Dirilis

23 Oktober 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Biarkan pelanggan bercerita. Maka Anda sudah melakukan langkah promosi yang tepat di era “kekinian”. Serta, berikan cerita dengan berbagai versi agar cerita kedai kopi Anda tidak ada habisnya.

Bagaimana Anda memasarkan kedai kopi adalah amunisi yang dikeluarkan dalam membuat roda bisnis berputar. Amunisi yang tepat akan membawa pelanggan lebih banyak membuka pintu kedai kopi Anda. Di tengah persaingan kedai kopi yang makin meningkat, Anda perlu mengecek lagi dan mencari tahu promosi seperti apa yang cocok untuk menggaet pelanggan. Kami bantu

Anda dengan beberapa tips di bawah ini.

Buka Semua Kanal Komunikasi
Jangan terpaku pada satu sarana informasi. Di era digital ini, Anda akan lebih terbantu dengan begitu banyaknya kanal informasi promosi yang hemat bujet. Manfaatkan seluruh media sosial dan buatlah website. Website berbujet rendah dengan desain yang menarik sudah semakin banyak di dunia internet, pilihlah yang sesuai dengan jenis usaha Anda. Namun, semakin banyak kanal informasi berarti harus selalu update informasi terkini mengenai bisnis kedai kopi Anda. Agar kedai kopi Anda semakin diperhitungkan.

Cerita Visual
Sesudah membuka semua kanal informasi, kini Anda perlu mempersiapkan konten. Seorang ahli marketing pernah mengatakan, “Yang perlu Anda sebarluaskan adalah cerita bukan produk Anda.” Jadi, buatlah rencana konten yang akan Anda unggah di website atau media sosial. Keuntungan bisnis kopi adalah visual. Anda memiliki banyak celah dan materi visual yang lebih banyak daripada bisnis sembako. Banyak orang mencari referensi kopi dari internet atau media sosial. Daya tarik visual di awal adalah “pemancing” para calon pelanggan untuk mencari tahu tentang kedai kopi milik Anda. Visual dengan cerita yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya, Anda bisa mengunggah foto salah satu hidangan kopi dengan kutipan tentang kopi di hari Senin untuk membangkitkan semangat. Atau, tips mengenali apakah barista menyajikan kopi dengan benar atau tidak. Anda juga bisa menyajikan konten aktivitas pelanggan di kedai kopi. Selain konten yang menarik, salah satu penarik utama pelanggan ke kedai kopi Anda adalah promo menarik. Berikan potongan harga, buy one get one, atau promo lainnya yang mengajak pelanggan datang ke tempat Anda.

Sebarkan Cerita
Percayalah, promo dari mulut ke mulut masih menjadi acuan nomor satu ketika memilih suatu produk. Lakukan perluasan konten dengan mengikutkan para netizen atau pelanggan. Akan menjadi hal yang sangat baik apabila pelanggan mengunggah foto-fotonya yang sedang menikmati kopi di tempat Anda ke Instagram, Facebook, atau Twitter. Itu adalah promosi gratis  ke ribuan teman mereka di media sosial. Anda bisa memancing mereka untuk mengunggah foto tersebut dengan reward berupa potongan harga atau hidangan penutup. Namun sekali lagi, pastikan harga makanan yang dijual bisa menutupi harga hidangan penutup gratis yang Anda berikan. Cara lain untuk melibatkan pelanggan menyebarkan cerita bisnis Anda adalah membuat kuis. Semua orang menyenangi hal gratis. Anda bisa memberikan voucher dua kopi gratis untuk unggahan terbaik di media sosial dengan menyebutkan nama kedai kopi Anda.

Buat Skenario Awal
Cara lain memasarkan kedai kopi adalah menciptakan suasana. Coba ajak teman-teman Anda untuk sekadar duduk-duduk di samping jendela dengan secangkir kopi. Orang yang lalu lalang di depan kedai kopi akan mendapat kesan, bahwa kedai Anda adalah tempat yang nyaman dan memiliki pilihan kopi yang nikmat. Namun, kopi gratis untuk teman-teman Anda hanya di awal-awal pembukaan saja agar biaya promosi tidak membengkak.

Sentuhan Personal
Promosi bukan sekadar menjaring pelanggan baru ke tempat Anda, tapi mempertahankan juga pelanggan yang pernah datang. Istimewanya sebuah kedai kopi adalah suasana hangat dan santai yang jauh berbeda dari restoran. Sapaan formalitas tidak berlaku di kedai kopi. Sapaan hangat kepada setiap pelanggan akan membuat kedai kopi Anda terasa istimewa bagi mereka. Setiap pelanggan yang datang akan senang apabila Anda mengingat namanya atau pesanan favoritnya. Jadi, pastikan Anda atau staf selalu tersenyum dan ramah dalam melayani pelanggan. Bila konsisten mempertahankan situasi ini, kedai kopi Anda akan mendapat rekomendasi manis dari pelanggan setia. Bahkan akan terus menerus datang ke tempat Anda.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS