Dirilis

04 Oktober 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Kepercayaan merupakan hal yang penting dalam industri digital. Mengingat tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap transaksi digital masih terbilang rendah. Penting bagi penyedia layanan digital atau Anda yang memiliki usaha online untuk menjaga kepercayaan konsumen bagi setiap produk atau jasa yang ditawarkan.

Di saat konsumen merasa bahwa produk atau jasa yang ia beli dari usaha Anda mampu memberikan manfaat yang terbaik baginya, Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang kembali, ditambah dengan rekomendasi secara gratis dari konsumen kepada orang-orang terdekatnya.
Berikut adalah 8 cara yang dapat Anda gunakan untuk membangun kepercayaan konsumen di era digital seperti sekarang ini:

1. Desain Media Sosial yang Menarik
Kebanyakan orang akan tertarik untuk mengunjungi suatu online shop karena desain situsnya yang menarik. Apa lagi di zaman sekarang hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki media sosial dan terbilang sering menggunakannya.

Anda bisa membuat media sosial, contohnya Instagram khusus untuk toko online Anda. Buat tampilannya menarik, misal memfoto produk dengan kamera profesional atau kameraponsel , menggunakan latar foto dengan warna yang selaras seperti tembok putih, dedaunan, atau bisa juga di kafe, dan sebagainya. Ingat, sesuaikan tema foto dengan produk yang Anda jual, yah.

2. Pastikan Produk Berkualitas
Konsumen akan mengharapkan produk atau jasa yang dibelinya dari Anda merupakan produk atau jasa yang terbaik untuk mereka. Singkatnya, jika berhasil membuat konsumen senang dan puas dengan kualitas produk atau jasa yang Anda jual, maka mereka akan kembali dan menggunakan produk atau jasa Anda secara terus menerus.

3. Testimonial
Nah, hal ini menjadi salah satu bagian terpenting ketika menjalani usaha online.  Berikan bukti jika produk Anda memang benar ada, asli, berkualitas baik, dan juga bermanfaat dengan memperlihatkan testimoni-testimoni mereka yang pernah membeli dan menggunakan produk atau jasa Anda.

4. Respon yang cepat
Ketika menjalankan usaha online, kita dituntut untuk tidak hanya dapat berkomunikasi dengan baik dengan konsumen, namun juga aktif ketika melayani mereka. Melalui media sosial yang selalu aktif 24 jam nonstop, berusahalah untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat bagi konsumen. Misal, menjawab setiap pertanyaan konsumen dengan jelas, hingga menghadapi keluhan konsumen dengan tanggapan yang positif.

5. Proses Pembelian yang Mudah
Rasa tidak nyaman konsumen berbelanja online biasanya adalah karena proses pembelian yang berbelit-belit. Buatlah proses pembelian ini menjadi mudah dengan memberikan format pembelian kepada konsumen Anda, yang berisi nama, alamat lengkap, nomor telepon, dan produk yang ingin mereka pesan. Dengan format pemesanan tersebut, konsumen tidak perlu lagi bertanya bagaimana cara memesan di toko online Anda.

6. Packaging yang Rapi
Bungkuslah produk dengan rapi dengan menggunakan bubble wrap atau kardus, untuk menghindari terjadinya barang pecah atau rusak pada saat proses pengiriman.

7. Tepat Waktu dalam Pengiriman Barang
Jika menggunakan jasa pengiriman barang untuk mengirim produk jualan Anda, pastikan untuk tidak mengulur waktu dalam melakukan proses memasukan barang ke jasa pengiriman tersebut.
Percayalah, konsumen tidak akan ingin menunggu lama untuk produk yang ia dambakan.

8. Mintalah Kritik dan Saran
Setelah proses pembelian dan barang sudah sampai kepada konsumen, mintalah kritik dan saran dari mereka. Hal ini akan berpengaruh positif bagi usaha Anda dan dalam melakukan evaluasi, baik dari segi produk atau jasa, dan juga dari segi pelayanan.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS