Dirilis

15 Juli 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Bagi Anda pebisnis online, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana mengirimkan produk ke pelanggan dengan tepat waktu dan tanpa cacat, secara efektif dan efisien. Ya, jasa pengiriman barang menjadi satu hal penting, karena jasa ini berperan sebagai perantara sukses tidaknya transaksi dari penjual ke pembeli.

Agar dapat memilih jasa pengiriman barang yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

1. Pilih yang sedang populer dan tersedia di setiap daerah
Jasa pengiriman barang yang sudah populer biasanya memiliki rute pengiriman yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya. Rute yang lengkap akan memudahkan kita mengirim produk ke daerah-daerah yang letaknya cukup jauh dari kota besar. Sehingga kita tidak akan mengalami kendala pengiriman produk dan bisa menjangkau seluruh daerah di kawasan Indonesia.

2. Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya, online dan on time.
Hal ini akan meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan, karena biasanya ada pelanggan yang tidak sabar. Lama waktu pengiriman merupakan faktor yang harus diperhatikan. Karena beberapa jasa pengiriman telah memiliki batas waktu yang telah ditentukan.

Nah, dalam menghadapi pelanggan yang sering tidak sabar dan merepotkan, kita bisa mengandalkan sistem tracking yang dimiliki oleh suatu jasa pengiriman. Berikan nomor resi pengiriman pada si pelanggan supaya dia merasa puas dan bisa memantau sendiri paket pesanan yang sudah dia beli.

3. Mampu menawarkan jaminan keamanan
Perusahaan pengiriman barang juga harus menyediakan jaminan keamanan barang saat proses pengiriman. Faktor keamanan ini meliputi adanya jaminan jika barang pelanggan hilang atau rusak.

4. Menawarkan tarif kompetitif
Biaya merupakan salah satu pertimbangan yang harus Anda pikirkan dalam memilih jasa pengiriman.

Jasa Pengiriman Barang Langsung dan Tidak Langsung
Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu memberikan opsi ini kepada pelanggan. Masing-masing tentu punya keunggulan. Berikut ini pertimbangannya:

1. Pengiriman Langsung
Tujuan dari pengiriman langsung adalah untuk mengirimkan barang secara instan sehingga barang tersebut bisa sampai di tempat tujuan secepat mungkin. Selain itu Anda bisa mengetahui berapa lama barang itu bisa sampai ke tempat tujuan sesuai dengan jaraknya.

Jenis pengiriman ini bisa membantu Anda untuk mengirimkan barang dengan cepat sehingga pelanggan bisa menerima barang yang dipesan sesuai harapan pelanggan. Ini merupakan salah satu pilihan untuk menunjang bisnis Anda dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Beberapa jasa pengiriman langsung yang bisa Anda manfaatkan antara lain:
  • Gosend & Go Box
  • Grab Express
  • Deliveree

2. Pengiriman Tidak Langsung
Jenis pengiriman ini biasanya memakan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan pengiriman langsung. Beberapa jasa logistik menyediakan layanan untuk sampai dengan cepat, tetapi dengan harga yang sedikit mahal. Selain itu barang yang akan dikirimkan, harus dibawa ke kantor cabang jasa logistik tersebut untuk disiapkan. Ada juga beberapa jasa pengiriman yang menawarkan layanan penjemputan barang.

Kebanyakan orang menggunakan jenis pengiriman tidak langsung untuk mengirimkan barang antar kota. Jenis pengiriman tidak langsung ini biasanya dijadikan standar logistik pengiriman barang dalam bisnis online shop dan e-commerce dengan rentang waktu pengiriman 2-3 hari.

Beberapa jasa pengiriman tidak langsung yang bisa Anda manfaatkan antara lain:
  • JNE
  • Pos Indonesia
  • TIKI
  • J & T
  • Wahana
  • Ninja Express
  • Si Cepat
  • DHL

Jasa Pengiriman atau logistik adalah salah satu komponen yang penting dalam menjalankan bisnis online. Jadi sangat penting untuk memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dengan begitu, hal ini dapat menguntungkan Anda dan tentunya meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mutu pelayanan yang Anda berikan.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

indrabk

15 Juli 2019

Kemarin sy baca berita ada driver ojol yg ambil order kirim barang dari toko ke pembeli. Tp ternyata drivernya ngga kirim barangnya, tp malah menghilang. Gmn ya agar ngga terjadi spt situ?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS