Dirilis

03 November 2023

Penulis

Madyaning Sekar Nuricha Pramesti (Mahasiswa SB-IPB)

Bisnis rumahan seringkali ramai di awal lalu lama-lama menghilang. Salah satu penyebabnya adalah kesulitan untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan. Padahal, adanya pelanggan mampu mendorong keberlanjutan sebuah bisnis. Pelanggan bisa menjadi pendapatan yang pasti dan pelanggan dapat menjadi media promosi tak terlihat dengan cara merekomendasikan bisnis kita ke kepada kerabat atau kenalannya.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan sebagai pelaku usaha rumahan?

Untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan, kita dapat menerapkan pendekatan marketing mix atau bauran pemasaran 4C (Co-creation, Currency, Conversation, Communal Activities). Bauran pemasaran 4C merupakan pendekatan yang menitikberatkan fokusnya pada perspektif pelanggan. 

Penasaran apa itu pendekatan 4C dan bagaimana cara menerapkannya untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan? Simak pembahasannya di bawah ini.

 

Bauran Pemasaran 4C

Bauran Pemasaran 4C terdiri dari Co-creation, Currency, Conversation, Communal Activities. Seperti apa penjelasan setiap bagian dari pendekatan 4C ? Berikut penjelasannya.

 

1.    Co-creation

Produk yang diluncurkan dalam proses pembuatannya melibatkan konsumen. Konsumen dilibatkan mulai dari ide hingga eksekusi pengembangan produk, sehingga produk yang ditawarkan pas sesuai kebutuhan konsumen. Selain itu, co-creation berarti melibatkan konsumen memilih barang sesuai kebutuhan dan keinginan, seolah-olah produk yang dibuat dapat dikustomisasi dan menjadi hanya untuk mereka.

 

2.    Currency

Currency atau dapat diartikan sebagai harga dari suatu produk. Harga produk pada pendekatan ini menjadi sesuatu yang dinamis. Harga dapat menjadi fleksibel, kesepakatan antara penjual dan pembeli pada produk dapat berbeda-beda. Harga yang disepakati akan berbeda tergantung permintaan pembeli ada yang dikurangi atau ditambahi.

 

3.    Conversation

Promosi yang dilakukan bukan lagi sekedar mempromosikan produk tetapi melibatkan konsumen untuk memberikan feedback-nya. Ada komunikasi dua arah antara konsumen dengan penjual seperti melalui komen, pemberian rating dan evaluasi di sosial media atau marketplace official.

 

4.    Communal Activities

Penjual tidak hanya menyediakan akses bagi konsumen untuk melihat dan membeli produk tetapi membangun kemudahan akses melalui jalur siapapun untuk konsumen dapat mengakses produk. Misalnya adanya pihak ketiga atau bisnis dapat membangun komunitas atau fanbase produk yang dijual. 

 

Penerapan Bauran Pemasaran 4C untuk Mengubah Pembeli menjadi Pelanggan di Usaha Rumahan

Berikut adalah penjelasan singkat bagaimana menerapkan bauran 4C untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan: 

 

1.    Kenali dan pahami apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan calon pelanggan Anda

Lakukanlah pengamatan mendalam dan interaksi sesering mungkin dengan calon pelanggan, untuk mengetahui keinginan dan masalahnya yang nantinya akan dipenuhi oleh produk yang Anda buat. 

Cobalah untuk membuat data sederhana tentang siapa mereka, riwayat pembelian, dan preferensi mereka. Hal tersebut dapat memberikan kesan calon pelanggan Anda merasa dihargai. 

Data tersebut juga dapat menjadi preferensi untuk mengembangkan produk sehingga apa yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik. Kualitas yang baik dan terjaga akan mendorong pembeli kembali dan menjadi pelanggan serta merekomendasikan bisnis Anda kepada kenalannya.

Baca juga: AIDA, Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

 

2.    Tetapkan harga yang dapat membuat pembeli merasa biaya yang dikeluarkan layak untuk produk Anda

Para pembeli akan membandingkan harga produk Anda dengan yang lain. Maka untuk bisa menarik pembeli tersebut menjadi pelanggan, harga produk yang ditawarkan worth it atau layak untuk dibeli bahkan usahakan agar nilai yang diperoleh calon pelanggan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Salah satu caranya adalah menghadirkan produk dengan kualitas yang terbaik dan kuantitas yang pantas. 

Selain itu, agar pembeli menjadi pelanggan dapat juga diberikan program loyalitas dan insentif. Meskipun harga yang kita berikan berbeda tipis dengan yang lain tetapi jika ada tambahan bonus, pembeli akan memilih produk Anda. Menghadirkan program loyalitas, diskon, atau hadiah dapat mendorong pelanggan berbelanja kembali dan dapat menarik mereka untuk  lebih setia.


 

3.    Pastikan bahwa pembeli dapat dengan mudah dan nyaman memberikan feedback terhadap produk Anda

Setiap kali ada pembeli Anda dapat memberikan akses bagi mereka untuk memberikan feedback-nya secara langsung dan digital. Misalkan menyampaikan testimoni, rating dan sarannya melalui sosial media resmi. Hal tersebut dapat menjadi perbaikan bagi Anda sekaligus promosi secara tidak langsung untuk calon pembeli baru.

Fokuslah untuk memberikan pengalaman memuaskan bagi pembeli dengan memberikan pelayanan yang ramah dan cepat tanggap membalas apa yang ditanyakan melalui chat bahkan secara langsung. Pelayanan yang baik dapat membuat calon pelanggan merasa dihargai.

 

4.    Ciptakan Komunikasi Teratur dengan calon pelanggan

Menjaga hubungan yang baik dengan calon pelanggan merupakan kunci agar usaha yang Anda miliki dapat bertahan lama. Terus menjaga hubungan dengan mengirimkan pesan terima kasih setelah membeli, mengucapkan selamat di hari-hari besar dan juga mengucapkan ulang tahun. Anda juga dapat menerapkan personalisasi layanan, mengenal pelanggan secara pribadi. Misalnya, mengirimkan penawaran sesuai dengan riwayat pembelian mereka atau memberikan diskon ulang tahun. 

Dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran 4C ini, usaha yang Anda jalankan lebih berfokus pada sudut pandang pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih memuaskan bagi calon pelanggan Anda. 

Saat calon pelanggan merasa bahwa usaha Anda memahami dan memenuhi kebutuhan mereka, pelayanan yang ramah dan kemudahan akses maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk menjadi pelanggan setia. Hal Ini akan membantu Anda mengubah pembeli menjadi pelanggan dan sekaligus membangun hubungan yang kuat dengan mereka dalam jangka panjang. 

Untuk tips lainnya, bisa Anda simak melalui daya.id. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar bisnis dan kewirausahaan, bisa akses ke fitur tanya ahli. Jangan lupa daftarkan diri Anda di website daya.id untuk dapat mengakses informasi lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

rizky putri kartika

02 December 2023

Tips yang sangat bermanfaat

Balas

. 0

rizky putri kartika

02 December 2023

Tips yang sangat bermanfaat

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

05 November 2023

Keren

Balas

. 0

Hendratno

04 November 2023

Keren infonya

Balas

. 0

Fando hari susetyo

04 November 2023

???

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS