Dirilis

20 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Tas menjadi salah satu produk yang sangat digandrungi, terutama bagi kaum wanita. Bagi kaum wanita tas telah menjadi aksesoris yang akan dibawa bepergian ke berbagai acar, mulai dari rapat, menghadiri pesta atau hanya sekedar belanja saja. Kondisi seperti ini kemudian membuka peluang untuk membuka usaha dengan memproduksi tas handmade. Usaha satu ini cukup menguntungkan asalkan tahu tips memulainya. Lantas, apa sajakah tips-tips tersebut? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Ini Dia 4 Tips Memulai Usaha Tas Handmade untuk Pemula 

Tas handmade begitu digemari karena memiliki model yang unik dan lucu. Selain itu, jenisnya cukup banyak sehingga terdapat banyak pilihan. Jika Anda ingin memulai membuka usaha ini, simak beberapa tips dibawah ini.

1. Siapkan Modal dan Pilihlah Bahan yang Berkualitas 


usaha tas handmade

Modal adalah hal yang harus Anda siapkan saat akan memulai usaha tas handmade. Berikut gambaran modal yang bisa Anda persiapkan jika ingin menjalankan usaha ini:
Biaya sewa tempat                                                 Rp10.000.000
Gaji karyawan                                                        Rp     900.000
Biaya transportasi                                                   Rp     250.000
Beli Bahan Baku (kain dan lainnya)                            Rp   6.200.000
Beli mesin jahit                                                      Rp   4.000.000
Beli peralatan jahit (gunting, peniti, jarum dll)             Rp      700.000 
Total                                                                    Rp 22.050.000
Jadi modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sebesar     Rp 22.050.000.

Selain modal, bahan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan jika ingin menjalankan usaha ini. Perlu diketahui bahwasanya banyak orang menyukai tas handmade dikarenakan bahan yang digunakan. Dimana bahan yang digunakan sangat berkualitas sehingga produk yang dihasilkan sangat unik dan pastinya juga awet.
Ada banyak pilihan bahan yang digunakan, antara lain kain kanvas, kain perca, kain atau bahan denim, benang rajut dan kain beludru. Anda bisa memilih bahan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dalam membuat tas ini. Selain itu, Anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan-bahan tersebut. Jika Anda sudah menentukan jenis tas handmade yang diproduksi maka akan menjadi lebih mudah dalam menentukan jenis kain yang digunakan. Pastikan kain yang dipilih memiliki kualitas yang sangat baik.

2. Buatlah Desain Tas yang Menarik


Setelah menentukan bahan yang digunakan, selanjutnya Anda harus membuat desain tas yang menarik. Pada umumnya, ada beberapa jenis tas handmade yang biasanya dibuat seperti tote bag, hand bag, sling bag dan juga tas punggung. Buatlah jenis tas sesuai dengan kemampuan Anda supaya hasilnya bagus dan berkualitas. Namun, jangan lupa untuk terus mengasah skill yang dimiliki supaya jenis tas handmade yang dibuat semakin bervariasi.
Salah satu kunci keberhasilan menjalankan usaha ini terletak pada desain. Dimana Anda diharuskan untuk membuat desain yang unik dan juga menarik supaya mendapatkan perhatian dari publik untuk membelinya. Anda bisa menambahkan gambar atau tulisan di tas handmade yang dibuat agar tampilannya lebih estetik, 

3. Tentukan Harga yang Tepat dan Masuk Akal 


menentukan harga jual tas handmade

Tips memulai usaha tas handmade selanjutnya yaitu Anda harus menentukan harga yang tepat dan masuk akal. Dalam menentukan harga tidak boleh sembarangan karena harus disesuaikan dengan bahan yang digunakan, kualitas maupun tingkat kerumitan saat membuatnya. 
Tidak hanya itu saja, dalam menentukan harga Anda juga harus memperhitungkan besaran biaya yang dihabiskan dalam membuat tas tersebut. Jangan memberikan harga terlalu mahal dari harga pasaran dan jangan memberikan harga terlalu murah yang berpotensi bisa membuat Anda mengalami kerugian. Amati kondisi pasar dan pesaing dalam menentukan harga jual yang tepat.

4. Memanfaatkan Keberadaan Teknologi untuk Penjualan dan Pemasaran Produk


Pengguna media sosial dan marketplace sudah sangat banyak sehingga perlu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan keuntungan. Untuk tempat menjual produk, Anda bisa membuat toko online di berbagai marketplace seperti shopee, tokopedia, atau membuat website sendiri untuk memasarkan tas handmade. 

Sementara itu, untuk iklan Anda bisa memanfaatkan media sosial. Platform seperti Facebook dan Instagram adalah tempat untuk memasang iklan (ads) yang sangat efektif untuk menarik pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli untuk membeli tas Anda. 
Itulah berbagai tips memulai usaha tas handmade yang bisa Anda coba. Pada dasarnya usaha ini memiliki prospek yang cerah untuk dijalankan. Hanya saja, memang dibutuhkan persiapan dan cara usaha yang tepat agar usaha berjalan lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer dari Daya.id seputar bagaimana cara menjalankan usaha tas handmade yang tepat.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS