Dirilis

22 Desember 2021

Penulis

Haura A Karimah, Yahya Abdillah, Sarah Shafa

Jelang Natal dan perayaan tahun baru terjadi kenaikan permintaan kebutuhan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan adanya kenaikan Indeks Penjualan Ritel (IPR) yang bertumbuh 4,8% di bulan Desember 2020 dalam basis bulanan atau month-to-month. Kenaikan itu berlawanan dengan IPR 3 bulan sebelumnya yang justru mengalami kontraksi karena adanya Pembatasan COVID-19. Menurut BI, kenaikan IPR itu terjadi karena adanya kenaikan permintaan pada saat tahun baru dan perayaan Natal dan memicu pertumbuhan di sebagian besar sektor. 

Kebutuhan yang meningkat ini tak hanya kebutuhan pangan tetapi juga kebutuhan sandang. Masyarakat Indonesia yang sangat erat dengan budayanya dengan membeli baju baru di waktu-waktu spesial seperti lebaran, Natal, dan tahun baru. Banyak toko baju dan aksesoris yang diserbu masyarakat menjelang hari-hari besar tersebut. Apalagi industri fashion yang cenderung mudah untuk mengikuti tren, mendorong para produsen pakaian dengan gencar memasarkan produk-produk mereka.



Anda juga bisa memulai usaha fashion secara kecil-kecilan, karena peluang bisnis ini cenderung mudah untuk digeluti. Dengan menawarkan produk fashion yang unik ditambah melakukan pemasaran yang tepat, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagai uang jajan tambahan sambil merayakan Natal dan tahun baru.

Dalam dunia bisnis terdapat teori pemasaran campuran (marketing mix) yang terdiri dari 4P, yaitu Product, Price, Place, Promotion. Artinya, kita harus memperhatikan keempat aspek tersebut sebelum memulai sebuah usaha. Dalam hal ini, kita akan fokus pada salah satu aspeknya, yaitu product dimana produk merupakan aspek utama dalam menjalankan bisnis. Dengan menentukan produk, Anda akan lebih mudah untuk menetapkan aspek lainnya dari strategi pemasaran 3P lainnya yang akan dilakukan. 

Pada momen Natal dan tahun baru ini salah satu produk menarik yang dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis adalah produk custom. Apa sih produk custom itu? Produk custom merupakan produk yang dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Lalu mengapa produk custom? Jika kita lihat, saat ini masyarakat cenderung banyak membeli sesuatu yang identik dengan momen tertentu dan tren yang sedang populer. Contohnya, seperti di momen akhir tahun yang merayakannya banyak menggunakan barang yang berbau Natal dan tahun baru. Untuk itu, kami sajikan beberapa ide usaha produk custom yang bisa Anda pilih untuk memulai usaha fashion Anda.

 

Macam-Macam Produk Custom yang Dapat Dijadikan Peluang Usaha

Berikut ini beberapa produk custom yang bisa Anda jadikan peluang usaha jelang Natal dan Tahun Baru.

 

 

1. T-Shirt

T-Shirt sebagai jenis pakaian yang paling umum digunakan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi salah satu produk yang cocok untuk dijadikan sebagai salah satu peluang usaha. Kamu dapat memanfaatkan momen ini dengan berjualan kaos bertemakan Natal atau tahun baru yang dapat dikustomisasi untuk dikenakan bersama keluarga.

 

2. Masker Kain

Meskipun produk masker saat ini sudah banyak di pasaran, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba berjualan atribut wajib satu ini. Dengan adanya anjuran penggunaan masker double pada masyarakat akan membuat permintaan produk masker kain semakin meningkat. Selain dapat dijual dalam jumlah satuan, Anda juga dapat menerapkan sistem bundling dengan menggabungkan beberapa produk lainnya.

3. Loungewear

Aktivitas masyarakat yang kini terpusat di rumah membuat pakaian berjenis loungewear menjadi salah satu produk dengan pencarian terbanyak di berbagai marketplace. Kondisi saat ini juga memungkinkan sejumlah keluarga untuk merayakan momen Natal dan tahun barunya dengan melakukan berbagai aktivitas di rumah. Sehingga, berjualan busana loungewear akan sangat berpotensi menguntungkan untuk dilakukan.

4. Handmade Bag

Tas menjadi salah satu keperluan yang krusial saat ingin bepergian maupun melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Namun berbeda dengan tas pada umumnya, Anda dapat menjual produk ini dengan hasil kreasi tanganmu sendiri. Tentunya Anda dapat menghemat biaya proses pembuatan produk dan mematok harga jual sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan tas tersebut.

5. Cincin Clay

Salah satu aksesoris ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan aksesoris yang dapat dijual pada momen Natal dan tahun baru sebab jenis aksesoris ini sedang ramai diminati oleh para kaum wanita pada pertengahan tahun ini. Bentuknya yang unik dan terbuat dari bahan yang mudah didapatkan akan membuat peluang bisnis ini mudah untuk direalisasikan. Kamu dapat mendesain bentuk dan model cincin clay ini dengan warna-warna dan simbol yang berkaitan dengan tema Natal maupun tahun baru, seperti penggunaan warna merah, hijau, lonceng, dan lainnya. 

 

Nah, Anda bisa pilih salah satu atau beberapa peluang usaha produk custom tadi dan memulai usaha barumu. Seperti tema ide bisnis tadi yaitu produk custom, artinya Anda harus bisa menyesuaikan produk yang Anda tawarkan dengan keinginan para konsumen. Setelah Anda dapat menentukan produk mana yang akan Anda pilih, Anda bisa melakukan riset untuk ketiga aspek pemasaran lainnya dan berdiskusi dengan para ahli agar perencanaan bisnismu menjadi lebih maksimal. Apabila Anda masih bingung dan butuh solusi yang tepat Anda bisa langsung tanya dengan para praktisi bisnis Wisnu Dewobroto yang pastinya berpengalaman.

Itulah beberapa ide menarik tentang beberapa produk costum yang bisa dijadikan peluang usaha Anda terutama di hari Natal dan menjelang tahun baru. Menarik bukan? Apabila Anda tertarik dengan tips lain terutama untuk meningkatkan pertumbuhan usaha di masa pandemi covid-19 bisa membuka link ini dan temukan tips menarik lainnya di Daya.id.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS