Dirilis

09 Januari 2023

Penulis

Ari Handojo

Transformasi digital merupakan salah satu istilah yang saat ini terus-menerus digaungkan. Namun, untuk sebagian orang mungkin maknanya masih cukup ambigu.

Tentu transformasi digital ada hubungannya dengan peningkatan sistem digital, tetapi apa artinya itu bagi seseorang dari tim pemasaran atau marketing?

Transformasi digital sendiri terjadi ketika suatu perusahaan meninggalkan cara kuno atau proses manual dan beralih ke sistem komputer atau digital.

Saat ini definisi transformasi digital sendiri telah berkembang selama bertahun-tahun, tepat di samping teknologi itu sendiri.

Ketika teknologi terus berkembang, perusahaan semakin dituntut untuk mengikutinya melalui transformasi digital.

 

Transformasi Digital dalam Pemasaran


Transformasi digital sendiri merupakan salah satu bentuk dari transformasi bisnis. Karena cakupannya yang luas, transformasi digital tentu dapat direalisasikan di berbagai aspek bisnis Anda, salah satunya aspek pemasaran atau marketing.

Transformasi digital dalam pemasaran mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengubah cara bisnis beroperasi dari proses analog menjadi digital. 

Transformasi digital dalam pemasaran biasanya digunakan dalam konteks bisnis yang dapat memicu penciptaan model bisnis baru yang dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Lebih khusus lagi, ini berarti menyempurnakan saluran digital Anda untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam seputar pelanggan Anda.

Baca juga: Pentingnya Evaluasi Strategi Marketing atau Pemasaran

 

Tips Mengoptimalkan Transformasi Digital dalam Pemasaran Bisnis Anda

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan transformasi digital untuk proses pemasaran bisnis Anda.

 

1.    Sempurnakan Saluran Digital Anda


Langkah pertama dalam transformasi digital adalah menilai alat dan saluran (channel) pemasaran Anda saat ini. 

Perhatikan baik-baik website, media sosial, platform analitik, dan basis data pelanggan bisnis Anda. Apakah Anda bisa memanfaatkan platform ini lebih dengan lebih baik? Apakah ada pilihan yang lebih baik untuk kebutuhan Anda? 

Tinjauan menyeluruh terhadap alat dan saluran ini akan memastikan bahwa Anda siap untuk mendorong perusahaan Anda menuju kesuksesan.

 

2.    Mendobrak Silo

Silo adalah istilah untuk sebuah sistem yang memisahkan jenis-jenis karyawan yang berbeda, biasanya berdasarkan departemen tempat mereka bekerja. 

Dalam perusahaan, silo dapat menjadi masalah bagi bisnis kecil atau besar. Hal ini tentunya dapat menghambat tim untuk dapat berkolaborasi dengan optimal. Sehingga, Anda perlu memastikan semua sistem ini berkomunikasi satu sama lain dan bekerja sama. 

Saat alat digital Anda beroperasi secara tertutup, Anda akan kehilangan gambaran yang lebih besar. Masuk dan keluar dari lima akun berbeda untuk melacak customer journey bukanlah cara yang efisien atau berkelanjutan untuk beroperasi. 

Platform data pelanggan (CDP) dapat bertindak sebagai jaringan penghubung yang menggabungkan platform ini bersama-sama, sehingga dapat memberikan Anda pandangan holistik dari seluruh basis pelanggan Anda.

 

3.    Optimalkan Customer Journey

Pengoptimalisasian customer journey atau perjalanan pelanggan dapat membantu Anda  untuk meningkatkan dan mengubah strategi pemasaran menjadi lebih baik. 

Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi titik-titik lemah dan peluang untuk perbaikan kedepannya. Anda juga dapat memberikan pengalaman (experience) yang lebih dipersonalisasi dan relevan dalam sudut pandang pelanggan Anda.

Setelah mengetahui informasi seputar transformasi digital dalam dunia marketing dan langkah apa yang bisa Anda lakukan, ada baiknya jika Anda pun mulai merealisasikannya terhadap perusahaan Anda. 

Elemen-elemen yang mendorong Anda menuju keunggulan digital hari ini dapat menjadi penghalang dengan pengenalan teknologi baru besok. 

Bayangkan jika perusahaan yang mengalami transformasi digital pertama berhenti berkembang setelah mereka mencapai puncak keunggulan digital untuk tahun 90-an dan mereka puas. Perusahaan-perusahaan itu pasti akan gulung tikar hari ini.

Anda harus terus meningkatkan pemasaran Anda secara keseluruhan untuk mempertahankan kehadiran digital saat ini. 

Dengan mengikuti perkembangan tren pemasaran terbaru dan berani mencoba praktik baru, Anda akan menjaga brand Anda tetap terdepan di dunia digital selama beberapa tahun yang akan datang.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

58 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Dadan Rustandi

17 Juli 2023

Mantap

Balas

. 0

Devi Susanti

17 Juli 2023

Mantapp

Balas

. 0

Parti

03 Juli 2023

Menarik

Balas

. 0

Alfa Munawar

01 Juli 2023

Menarik

Balas

. 0

Muhammad reza

30 Juni 2023

Sangat bermanfaat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS