Dirilis

22 Desember 2021

Penulis

Ramadhova M. Majdi, Nadhif Athallah, dan Abiel Abizhard

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Bank SMBCI dengan Sekolah Bisnis IPB

Hari raya Natal dan tahun baru merupakan salah satu momentum yang tidak boleh dilewatkan oleh bisnis-bisnis fashion. Adanya pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan perilaku masyarakat yang gemar membeli pakaian baru, menjadi alasan momen Natal dan tahun baru merupakan peluang bagi bisnis fashion untuk meraup keuntungan. Peluang ini tentunya perlu ditunjang dengan strategi pemasaran yang baik agar peluang yang ada di depan mata dapat dimanfaatkan dengan optimal dan tidak terbuang sia-sia. Berikut adalah tips pemasaran bisnis fashion di hari Natal dan tahun baru. 

Industri fashion di Indonesia pada saat ini berkembang dengan sangat pesat. Hal tersebut sejalan dengan kesadaran masyarakat Indonesia akan fashion yang mengarah pada lifestyle. Industri Fashion sendiri menempati urutan kedua dalam jumlah usaha atau perusahaan ekonomi kreatif berdasarkan jajaran Sensus Ekonomi 2016, yaitu sekitar 15.01% setelah Industri Kuliner dengan 67.66%. 

Industri Fashion Juga mampu berkontribusi 18.01% atau sekitar Rp. 116 Triliun dalam Gairah Ekonomi Kreatif Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian di tahun 2016, tercatat nilai ekspor dari Industri Fashion mencapai USD 11,7 Miliar.

 

Gunakan Tema Natal dan Tahun Baru

Menggunakan tema Natal dan tahun baru dapat meningkatkan daya tarik bisnis Anda di mata para konsumen selama perayaan hari Natal dan tahun baru. Anda dapat memulainya dengan mendesain landing page bisnis Anda seperti website, market place, ataupun media sosial agar memiliki tampilan yang sesuai dengan suasana Natal dan tahun baru. 

Carilah beberapa referensi tema-tema Natal agar desain dan tampilan landing page Anda terlihat menarik dan up to date. Selain itu, Anda juga dapat memproduksi produk-produk khusus edisi Natal dan tahun baru untuk menguatkan eksistensi brand Anda selama hari Natal dan tahun baru.

Buat Penawaran Spesial

Setelah Anda mengubah tampilan bisnis Anda dengan tema Natal dan tahun baru, Anda dapat membuat penawaran-penawaran spesial kepada pelanggan Anda. Liburan Natal dan tahun baru dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan menjual produk Anda dengan harga yang lebih murah dari biasanya untuk meningkatkan kuantitas penjualan bisnis Anda. Anda juga dapat membuat bentuk penawaran spesial lainnya seperti buy one get one ataupun paket spesial yang berisikan beberapa produk yang Anda miliki yang dikemas dan dijual menjadi satu paket.


 

Terapkan Strategi Pemasaran Multichannel

Memiliki banyak channel pada bisnis fashion Anda memungkinkan Anda untuk menyebarkan iklan bisnis Anda lebih luas lagi. Aktifkan seluruh channel yang dapat dikelola secara bersamaan seperti retail, website, market place, social media, dan email. Manfaatkan channel-channel tersebut untuk mempromosikan penawaran spesial yang Anda miliki selama Natal dan tahun baru. Pastikan seluruh channel Anda berjalan dengan baik dan saling memiliki hubungan satu dengan lainnya.
 


Kembangkan Channel Digital

Melihat perilaku belanja online yang semakin meningkat pada masa pandemi membuat bisnis fashion harus mengadaptasi kebiasaan baru tersebut. Anda dapat lebih fokus untuk memasarkan produk Anda secara digital sehingga perubahan perilaku masyarakat tersebut dapat Anda manfaatkan dengan baik. Cobalah untuk membuat konten-konten digital agar produk Anda dapat dikenal oleh masyarakat luas dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Pelajarilah cara mengelola iklan dan pemasaran digital yang baik agar bisnis Anda tidak hanya mengandalkan toko ritel yang sampai saat ini masih dibatasi aktivitasnya oleh kebijakan pemerintah selama pandemi Covid-19.


 

Buat Evaluasi Bisnis Anda Selama Satu Tahun

Tips yang terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan bisnis fashion Anda selama Natal dan tahun baru adalah dengan membuat evaluasi bisnis Anda selama satu tahun ke belakang. Anda dapat membuat konten best of the best dengan memperlihatkan produk-produk apa saja yang paling laku selama satu tahun ke belakang. Anda juga dapat membuat konten momen-momen penting apa saja yang dialami bisnis Anda selama satu tahun ke belakang. Selain itu, Anda juga dapat menunjukkan target-target apa saja yang sudah tercapai selama satu tahun. Cara ini merupakan soft marketing agar pelanggan Anda merasakan hubungan yang kuat dengan brand Anda. Dengan membuat evaluasi selama setahun ke belakang, pelanggan Anda akan lebih mudah mengapresiasi pencapaian dan berempati terhadap apa yang sudah terjadi terhadap bisnis Anda selama satu tahun ke belakang. 



Hari Natal dan tahun baru merupakan momentum besar bagi bisnis Anda. Jangan sampai Anda melewatkannya begitu saja tanpa melihat peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan bisnis Anda. Dengan menerapkan kelima tips pemasaran di atas, mudah-mudahan dapat membantu bisnis fashion Anda untuk lebih siap dan matang dalam menghadapi hari Natal dan tahun baru. Selamat mencoba! Untuk konsultasi dan pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi praktis UKM kami di Tanya Ahli. Baca juga konten lain di daya.id ya.  

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

24 December 2022

Ok

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS