Dirilis

01 Pebruari 2022

Penulis

Lucky Lombu

Anda bisa menemukan beberapa ide nama toko online di Google. Nama toko online yang bagus, unik, modern, estetik, religi, atau lainnya. Bahkan Anda bisa menemukan ide nama toko online yang bagus dan artinya. 

Tapi, nama toko online seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda?

Baca Juga: 3 Tahap Customer Journey di Toko Online


 

Tips Memilih Nama Toko Online ala Marketplace

Anda tentu bebas memilih mana nama toko online yang bagus dan cocok dengan selera Anda. Tapi untuk membantu Anda memilihnya, kita coba kumpulkan tips dari beberapa marketplace besar di Indonesia. Misalnya dari Tokopedia dan Bukalapak, seperti di bawah ini. 

 

1.    Gunakan Nama Toko Online yang Singkat

Kedua marketplace ini menyarankan Anda untuk memilih nama toko online yang singkat. Kenapa? Alasannya sederhana. Karena akan membantu memudahkan pembeli mengingat nama toko online Anda. 

Anda bisa menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Atau, mulailah dengan memilih satu atau dua kata yang menggambarkan bisnis Anda. Misalnya: Megaelekto, dimana mega mengesankan toko online Anda besar dan lengkap, sementara elektro menggambarkan produk pakaian yang Anda jual.

 

2.    Pilih Nama Toko Online yang Unik dan Mudah Diingat


Selain itu, coba pilih nama toko online yang unik. Karena nama yang unik bukan hanya akan membedakan toko online Anda dari toko lainnya, tapi juga membuat nama toko online Anda mudah diingat. 

Agar benar-benar unik dan beda, pastikan Anda sudah memeriksanya di Google, Facebook, Instagram, marketplace, atau di media online lain. Jangan sampai nama pilihan Anda sudah ada yang pakai.

Tapi, jangan juga Anda menggunakan nama yang rumit agar terkesan unik. Apalagi jika target pasar Anda luas, bukan spesifik. Hindari penggunaan kata asing, singkatan, atau simbol yang hanya dipahami kelompok tertentu.

 

3.    Sesuaikan Nama dengan Target Pasar

Nama yang keren belum tentu menarik perhatian target pasar yang sesuai. Maka itu, sesuaikan nama toko online Anda dengan target pasar toko Anda, baik itu dari sisi usia, jenis kelamin, dan lainnya.

Misalnya, jika target pasar toko online Anda adalah perempuan remaja yang suka mencari pakaian Korea, nama mana yang lebih cocok, megabusana atau megafashion?

Walau kata busana terdengar keren untuk sebagian orang, tapi kata fashion terdengar lebih modern dan internasional, bukan? Berikan argumen Anda di kolom komentar jika punya pendapat lain.

 

4.    Cari Ide Nama Toko Online di Google

Anda juga bisa mencari ide nama toko online di Google. Ketika saja, ide nama toko online, nama toko online yang bagus, atau nama olshop yang bagus, dan seterusnya. 

Sekalian Anda cek, apakah nama itu sudah dipakai oleh toko lain atau belum. Jika ternyata sudah ada yang pakai, Anda bisa menjadikan ide itu sebagai inspirasi untuk nama yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

Tips Memaksimalkan Nama Toko Online Anda

Nah, selain tips di atas, ada beberapa tips lain yang bisa Anda jadikan masukan. Misalnya, seperti yang kami kutip dari forbes.com berikut ini.

1.    Hindari ejaan yang sulit, karena beberapa calon pelanggan akan bingung saat mencari nama Anda di Google atau media sosial.
2.    Jika Anda sudah punya 5-10 ide nama di kepala, tidak ada salahnya Anda meminta pendapat dari orang-orang terdekat, bahkan dari calon pembeli Anda. Pastikan nama toko online yang Anda pilih tidak punya arti negatif di daerah target pasar Anda.
3.    Segera amankan jika Anda punya nama yang terdengar catchy. Dan pastikan nama itu terdengar bagus saat diucapkan dengan keras. Karena ada saja kata-kata yang terlihat keren di atas kertas tapi kurang menarik saat diucapkan. Sebaliknya, pastikan orang tidak bingung bagaimana mengejanya.
4.    Segera amankan alamat website .com. Karena sekalinya Anda terlambat, nama itu mungkin akan diambil orang dan Anda harus membayar mahal jika Anda benar-benar menginginkannya. Pastikan Anda juga sudah mengamankan akun di Facebook, Instagram, TikTok, dan akun media sosial lainnya.
5.    Pastikan Anda sendiri senang dengan nama toko online yang Anda pilih, karena nama itu mungkin akan menemani Anda hingga akhir.

Nama toko online Anda bisa berdampak terhadap kesuksesan bisnis Anda. Maka itu, pilih dengan hati-hati, apalagi jika Anda ingin memakainya dalam waktu panjang. Ingat, pilih nama yang singkat dan mudah diingat.

Jika Anda butuh saran lebih lanjut, segera daftarkan diri Anda di daya.id, dan manfaatkan konsultasi gratis dengan digital marketing di kolom Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS