Dirilis

30 Januari 2022

Penulis

Peni hidayah

Kata Andi Nugroho, perencana keuangan, kebebasan finansial atau keuangan adalah kondisi dimana cash flow kita dalam keadaan yang baik. Maksudnya pendapatan bisa menutupi seluruh pengeluaran. Jadi sebesar apapun penghasilan Anda, jika pengeluaran Anda juga besar atau bahkan melebihi penghasilan, maka Anda belum merdeka secara keuangan.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Keuangan Tetap Sehat di Kala Pandemi

Lalu pertanyaannya adalah, apakah Anda sudah merdeka finansial?
Kondisi seperti apa untuk seseorang bisa dikatakan merdeka finansial? 

Secara umum, orang bisa dibilang merdeka secara finansial bila memiliki 6 hal berikut ini:

 

1.    Cash Flow tidak bermasalah

 

Gampangnya adalah penghasilan yang Anda miliki lebih besar dari pengeluaranmu. Kalau Anda memiliki pekerjaan dan menghasilkan pendapatan yang bisa membayar biaya sehari-hari, menjadi salah satu tanda merdeka finansial. Setidaknya sudah siap untuk membayarkan kebutuhan hidup Anda.

 

2.    Aset lebih besar dibanding utang

Rumah, tabungan, kendaraan, dan investasi adalah aset yang Anda miliki. Coba dihitung berapa nilainya?

Habis itu bandingkan dengan dengan seluruh utang Anda misalnya KPR rumah, cicilan kendaraan, kartu kredit, utang KTA, utang dengan keluarga dan sebagainya.

Sama seperti cash flow yang baik, seseorang dikatakan merdeka finansial apabila hasilnya positif, dimana total nilai aset lebih besar dari total nilai utang Anda.

 

3.    Hidup tidak konsumtif

Bersenang-senang boleh, tapi kalau orang yang hidupnya sudah merdeka secara finansial hidupnya tidak konsumtif. Kenapa? Karena mereka lebih memilih menggunakan hartanya untuk ditabung atau berinvestasi.

 

4.    Hidup sudah ter-cover asuransi jiwa dan kesehatan


Maksudnya kamu sudah memiliki proteksi diri, khususnya untuk kesehatan. Masa depan itu kan belum pasti, jadi tidak ada salahnya kalau kita berjaga-jaga kalau tiba-tiba terjadi sesuatu.

Di sisi lain asuransi jiwa bisa melindungi kelurga Anda dari kemungkinan buruk yang terjadi. Anda punya kendaraan? Asuransikan saja, jadi ketika kendaraan rusak Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Itulah kenapa alasannya dalam hidup Anda perlu yang namanya perlindungan asuransi.

 

5.    Siap dengan Dana Darurat

Selain memiliki asuransi, Anda juga perlu menyiapkan dana darurat. Secara ideal, besarnya dana darurat yang Anda siapkan sekitar 3x – 6x gaji bulanan Anda. Jika dana darurat sudah terkumpul atau tersedia, maka tandanya Anda sudah merdeka secara finansial.

 

6.    Sudah Terjaminnya Dana Pendidikan Anak

Jika Anda memiliki anak, pendidikan merupakan hal penting. Semua orang tua tentu ingin anaknya lebih sukses dari mereka. Kini dan beberapa tahun ke depan biaya pendidikan semakin meningkat hampir dikatakan cukup tinggi. Sudah mempersiapkan dana pendidikan anak melalui asuransi? Tandanya Anda sudah merdeka secara finansial.

Itulah 6 (enam) tanda seseorang dikatakan merdeka secara finansial. Sudahkah Anda memiliki semua tandanya? Atau justru masih berjuang untuk mencapainya? Meskipun sulit jika Anda konsisten berusaha, Anda pasti bisa mencapainya. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan terkait finansial, silakan berdiskusi dengan ahli perencana keuangan di website daya.id.

Untuk mendapatkan informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id Anda bisa mendapatkan semua informasi usaha dan keuangan yang bisa diakses secara gratis dan sangat mudah. Jadi, segera kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS