Dirilis

16 Agustus 2023

Penulis

Peni hidayah

Instagram marketing atau juga disebut IG marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan teknologi digital yang popular dimanfaatkan pelaku bisnis. Tapi di balik populernya Instagram marketing, masih ada yang asal menggunakan, bahkan ada juga belum paham bagaimana memanfaatkan Instagram marketing dengan baik untuk bisnisnya. 

Agar Anda bisa memanfaatkan IG marketing secara maksimal dan bisa mendapatkan hasil penjualan yang lebih tinggi, ada beberapa hal yang perlu dimonitor pada aktivitas Instagram marketing Anda. Berikut adalah penjelasannya.

 

Kenapa Instagram Marketing

Sebelum kita membahas lebih lanjut, berikut ini alasan kenapa Anda sebaiknya menggunakan Instagram Marketing.

 

1.    Konten Bentuk Visual Lebih Banyak Disukai


Tau ga sih? Sebuah postingan yang disertakan gambar atau foto  di dalamnya mempunyai dampak 650% tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan jika postingan yang isinya hanya berupa tulisan saja. Sebagai platform visual yang bagus, Instagram marketing dapat membantu Anda dalam menguji berbagai jenis konten visual bagi audiens instagram.

Baca Juga: Elemen dan Pentingnya Visual sebagai Brand Identity untuk Menarik Konsumen

 

2.    Peroleh Feedback dan Insight dari Pelanggan

Mulailah menjalankan bisnis dengan cermat untuk bisa memantau kinerja setiap kampanye media sosial yang Anda lakukan. Lacak mention dan ketahui apa yang diposting orang tentang merek Anda, missal dengan berbagi foto, video, dan cerita tentang produk yang mereka beli dari Anda. Feedback dari pelanggan ini penting karena sangat membantu Anda untuk memahami bagaimana pelanggan memandang produk Anda.

 

3.    Pantau Kompetitor untuk Atur Strategi Pemasaran

Instagram membantu Anda dalam melacak dan memantau kompetitor Anda yang sama-sama menggunakan Instagram marketing. Pantau jenis dan metode konten yang mereka publikasikan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan komunitas atau pelanggan.  Berbekal informasi ini, kamu dapat menggabungkan upaya terbaik pesaing Anda untuk merancang strategi pemasaran kreatif yang unik dan akan membuat bisnis Anda tetap terdepan dalam persaingan.

 

4.    Jangkauan Audiens Semakin Luas

Dengan pengguna aktif bulanan lebih dari 1 miliar, Instagram membantu menawarkan bisnis dari semua jenis baik besar maupun kecil, peluang untuk menjangkau audiens yang lebih besar. 

 

Hal Penting dalam Instagram Marketing

Apa saja hal penting yang perlu Anda tahu tentang Instagram Marketing?

 

1.    Pakai Akun Instagram Bisnis 

Akun instagram pribadi berbeda lho dengan akun instagram bisnis. Dan bagi Anda yang memiliki bisnis ingin melakukan strategi pemasaran pastikan memiliki akun instagram bisnis, karena ada fitur yang disediakan khusus untuk bisnis yang tidak tersedia di instagram pribadi, seperti fitur kontak, iklan Instagram dan mengakses wawasan. Jadi pastikan Anda punya akun instagram bisnis ya!


Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Iklan di Instagram

 

2.    Optimasi Profil Akun Bisnis Anda

Bagaimana caranya? Caranya yaitu adalah dengan menggunakan username yang mudah untuk dikenali juga ditemukan oleh pelanggan Anda. Pastikan juga Anda menggunakan logo brand sebagai foto profil, lengkapi profil dengan deskripsi singkat terkait bisnis Anda, dan masukkan CTA (call to action) agar pengunjung tahu bagaimana menghubungi Anda dengan cepat. 

 

3.    Publish Konten Menarik dan Konsisten Mengupdate

Konten adalah hal penting dan utama dari sebuah akun bisnis. Jadi isi feed akun bisnis Anda semenarik mungkin. Tidak hanya membuat postingan untuk produk, penting juga membuat konten yang informatif, ada unsur hiburan, tutorial, sampai dengan bagaimana proses dibelakang layar.

 

4.    Gunakan Semua Jenis Konten

Selain menyediakan feed utama untuk mengakomodasi konten marketing Anda instagram marketing juga tersedia fitur highlight atau sorotan, stories, hingga live. Jadi maksimalkan ya semua jenis konten yang ada!

 

5.    Manfaatkan Instagram Marketing dengan Ads

Mempromosikan produk atau bisnis melalui fitur Ads memang memerlukan biaya tersendiri. Namun cara ini dapat Anda coba mengingat hasilnya juga akan lebih maksimal dalam membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran melalui Instagram marketing, perlu keseriusan, disiplin atau konsistensi dan pantang menyerah. Pastikan hal-hal penting di atas Anda terapkan agar bisa memperoleh hasil yang memuaskan.

Jika Anda mengalami kendala dalam menjalankan Instagram marketing konsultasikan dengan pakar digital marketing di website www.daya.id secara gratis. Selain berkonsultasi dapatkan fitur lainnya terkait serta informasi keuangan dengan mendaftar website Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

19 September 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Junaedi

12 September 2023

?

Balas

. 0

Junaedi

12 September 2023

?

Balas

. 0

Junaedi

11 September 2023

??

Balas

. 0

Hendratno

17 August 2023

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS