Dirilis

23 November 2022

Penulis

Arief Akbar

Bagi Anda yang baru menggunakan media sosial untuk bisnis, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement. Misalnya dengan membuat konten secara rutin. Apa lagi? Kita akan bahas di dalam artikel ini.

Baca Juga: Pemasaran Digital Dengan Content Marketing

 

Orang Indonesia di Media Sosial

Data statistik yang dibuat We Are Social dan Hootsuite pada 2021, dari 274,9 juta populasi orang di Indonesia, 202,6 juta (73,7 %) diantaranya merupakan pengguna internet, 170 juta (61,8%) merupakan pengguna media sosial aktif, dan 345,3 juta mengunakan perangkat mobile

Dari data itu juga disebutkan,  ada 5 media sosial favorit yang diakses orang di Indonesia, yaitu YouTube  (93,8%), WhatsApp (87,7%), Instagram (86,6%), Facebook (85,5%), dan Twitter (63,6%). 

Selain itu, Indonesia juga  merupakan pasar kedua terbesar di dunia dalam pengunaan TikTok, dengan 22,2 juta penguna aktif per bulan.

Apa artinya data itu bagi bisnis Anda? 

Melihat data dan pertumbuhan di atas, media sosial menjadi sangat penting untuk dimaksimalkan di tahun ini dan ke depannya. Tapi, untuk memaksimalkan media sosial Anda dalam dunia usaha, diperlukan strategi yang tepat.

 

Tips Meningkatkan Engagement di Media Sosial

Bagaimana agar akun media sosial Anda dapat bekerja maksimal? Salah satunya adalah dengan membuat akun media sosial Anda disukai  dan dipercaya. Karena dengan disukai dan dipercaya, tingkat kedekatan atau engagement akun media sosial Anda menjadi lebih erat atau tinggi. 

Untuk meningkatkan engagement media sosial, Anda perlu menerapkan strategi marketing seperti, membuat konten yang relate, hangat, dan sesuai dengan target market Anda. Karena konten yang tepat dapat meningkatkan engagement rate pada media sosial Anda

Berikut tips yang Anda bisa lakukan untuk  meningkatkan engagement media sosial untuk meningkatkan Bisnis Anda

 

1.    Buat konten yang rutin  

Jika mengikuti algoritma media sosial dan search engine yang ada saat ini, untuk bisa muncul dipermukaan dan dapat bersaing dengan jutaan konten yang lain adalah dengan posting konten rutin dengan continue. Dengan konten yang rutin setiap hari, pelanggan atau follower Anda merasakan kehadiran Anda pada lini media sosial nya 

 

2.    Buat konten interaktif dengan audiens Anda

Jenis konten yang punya interaksi tinggi pada saat ini adalah jenis konten yang ringan, humoris, dan update dengan tren yang ada. 

Dari survei Hootsuite, perusahan atau bisnis berhasil meningkatkan engagement dengan pelanggan dan audiens di social media dengan konten format video durasi pendek sebanyak 39%. Hal ini membuktikan, dengan jenis konten yang sesuai dan mudah dinikmati audiens, maka interaksi audiens  akan meningkat sejalan dengan  setiap psotingan konten Anda

 

3.    Buat konten edukasi dan membahas isu terkini

Fenomena saat ini, isu terkini bisa menjadi sorotan publik dan akhirnya menjadi trending pada media sosial. Anda juga memanfaatkannya. Misal, cuplikan adegan fim seri yang sedang trending, dapat Anda gunakan menjadi momen dan ide untuk membuat konten yang relate dengan value produk Anda. Anda bisa memberikan  edukasi dan promosi terkait produk Anda di postingan media sosial Anda.

 

4.    Gunakan platform media sosial yang tepat


Tentukan jenis platform media sosial sesuai  dengan target market Anda. Misal, jika segmen produk dan usaha Anda adalah pelanggan usia muda, social media yang banyak digunakan dan disukai adalah yang memiliki fitur dengan konten bertipe video singkat dan sejenisnya. Misal TikTok, IG Reels, Short YouTube, status WhatsApp, dan sejenisnya.  

 

5.    Kolaborasi dengan microinfluencer 

Selain membuat konten yang menarik, gunakan bantuan promosi dengan berkolaborasi. Pada fase awal, Anda bisa mengundang microinfluencer yang sesuai dengan segmen pelanggan Anda, untuk mempromosikan produk dan usaha Anda. Microinfluencer adalah influencer yang memiliki follower sepuluh ribu hingga seratus ribu. Pada fase berikutnya, Anda bisa menggunakan influencer yang lebih besar untuk meningkatkan jangkauan promosi produk dan usaha Anda

Baca juga : Tips mencari influencer marketing dan beriklan pakai endorsement

 

6.    Gunakan testimoni pelanggan Anda dalam promosi 

Testimoni yang positif dan menarik, dapat dijadikan konten yang dapat meningkatkan rasa percaya calon pelanggan Anda dalam bertransaksi pada usaha atau produk Anda. Semakin banyak testimoni positif pada usaha atau produk Anda, maka semakin tinggi kepercayaan para calon pelanggan Anda untuk bisa bertransaksi pada produk Anda

 

7.    Gunakan fitur social commerce pada media Sosial Anda

Pada platform media sosial terdapat fitur marketing yang dibuat untuk para pebisnis. Contohnya adalah Facebook Marketplace, Instagram Shop, TikTok Shop. Fitur social commerce ini terbukti meningkatkan 81% pembeli untuk berbelanja. 

Para calon pembeli akan melihat katalog produk, kemudian bisa langsung membeli produk Anda yang ditampilkan pada katalog. Supaya fitur social commerce maksimal, Anda dapat mengupload konten terkait produk dalam format foto atau video sebagai salah satu strategi social media marketing.

 

8.    Gunakan Media sosial sebagai wadah customer service

Dari data survey Nielsen, 64% pelanggan lebih nyaman memanfaatkan social media sebagai sarana customer service. Hal ini juga dibuktikan dengan pelanggan banyak yang memberi feedback, keluhan dan pertanyaan tentang produk usaha melalui media sosial Anda, daripada harus menelpon ke call centre. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya untuk menyiapkan customer service ke platform social media marketing, sehingga bisa menambah nilai dan engagement pada usaha Anda

 

9.    Monitoring dan analisis kemajuan media sosial Anda


Setiap strategi dan jenis konten yang dijalankan pada poin di atas, sebaiknya dipantau dan ukur secara rutin melalui agar Anda bisa  memastikan strategi yang tepat sesuai dengan tujuan dan target market Anda. Ada banyak alat untuk pengukuran diantaranya, adalah Google Analytics, Instagram Analytics, dan sejenisnya. 


Dengan mengenali cara dan strategi dalam memaksimalkan media sosial di atas, semoga usaha Anda bisa bertahan dan bertumbuh.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar dan praktisi Digital Marketing dari Daya.id seputar masalah evaluasi usaha ini.  Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun cerita sukses dari usaha lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi terkait usaha bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! Selamat berjuang dan  Bertumbuh!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

14 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Dea Indah Riani Putri

04 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

04 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

04 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

24 Januari 2023

👍🏼

Balas

. 0

Asril

30 November 2022

👍👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS