Dirilis

16 Maret 2018

Buat Anda yang baru memulai usaha, atau bahkan yang sudah menjalankannya sekian lama, content marketing bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan pemasaran.

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang fokus kepada pembuatan dan penyaluran konten berkualitas, sesuai kebutuhan, dan konsisten. Seperti ditulis situs Content Marketing Institute, strategi ini berguna untuk menarik perhatian dan mempertahankan calon pelanggan, hingga akhirnya mereka mau melakukan aktivitas yang menguntungkan usaha Anda.

Dari sisi calon pelanggan, content marketing bukan hanya menawarkan produk atau jasa, tapi juga solusi atas permasalahan mereka. Bagaimana bisa? Ya, karena seperti yang sudah disebut di atas, strategi ini menekankan kepada konten yang sesuai kebutuhan calon pelanggan.

Cara Kerja Content Marketing
Cara kerja content marketing memanfaatkan kebiasaan sebagian orang yang mencari informasi untuk membantu memecahkan masalah mereka. Entah lewat mesin pencari Google, tak sengaja menemukan di media sosial, dan lain-lain.

Misalnya orang ini ingin memulai usaha tapi bingung harus bagaimana, lalu mencari ‘tips memulai usaha’ di Google, dan menemukan link ke konten yang sesuai. Dia klik, lalu masuk ke satu situs. Setelah membaca artikel menarik di dalam situs tersebut, lantas dia terdorong untuk mengajukan pinjaman modal usaha, yang ternyata juga ditawarkan situs tersebut.

 

Baca juga: Jangan Hanya Andalkan Iklan


Manfaat Content Marketing
Content marketing biasanya bersinergi dengan Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (SMO), dan beberapa strategi digital lainnya. Lalu menghasilkan berbagai manfaat seperti berikut ini:

1. Menarik Pengunjung Baru
Orang yang menemukan link ke konten Anda akan masuk dan berinteraksi di dalam website.

2. Meningkatkan Reputasi Merek
Semakin banyak orang yang melihat konten Anda, semakin banyak juga orang yang mengenal merek usaha Anda. Nah, jika Anda bisa menyajikan konten informatif yang disajikan secara menarik, reputasi usaha juga bisa ikut meningkat. Selain itu rangking halaman website Anda di juga membaik.

3. Menciptakan Investasi Jangka Panjang
Saat ini hampir semua bentuk informasi dikemas secara relevan untuk menarik perhatian pengunjung. Konten yang semacam inilah yang bisa bertahan selamanya karena berita tidak pernah kehilangan nilai dan membuatnya menjadi sebuah investasi jangka panjang yang sempurna.

Membuat Konten yang Menarik
Membuat konten yang menarik memang bukan hal mudah. Anda butuh pengenalan karakter dan penyusunan materi yang baik. Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa karakter konten yang bagus dan efektif seperti dikutip dari situs Act On:
  • Konten berbicara kepada pelanggan yang dituju.
  • Cocok untuk calon pelanggan di lokasi tertentu, dan sesuai dengan siklus pembelian.
  • Menceritakan usaha dengan memberi contoh yang berpusat kepada pelanggan.
  • Menggunakan gambar yang pantas dan bermakna.
  • Dapat digunakan di media yang menarik dan beragam.
  • Memuat ajakan untuk melakukan sesuatu secara jelas.
  • Dapat diuraikan menjadi tambahan penggunaan dan terlihat jelas.

Baca juga: Mau Usaha Anda Diliput Media?


Kesalahan Umum Pembuatan Konten
Berikut beberapa contoh kesalahan umum dalam content marketing dan cara mengatasinya seperti dikutip dari situs Optin Moster:

1. Melewatkan Tahap Perencanaan
Melakukan kampanye terbaru memang menyenangkan, tapi Anda tentu tidak bisa mengawali sebuah kampanye tanpa rencana dan hanya berharap bisa melihat hasilnya. Agar Anda tidak mengalami kesalahan ini, sebagai permulaan cobalah untuk melakukan penelitian dan pelajari target demografis dan kebutuhan aktual mereka.

2. Menggunakan Hanya Satu Medium
Ada begitu banyak media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran. Mulai dari video, audio, infografis, papan slide, dan lainnya. Memanfaatkan beberapa media berbeda juga bisa membantu konten Anda mendapat lebih banyak respon sesuai karakter pelanggan.

3. Menulis tentang Berbagai Topik
Menulis berbagai topik di dalam situs Anda memang bisa membuat Anda terlihat menarik. Tapi saat baru memulai, sebaiknya Anda memilih satu topik tertentu dan paling Anda kuasai. Menulis topik tertentu yang Anda pahami bisa memberikan nilai keunggulan kompetitif untuk situs Anda. Keuntungan inilah yang nanti bisa membuat produk Anda tetap berada di dalam hati para pelanggan. Seorang spesialis tentu akan lebih mudah diingat daripada generalis. Lagipula, Anda tetap bisa memperluas topik yang lebih umum di kemudian hari setelah Anda mendapatkan perhatian dari pelanggan.

 

Kunjungi juga: konsultasi digital marketing bersama Rhein Mahatma, digital marketing expert


Ayo tingkatkan pemasaran usaha Anda dengan content marketing.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.2

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

06 Maret 2019

Menarik nih! Tapi bagaimana ya cara menentukan target pencapaian dalam membuat konten marketing?

Balas

. 0

06 Maret 2019

Menarik nih! Tapi bagaimana ya cara menentukan target pencapaian dalam membuat konten marketing?

Balas

. 0

06 Maret 2019

Menarik nih! Tapi bagaimana ya cara menentukan target pencapaian dalam membuat konten marketing?

Balas

. 0

Risky Dwi Rahayu

20 Maret 2018

like it!

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS