Dirilis

24 Januari 2022

Penulis

Tasya Aprilia Djuandita

Pandemi di Indonesia berpengaruh besar kepada penghasilan banyak orang. Mulai dari usaha yang sepi karena penurunan jumlah pengunjung, usaha yang benar-benar ditutup sehingga banyak pegawainya yang diberhentikan, ada juga karyawan yang di-PHK di tempat kerjanya.

Melihat hal tersebut, Anda harus lekas beradaptasi dengan keadaan. Anda harus bisa bertahan hidup selama pandemi COVID-19, yang tidak pasti kapan akan kembali seperti normal seutuhnya. 

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui tips menjaga keuangan Anda tetap sehat. Apa saja yang harus dilakukan? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

 

Lakukan 6 Tips Di Bawah Ini Agar Keuangan Anda Tetap Sehat di Kala Pandemi

Beradaptasi merupakan salah satu aksi bertahan hidup dari keadaan pandemi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Berikut 6 tips keuangan sehat agar Anda bisa bertahan hidup selama pandemi.

 

1.    Buat Anggaran Keuangan Selama Pandemi

Jika Anda selalu membuat anggaran keuangan setiap bulannya baik sebelum dan sesudah adanya pandemi, itu hal yang bagus untuk Anda. Jika Anda belum pernah membuat anggaran keuangan, mulailah dari sekarang. 

Membuat anggaran keuangan setiap bulan bertujuan untuk memantau besaran pemasukan dan pengeluaran Anda. Selain itu, anggaran juga dapat membantu Anda menentukan prioritas lebih penting mana yang akan dimasukan ke dalam anggaran. 

Terdapat berbagai metode cara mengalokasikan uang saat membuat anggaran, salah satunya dengan menggunakan metode 50 – 30 – 20, 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan lain seperti budget hiburan, dan 20% untuk menabung atau berinvestasi.

 

2.    Hindari Berutang

Utang merupakan salah satu masalah ekonomi yang selalu hadir dari setiap kondisi keuangan kebanyakan orang. Kini marak tawaran pinjaman dari pinjaman online yang bunganya sangat tinggi.  Selama pandemi, Anda harus sebisa mungkin menghindari hal tersebut, agar tidak terbelit utang dengan bunga yang tinggi.

Baca juga: Manajemen Utang di Situasi Darurat yang Perlu Anda Pahami

 

3.    Cari Penghasilan Tambahan


Beruntunglah di masa pandemi ini kita sedang berada pada era digital. Banyak sekali peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih dengan memanfaatkan media digital. Apalagi, kebijakan selama pandemi yang menyarankan kita di rumah saja dan menjaga jarak dengan orang lain. 

Anda bisa mencoba berjualan online dan bisa juga memulai sebagai reseller sebagai sumber penghasilan tambahan Anda. Jika Anda memiliki banyak skill seperti graphics design skill, programming skill, copywriting skill, dan lain-lain, Anda bisa mencari klien dan berkerja freelance sesuai dengan skill yang Anda miliki.

 

4.    Menabung dan Berinvestasi 

Ini hal yang tidak boleh dilewatkan! Meskipun jika keuangan Anda sedang pas-pasan, sisihkanlah uang untuk menabung dan berinvestasi. Hal tersebut bertujuan sebagai dana darurat yang mungkin Anda butuhkan suatu saat nanti. Anda bisa membuat beberapa macam tabungan dan memilih beberapa instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Baca juga: Jenis-jenis Investasi Modal Kecil untuk Masa Depan

 

5.    Siapkan Dana Darurat


Keuangan akan tetap sehat jika Anda memiliki dana darurat yang tersimpan dengan baik. Di masa pandemi yang penuh dengan ketidakpastian ini mengharuskan Anda bersiaga jika ada sesuatu terjadi. Seperti Anda terserang COVID-19 dan perlu dirawat di rumah sakit, atau perlu isolasi mandiri di rumah yang memerlukan vitamin dan obat-obatan yang ekstra. Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi 1 menit ke depan, siapkanlah dana darurat setidaknya 5% dari penghasilan Anda. 

 

6.    Beli Asuransi Kesehatan

Penyebaran COVID-19 menjadikan ancaman bagi kesehatan kita selama pandemi ini. Imun kita harus tetap terjaga dengan baik demi menghindari terserangnya virus tersebut. Jika kita sudah terserang dan efek yang dirasakan dalam tubuh terasa parah, kita perlu ke rumah sakit dan tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit hingga keadaan pulih.

Untuk mengantisipasi biaya rumah sakit yang tinggi, Anda bisa membeli asuransi kesehatan. Anda bisa memilih asuransi yang memiliki fasilitas rawat inap, jika mungkin kondisi buruk akan terjadi yang mengharuskan Anda diisolasi di rumah sakit.

Itu dia 6 tips menjaga keuangan agar tetap sehat di kala pandemi. Kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir begitu pula dengan kebijakan selama pandemi. Jika Anda belum memulai seluruh tips yang sudah dijelaskan di atas, mulailah dari sekarang dan cicil satu persatu, agar keuangan Anda tetap sehat di kala pandemi.

Baca juga: Strategi Bisnis Kuliner Agar Tetap Bertahan di Tengah Pandemi

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan, Anda bisa bertanya kepada perencana keuangan di Tanya Ahli. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS