Dirilis

19 April 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Ada pengusaha yang bisa mendapatkan banyak sekali pembeli, ada pula yang hanya bisa mendapatkan sedikit. Anda sendiri, apakah cukup dengan jumlah pembeli saat ini? Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan pembeli yang lebih banyak atau bahkan bisa menguasai pasar?

Dianalogikan pasar sebagai hutan dan mencari pembeli seperti mencari binatang di dalam hutan. Di dalam hutan ada beragam jenis binatang, seperti gajah, singa, harimau, rusa, kelinci, dan sebagainya. Di dalam pasar juga ada beragam manusia, seperti pria, wanita, anak-anak, remaja, orang tua, dan sebagainya. Masing-masing memiliki kelompok dengan watak dan karakter yang sama.

Sebelum masuk ke hutan, Anda harus tahu dulu binatang apa saja yang ada di hutan tersebut. Lalu tentukan binatang apa yang ingin didapat dan sesuaikan peralatannya. Atau bisa juga dibalik. Anda punya peralatan apa, lalu binatang apa yang bisa didapat menggunakan peralatan itu. Yang pasti, tidak ada satu pun peralatan yang bisa Anda gunakan untuk mendapat semua jenis binatang. Kalau hanya bersenjata bambu runcing, tentu akan sangat sulit untuk mendapatkan singa.

Demikian juga sebelum masuk ke pasar. Diperlukan peralatan yang sesuai dengan kelompok masyarakat sasaran Anda. Jika ingin mendapatkan pembeli kelas bawah yang penghasilan relatif kecil, tentu berbeda peralatannya dengan pembeli kelas atas yang penghasilannya relatif besar.  Untuk menarik pembeli kelas bawah bisa dengan harga yang murah. Tapi untuk membidik kelas atas tidak bisa dengan harga yang murah, walaupun sebenarnya Anda menjual produk yang sama. Kelas atas lebih mementingkan kualitas yang bagus dan rela harus membayar dengan harga yang lebih mahal.

Begitu juga bahasa yang digunakan. Misalnya Anda ingin melakukan program promosi. Kelas bawah akan tertarik dengan istilah potongan harga atau diskon. Kelas atas belum tentu, karena bisa jadi gengsi. Untuk kelas atas bisa menggunakan istilah beli satu gratis satu, penawaran harga paket, dan lainnya.

Jadi agar usaha Anda dapat menarik pembeli lebih banyak, pastikan Anda tahu siapa yang bisa dijadikan sasaran dan gunakan peralatan yang sesuai. Terus diasah, pertajam, dan miliki beragam jenis peralatan untuk mendapat hasil yang lebih banyak.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.3

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Gita maisin

23 June 2023

Ok

Balas

. 0

putra astaman

05 February 2023

Ok

Balas

. 0

oky setiarso

20 April 2018

berarti diperlukan riset ya pak? riset apa yang memungkinkan dan murah biayanya tapi hasilnya maksimal?terima kasih

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS