Dirilis

13 Desember 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Di musim liburan, area bisnis mengalami beberapa perubahan karena menyesuaikan momen dan kebutuhan customer. Ada yang arus bisnisnya mengalami penurunan dan ada juga yang mendulang keuntungan besar. Nah, jika memiliki bisnis yang berkaitan dengan e-commerce atau penjualan secara online, Anda bisa melakukan strategi khusus selama musim liburan Natal dan Tahun Baru. Strategi ini cukup berbeda dari biasanya, karena momen musim liburan Natal dan Tahun Baru bisa memberikan tantangan atau bahkan ganjalan jika Anda tidak mampu membaca keinginan pasar. Agar penjualan tidak surut dan produk tetap laris manis terjual, coba ikuti beberapa strategi berikut.

Promosi Khusus
Jangan pelit promosi di bulan ini! Sejumlah pemain besar di bidang e-commerce saja memiliki serangkaian promosi khusus musim liburan Natal dan Tahun Baru. Anda pun juga tidak boleh mengabaikan hal ini. Meski keuntungan yang diperoleh akan berkurang, namun penjualan yang lebih banyak juga akan mendatangkan keuntungan yang sama. Selama menyambut liburan, ada sejumlah kebutuhan yang harus dipenuhi tiap rumah tangga, mulai dari persiapan Natal dan Tahun Baru hingga kebutuhan sembako sehari-hari dan bahan-bahan makanan. Oleh karena itu, masyarakat umumnya mencari harga paling bersaing ketika berbelanja, dan label “sale” atau “promo khusus” bisa membuat mereka menoleh cepat. Jika penurunan harga yang ditawarkan tidak terlalu besar, Anda bisa menggabungkannya dengan promosi subsidi ongkos kirim.

Anda juga bisa membuat strategi promosi berupa hampers cantik yang bisa menjadi kado. Pastikan bundle yang dijual ini memiliki kemasan khusus yang menarik. Jika tidak membuat hampers, bisa membuatkan promosi untuk kemasannya saja. Berikan kemasan khusus untuk tiap customer yang melakukan pembelian sejumlah nominal tertentu. Nuansa tematik ini tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi e-commerce.

Tempatkan Pada Situs Marketplace
Jika memiliki situs e-commerce sendiri namun penjualan produk masih besar di platform media sosial, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual produk di situs marketplace yang sudah punya nama besar. Situs marketplace ini bisa membuat data penjualan lebih rapi dan terdata dengan baik. Sistem pada marketplace juga lebih terstruktur. Selain itu, tiap marketplace pasti akan berpromosi secara besar-besaran selama musim liburan Natal dan Tahun Baru, dan hal ini bisa dimanfaatkan.

Volume kunjungan pada situs marketplace tentu lebih besar. Hal itu dikarenakan marketplace menjual berbagai produk dengan rentang target pasar yang juga lebih luas. Menemukan produk di tengah lautan produk lain mungkin bisa menjadi bumerang karena banyaknya saingan bisnis, namun kesempatan produk dilihat banyak orang juga jauh lebih besar. Pastikan saja untuk memberi tahu customer Anda, ketika produk sudah tersedia di marketplace.

Jangan lupa, perhatikan juga stok barang. Order yang diterima di situs atau di media sosial haruslah terukur dan tidak mengganggu stok produk yang dilepas di marketplace.

Persiapan Menyambut Natal dan Tahun Baru Biasanya Laku Keras
Penghujung musim liburan Natal dan Tahun Baru identik dengan perayaan yang merupakan momen berkumpul bersama keluarga besar. Momen yang dinanti ini juga membutuhkan banyak persiapan, terutama yang berkaitan dengan penampilan. Oleh karena itu, baju, sepatu, hingga tas pun menjadi komoditas yang sangat dicari.

Kalau memiliki usaha bisnis di bidang mode, maka momen musim liburan Natal dan Tahun Baru bisa dimanfaatkan untuk menggenjot penjualan. Buatlah variasi dalam koleksi yang dijual dan datangkan produk baru yang sekiranya bisa dijadikan koleksi untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Koleksi spesial Natal biasanya menjadi pertimbangan customer untuk berbelanja. Pastikan memilih produk yang tepat atau memasang harga yang masuk akal, karena tentu Anda memiliki pesaing yang kemungkinan akan menjual produk yang serupa.

Maksimalkan Momen THR
Mendekati akhir musim liburan Natal dan Tahun Baru, sejumlah perusahaan biasanya sudah mencairkan dana THR kepada karyawannya. Anda juga tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini, karena daya beli customer sedang tinggi-tingginya. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan melakukan promosi spesial di periode penerimaan THR.

Lakukan strategi promosi yang berbeda dengan strategi promosi yang Anda lakukan untuk bulan biasanya. Anda bisa memberi ekstra potongan harga, menyebar kode diskon, atau menambah stok baru dan memberikannya harga spesial. Ketika THR sudah di tangan, biasanya keinginan belanja seseorang menjadi lebih besar dan keputusan dalam membeli barang cenderung lebih cepat dilakukan.

Siapkan Pengingat
Apalah arti dari segala promosi dan rencana bisnis yang dibuat tapi tidak ada yang mengetahuinya? Dikarenakan basis penjualan adalah online, maka buatlah strategi promosi secara online. Anda bisa menyiapkan desain promosi yang cukup menarik untuk membuat customer melirik produk yang dijual. Selain menyiapkan desain, pastikan juga mengirimkan pengingat kepada customer beberapa hari sebelum promosi, pada saat promosi berlangsung, dan menjelang promosi berakhir. Manfaatkan e-mail newsletter dan platform media sosial untuk e-commerce yang dimiliki. Anda juga bisa mengirim pesan singkat SMS kepada customer.

Perhatikan Waktu Pengiriman
Menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya perusahaan jasa pengiriman ekspedisi akan menerima permintaan yang cukup besar. Membeludaknya pesanan dan antrian pengiriman pun harus dipikirkan. Jika ingin barang pesanan customer sampai tepat waktu sebelum Natal dan Tahun Baru, berikan jeda waktu untuk pengiriman sekitar H-5 dari tanggal perayaan Natal. Promosi tetap bisa berjalan terus, namun beritahukan kalau ada risiko keterlambatan pengiriman.

Anda juga bisa memberikan pengingat kepada calon customer untuk segera melakukan pemesan sebelum tanggal yang ditentukan jika ingin barang pesanan mereka sampai di tanggal yang mereka inginkan. Selain pemberitahuan di awal, juga harus memberikan penjelasan mengenai pengiriman setelah Natal. Tentukan tanggal libur Anda dan beritahukan pada customer jika order masih bisa dilakukan selama libur namun pengiriman akan dilakukan setelah masa libur selesai. Pastikan hal ini tertera jelas di detail pesanan jika tidak ingin menerima keluhan dari customer.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Sanuri

17 Januari 2021

Pengin jualan lewat online

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS