Dirilis

28 Januari 2023

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Kasus kejahatan kartu ATM di Indonesia memang cukup sering terjadi. Salah satunya kejahatan skimming atau pembobolan dana nasabah dengan pencurian dan penggandaan kartu ATM atau debit.

Hal ini tentunya membuat takut atau trauma masyarakat yang ingin menggunakan ATM. Padahal kejahatan-kejahatan seperti itu bisa saja kita hindari dengan menggunakan mesin ATM secara lebih waspada.

Lantas, bagaimana cara aman ambil uang di ATM? Yuk, simak terus artikel ini!

 

Tak Perlu Takut, Ini Cara Aman Ambil Uang di ATM

Kabar baiknya, dengan perkembangan teknologi yang lebih canggih, saat ini sudah banyak bank yang memiliki mesin ATM dengan sistem keamanan yang canggih.

Pelaku kejahatan tidak akan bisa membobol rekening Anda hanya dengan nomor rekening atau kartu ATM Anda, karena setiap transaksi tetap harus membutuhkan PIN dari kartu ATM tersebut.

Namun, ada baiknya jika Anda tetap berjaga-jaga dalam menggunakan mesin ATM, karena kita pasti tidak pernah tahu kejahatan apa yang akan terjadi nantinya.

Untuk itu, agar kartu ATM Anda tetap aman, Anda bisa lakukan tips berikut ketika ambil uang di mesin ATM.

 

1.    Pilih Lokasi Mesin ATM yang Aman

Sebelum menggunakan mesin ATM yang ada, pastikan dulu lokasinya aman. Rata-rata Tindakan kejahatan biasanya terjadi di tempat sepi. Untuk itu, Anda bisa menghindari mesin ATM yang tampaknya sepi.

Gunakan mesin ATM dengan kondisi lingkungan yang ramai, misalnya mall, supermarket, dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan ATM yang biasanya terdapat di kantor cabang.

Pastikan juga lokasi mesin ATM yang akan Anda gunakan dekat dengan pengawasan petugas keamanan ya. Hal ini akan memudahkan Anda jika ada kendala dengan mesin ATM, sehingga Anda bisa langsung lapor ke petugas keamanan yang terpercaya.

 

2.    Cek Keamanan Mesin ATM

Setelah lokasi mesin ATM dianggap cukup aman, Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap mesin ATM yang akan Anda gunakan. Apalagi jika Anda baru menggunakan mesin ATM tersebut di lokasi yang baru.

Kejahatan skimming biasanya akan memasang sejumlah alat pada mesin ATM, misalnya kamera mikro di dekat tombol angka, atau tambalan untuk mengganjal lubang keluarnya uang atau kartu.

Anda bisa pastikan terlebih dahulu, apakah ada keanehan pada mesin ATM, terutama pada sekitar tombol angka, adakah tambalan di lubang keluarnya uang, dan ganjalan semacam lidi atau tusuk gigi di tempat keluarnya kartu dengan cara meraba atau melihatnya.

 

3.    Jaga Keamanan PIN Kartu ATM Anda

Ketika Anda memasukan kartu ke mesin ATM, tentu Anda harus memasukan PIN yang benar pada tahap awal. Jangan sampai salah ya, jika terjadi kesalahan dalam memasukan PIN sebanyak tiga kali, bisa-bisa kartu ATM Anda malah terblokir. Jika hal ini terjadi, segera hubungi call center dari bank yang Anda gunakan.

Anda juga harus berhati-hati saat menekan angka untuk memasukan PIN. Anda bisa mendekatkan tubuh Anda ke mesin ATM, atau menutupi tombol angka dengan tangan Anda. Hal ini akan memberikan perlindungan ekstra agar PIN Anda tidak diketahui oleh orang di belakang Anda, atau bahkan kamera tersembunyi.

Akan lebih baik jika Anda selalu mengganti PIN ATM Anda secara berkala, hindari juga penggunaan kombinasi PIN yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nomor telepon Anda.

 

4.    Jangan Terburu-Buru Tinggalkan Mesin ATM

Setelah Anda melakukan pengambilan uang atau transaksi lainnya, segera ambil kartu ATM dan bukti transaksinya. Jangan sampai Anda malah kelupaan dan hanya mengambil uang yang keluar dan lupa mengambil kembali kartu Anda.

Jika sampai lupa mengambil kartu ATM, hal ini dapat disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

 

5.    Minimalisir Penarikan Uang Menggunakan Kartu

Seiring perkembangnya zaman, sudah banyak alternatif lain yang lebih aman untuk melakukan penarikan tunai. Misalnya penarikan tunai tanpa kartu, atau melakukan transaksi dengan mobile banking menggunakan fitur cashless transaction. 

Cara-cara seperti ini akan meminimalisir penggunaan kartu, sehingga kartu ATM Anda akan aman tanpa harus mengeluarkannya.

 

6.    Cek Saldo Secara Berkala


Terakhir Anda bisa lakukan pengecekan saldo secara berkala. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah ada transaksi aneh yang tidak Anda lakukan. Jika Anda menemukan transaksi tersebut, Anda bisa langsung mengurus pemblokiran dengan menelepon call center

Jika Anda menggunakan kartu kredit, pastikan juga bahwa tagihan kartu kredit sesuai dengan transaksi yang seharusnya.

Itulah enam tips cara ambil uang di ATM yang aman agar dapat terhindar dari tindakan kejahatan pada mesin ATM.

Intinya, dalam kondisi apapun, Anda harus tetap bersikap was-was dan berhati-hati ketika menggunakan mesin ATM agar tetap aman.

Penggunaan mesin ATM sendiri memberikan banyak kemudahan bagi para nasabah bank, dengan selalu berhati-hati, Anda tidak perlu takut lagi untuk mengambil uang atau melakukan transaksi lainnya menggunakan mesin ATM.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Tabungan Anak

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

19 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

JUWENAH

01 Desember 2023

Sering banget sih ngantri di ATM, jadi harus buru2 supaya gak terlalu lama antriannya

Balas

. 0

natasya anindita

27 November 2023

Ternyata ada caranya, Terimakasih infonya

Balas

. 0

natasya anindita

27 November 2023

Ternyata ada caranya, Terimakasih infonya

Balas

. 0

Sonny Hisar Hamonangan Sitompul

20 September 2023

👍

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

12 Juli 2023

Keren info nya 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS