Dirilis

27 Februari 2022

Penulis

Arief Akbar

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Bank Indonesia, pada tahun 2019 pertumbuhan nilai perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia bertumbuh hingga 78%. Hal ini termasuk  tertinggi di dunia. 

Kemudian sepanjang tahun 2021, tren belanja online terus meningkat hingga tercatat nilai transaksi perdagangan elektronik menembus angka Rp401 triliun. Bahkan diproyeksikan oleh Bank Indoneisa, pada tahun 2022 akan meningkat hingga Rp526 triliun. Hal ini terjadi karena adanya dukungan penuh dari kebijakan pemerintah dalam literasi transaksi digital, perkembangan fintech dan digital banking, serta ditambahnya dengan kondisi pandemi sejak 2020 hingga saat ini.

Melihat data pertumbuhan tersebut, peluang dalam bisnis online masih sangat besar. Oleh karena itu, berbisnis online Anda harus terus meningkatkan strategi untuk memenangkan persaingan usaha saat ini. 

 

Perhatikan 7P di Marketing Mix

Agar bisnis online Anda bisa berhasil, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan di tahun ini. Selain melakukan persiapan yang cukup dalam jualan online, salah satu kuncinya adalah dengan menerapkan metode marketing mix, yang terkenal dengan 7P sebagai berikut:

 

1.    Produk

Buat produk atau jasa dengan kualitas tinggi, sebagai solusi dari masalah pelanggan , disertai dengan nilai keunikan dari produk atau jasa Anda. Karena dengan meningkatnya kualitas produk dan Jasa yang Anda miliki, maka otomatis akan meningkatkan daya saing produk atau jasa Anda di pasaran. Karena produk atau jasa yang baik adalah produk yang dapat menjadi solusi dan menjawab masalah yang ada pada calon pelanggan Anda.

 

2.    Price (harga)

Tentukan harga produk atau jasa Anda sesuai dengan manfaat yang didapatkan oleh pelangan. Misal saat harga produk Anda naik, maka berikan kualitas dan pelayanan yang terbaik.

 

3.    Promosi 

Gunakan media promosi yang tepat untuk produk Anda sesuai dengan target calon pelanggan Anda. Misalnya pada bisnis online, yaitu dengan memaksimalkan berbagai platform media sosial yang dimiliki untuk mengomunikasikan produk atau bisnis Anda dan menyertakan link produk Anda yang dipasarkan melalui platform marketplace.

 

4.    Place (tempat)

Konsep tempat di sini adalah lokasi usaha Anda. Semakin mudah ditemukan tempat/ toko usaha Anda, maka semakin mudah pelanggan Anda untuk melakukan transaksi. Misal, dengan memberikan alamat toko Anda dengan lengkap dan mudah dicari, baik itu lokasi toko fisik (offline) ataupun alamat toko online (di marketplace). Semakin strategis dan mudah dicari, maka akan memudahkan pelanggan dalam membeli produk Anda.

 

5.    Proses 

Setiap usaha memiliki proses atau cara yang unik dalam melayani setiap pelangan. Untuk itu, berikan pengalaman yang menarik kepada pelanggan Anda dalam setiap proses.

Contoh pada usaha online adalah dengan mempermudah proses, atau bisa juga dengan memberikan hadiah pada saat proses transaksi pembelian. 

Anda juga dapat meminta pelanggan untuk memberikan komentar, feedback, rating dan review pada media sosial serta media online lainnya. 

Biasakan selalu merespon dengan cepat dan baik semua feedback yang diberikan. Sehingga pengalaman unik dari setiap proses, dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan engagement. Proses ini juga bisa dijadikan sebagai promosi usaha Anda.

 

6.    People (Orang)

Faktor kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada atau bekerja pada usaha, sangat menentukan maju atau mundurnya usaha Anda. Karena itu, berbagi perusahaan berlomba mencari kandidat karyawan terbaiknya untuk mendapatkan performance terbaik. Selain performance, faktor attitude, motivasi, loyalitas karyawan juga sangat diperhatikan dalam mendukung kinerja usaha Anda.

 

7.    Physical evidence (tampilan fisik)

Tampilan fisik tempat usaha Anda juga penting diperhatikan. Selain mempengaruhi image atau branding usaha Anda, tampilan toko atau tempat usaha juga bisa mempengaruhi mood calon pelanggan dalam menikmati produk Anda. 

Pada usaha online, tampilan fisik dapat diterapkan pada platform usaha online Anda, sesuai dengan konsep dan segmen pelanggan Anda. Contohnya adalah dengan merapikan layout, tema warna, komposisi konten media sosial atau web usaha Anda. 

Buatlah suasana media sosial atau web usaha Anda menarik serta nyaman bagi pelanggan, sehingga pelanggan dapat rutin kembali mengunjungi platform usaha Anda.

 

Kembangkan Media Sosial

Selain dengan menjalankan strategi marketing mix di atas, tentunya diperlukan berbagai cara lainnya untuk bisa mengembangkan bisnis online, khususnya pada media sosial bisnis Anda. Di antaranya sebagai berikut:

 

1.    Buat Konten yang menarik terkait bisnis Anda

Media sosial saat ini sangat bermanfaat dalam mendatangkan calon pembeli baru. Buat dan posting konten yang menarik (foto serta caption), yang hangat dan erat untuk calon pembeli Anda, sehingga tercipta engagement dengan produk yang Anda tawarkan.

 

2.    Masukkan konten review/ testimoni  dari pelanggan  atau influencer 

Dalam berpromosi produk media sosial, Anda bisa mengumpulkan dan menunjukkan hasil review positif dari pelanggan atau Influencer. Karena ada calon pelanggan yang menilai kepercayaan terhadap produk dari review para pelanggan yang telah membelinya lebih dahulu.  Review positif dapat menambah keyakinan calon pelanggan dalam bertransaksi.

 

3.    Update stok produk dan promo produk secara berkala

Pelanggan yang mengikuti media sosial (follower) bisnis Anda biasanya memperhatikan posting pada media sosial Anda. Gunakan hal ini untuk update stok dan promosi produk Anda secara berkala di platform di media sosial Anda. Sehingga Pelanggan dapat segera betransaksi jika ada produk yang sesuai dan masih tersedia.

 

4.    Cantumkan detail usaha atau produk Anda pada fitur media sosial 

Detail produk berupa katalog, pricelist, alamat marketplace, website, dan data lainnya bisa Anda tampilkan pada fitur keterangan dan album pada media sosial Anda. Cantumkan link atau tautannya ya.  

 

5.    Mulai pasang fitur iklan pada media sosial Anda

Jika Anda sudah ada budget marketing atau promosi, untuk menambah dan meningkatkan jangkauan promosi kepada calon pelanggan Anda, Anda bisa coba dengan memasang ads atau iklan pada media Anda. Misal Instagram Ads atau TikTok Ads. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan brand exposure, traffic ke website, juga untuk menarik calon pelanggan baru yang ada di platform media sosial Anda. Buatlah caption dan konten iklan berupa audio visual atau video yang menarik dalam beriklan 

Dengan mengenali beberapa tips dalam jualan online di atas, semoga usaha Anda bisa bertahan dan bertumbuh pada masa pandemi ini, meminimalisir bahkan mencegah kerugian yang akan terjadi pada usaha Anda di masa pandemi ini 

Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar dan praktisi Digital Marketing  dari Daya.id seputar masalah tips jualan online  ini.  

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun cerita sukses dari usaha lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi terkait usaha bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! Selamat berjuang dan bertumbuh!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS