Dirilis

05 Oktober 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Bisnis fashion memegang porsi penting di dalam perekonomian kreatif Indonesia. Data survei kerjasama antara Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru menyatakan, fashion merupakan subsektor kedua tertinggi dalam kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri kreatif Indonesia. Selain itu, 56% ekspor ekonomi kreatif Indonesia berasal dari subsektor fashion.

Prospek subsektor fashion lokal yang terus meningkat didukung pula oleh peluang pemasaran digital yang menjanjikan di Tanah Air. Menurut data We are Social yang dikompilasi bersama Hootsuite, Indonesia memiliki sekitar 132 juta pengguna internet dan 130 juta di antaranya aktif menggunakan media sosial. Para pelaku bisnis fashion lokal sebaiknya segera merancang program pemasaran digital yang solid dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Media Sosial dengan Jangkauan Terluas
Data dari We are Social menunjukkan bahwa Youtube, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Line adalah lima besar media sosial yang paling banyak diakses dan teraktif di Indonesia. Masing-masing media sosial ini punya karakteristik berbeda, sehingga Anda perlu menyesuaikan konten pemasaran. Fitur iklan pada Facebook dan Instagram pun kini dapat diatur untuk menyasar target pasar tertentu sesuai segmentasi produk Anda. Pengaturan ini di antaranya adalah aspek usia, jenis kelamin, lokasi, bahkan minat, dan kegemaran.

2. Buat Merek Eksklusif yang Membidik Ceruk Pasar (Niche)
Keunikan produk Anda dapat mencuat dari strategi mencari ceruk (niche) sebagai pembeda. Misalnya, dari usaha pakaian berbahan batik, Anda menjual kemeja batik, namun dibuat dengan model kekinian yang lebih kasual dan “gaul” khusus anak muda. Di sini Anda membuat sebuah ciri khas, yaitu batik sebagai busana trendi yang tidak terbatas pada kesempatan formal saja. Contoh lain, pakaian batik yang dibuat khusus bayi dan balita. Buatlah merek eksklusif yang membuat konsumen memiliki sebuah kebangaan saat bisa menggunakan produk Anda. Jadikan merek Anda sebuah perwakilan dari citra gaya hidup yang disukai dan diinginkan oleh para konsumen.

3. Manfaatkan Pemasaran Lewat Influencer
Pemasaran dengan jasa influencer menghadirkan satu pilihan yang lebih ekonomis dan efektif ketimbang menggunakan brand ambassador selebriti. Influencer biasanya merupakan pribadi yang jadi populer karena kepiawaiannya dan kegemarannya di bidang tertentu. Ia memang tak setenar artis yang punya jutaan pengikut di media sosial, namun influencer memasarkan dengan memberikan rekomendasi, bukan sekadar iklan belaka. Imbasnya, konsumen merasa terhubung dan terwakili suaranya oleh sang influencer.

4. Ciptakan Konten Menggugah
Berdasarkan karakter segmen pasar merek dan produk Anda, buatlah konten pemasaran yang tak hanya memikat, tetapi juga menonjol. Anda dapat membuat sebuah kampanye pemasaran istimewa dengan pesan yang relevan dengan tren untuk menambah value dan selling point. Bangun juga engangement kuat dengan konsumen dan pengikut media sosial Anda, termasuk melibatkan mereka dalam membentuk serta memperbaiki kekurangan merek Anda.

5. Perluas Saluran Penjualan dengan E-commerce
Melimpahnya e-commerce dalam bentuk situs dan aplikasi membuka peluang Anda melebarkan jaringan penjualan. E-commerce menawarkan kemudahan baik bagi penjual maupun pembeli untuk bertransaksi di dunia maya. Pilihlah e-commerce yang bereputasi baik dan manfaatkan segala program promosi yang mereka sediakan, misalnya subsidi ongkir, diskon istimewa, dan loyalty program.

Fashion adalah pernyataan siapa diri sang pengguna. Kemaslah program pemasaran digital merek fashion ini sesuai tren yang berkembang. Dinamis mengikuti zaman akan memperpanjang kelangsungan usaha Anda dan menjadikan ekonomi kreatif Indonesia semakin bersinar di masa mendatang.

Sumber:

Rhein Mahatma

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS