untuk dipaketkan memiliki margin keuntungan yang seimbang, sehingga usaha Anda menghasilkan keuntungan yang cukup.
- Buatlah kombinasi produk yang menarik dan mempertimbangkan peluang cross-selling produk-produk yang berkaitan.
- Lakukan monitor dan evaluasi kinerja penjualan bundling secara teratur, sehingga Anda bisa menyesuaikan dan meningkatkan strategi promosi yang lebih efektif.
Namun, perlu diingat bahwa strategi harga bundling juga memiliki beberapa tantangan, seperti mengatur harga yang tepat, mengelola inventaris, dan memastikan kombinasi produk yang menarik bagi pelanggan. Penting untuk melakukan analisis pasar yang cermat dan mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan pelanggan sebelum mengimplementasikan strategi ini.
Strategi harga bundling bisa memberikan nilai tambah kepada pelanggan dan membantu Anda untuk meningkatkan pendapatan serta memperkuat posisi usaha Anda di pasar. Namun untuk bisa menerapkan strategi ini, tentunya kondisi keuangan usaha Anda harus sehat. Anda harus mencatat setiap pengeluaran dan pemasukkan usaha. Lalu, membuat laporan keuangan yang tepat.
Untuk membantu Anda dalam mengelola strategi harga bundling, Anda bisa membaca artikel Cara Menentukan Harga Jual, Mudah dan Praktis di website daya.id agar Anda semakin paham cara menentukan harga. Apabila masih kurang jelas silakan Anda manfaatkan fitur Tanya Ahli dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Selamat meng-explore website ini!
Sumber:
Berbagai sumber
Ananda
31 October 2024
Sukses selalu keren artikelnya dan ilmunya sangat bermanfaat
Balas
.0
Davina
31 October 2024
Informasi dan artikelnya sangat bisa diterapkan dan mudah dipahami
Balas
.0
Muhari
31 October 2024
Terimakasih ilmunya dapat diterapkan dibidang usaha
Balas
.0
Marlina
31 October 2024
Terimakasih sudah berbagi artikel yang bermanfaat mantap
Balas
.0
Askolani
31 October 2024
Keren terimakasih sudah berbagi inspirasi
Balas
.0