Dirilis

21 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Ketika melakukan transaksi transfer antar bank pasti nasabah akan dipungut biaya administrasi dengan nominal tertentu. Besarnya biaya transfer antar bank memang tidak sama tergantung bank serta jaringannya. Sebagai contoh transfer antar bank yang masih dalam satu jaringan biasanya akan lebih murah seperti pada bank-bank BUMN misalnya.

Meskipun saldo akan terpotong untuk membayar biaya administrasinya namun layanan transfer antar bank saat ini menjadi primadona. Dalam kehidupan masyarakat urban yang selalu sibuk dan serba cepat layanan transfer antar bank sangat dibutuhkan. Bukan sekedar untuk mengirimkan uang kepada orang tua saja, transfer juga dilakukan agar lebih mudah membayar tagihan.

Pengertian Transfer Antar Bank

biaya transfer antar bank
Transfer antar bank yaitu sebuah aktivitas jasa perbankan dimana dana dengan nominal tertentu dipindahkan dari pemilik rekening kepada orang lain. Pemindahan dana tersebut berdasarkan perintah atau amanat dari pemilik rekening yang ditujukan untuk memberi keuntungan kepada orang yang ditunjuknya. 

Transfer antar bank bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu lewat teller, mesin ATM, SMS banking dan juga mobile banking. Dalam transaksi jual beli online metode pembayaran yang dilakukan juga melalui mekanisme transfer antar bank. Selain mudah, pembayaran dengan transfer dianggap lebih aman.

Jenis dan Rincian Biaya Transfer Antar Bank

pengertian biaya transfer antar bank
Dalam dunia perbankan terdapat 3 jenis transfer antar bank yang memiliki pengertian berbeda. Jenis layanan transfer dan biaya yang berlaku secara umum di bank yaitu :

1. Kliring

Kliring adalah transfer antar bank yang biasanya dilakukan untuk pemindahan dana dalam jumlah yang cukup besar dengan nominal maksimal Rp500 juta per hari. Sebelum proses pemindahan tersebut dilakukan pihak bank akan melakukan pengecekan dulu apakah ada nominal dana tersedia atau tidak. 
Misalnya Anda melakukan transfer dari bank A kepada seseorang dengan rekening dari bank B maka sebelumnya bank A akan mengecek dulu apakah ada dana sesuai nominal transfer untuk dipindahkan ke bank B atau tidak. Untuk biaya transfer pada sistem kliring umumnya adalah sebesar Rp2.900 hingga Rp5.000. 

2. RTGS

Sistem transfer RTGS atau Real Time Gross Settlement beda dengan sistem kliring. Kalau pada sistem kliring proses transfer akan memakan waktu 2-3 hari tidak begitu dengan RTGS yang hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Penerima sudah bisa menerima dana pada hari yang sama dengan pengiriman uang.
RTGS dilakukan melalui teller bank dan digunakan untuk mengirim dana dalam jumlah cukup besar. Sama seperti kliring, RTGS dilakukan untuk memindahkan dana dengan nominal lebih dari Rp100 juta. Biaya untuk transfer antar bank RTGS sebesar Rp25 ribu hingga Rp50 ribu. 

3. Transfer Online

Inilah jenis transfer antar bank yang paling umum dilakukan oleh masyarakat. Maraknya belanja online di masa pandemi semakin meningkatkan transaksi dengan menggunakan layanan transfer. Transfer online tidak harus dilakukan lewat teller dan jauh lebih mudah. Transfer online dilakukan untuk memindahkan dana yang tidak terlalu besar minimal Rp. 10 ribu. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan transfer online ini yaitu lewat mesin ATM, internet banking, SMS banking ataupun mobile banking. Transfer online  bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Biayanya juga cukup murah hanya sekitar Rp6.500 hingga Rp7.500 saja.
Itulah beberapa rincian biaya transfer antar bank. Kemajuan zaman dan era digital membuat meningkatnya pengguna layanan transfer antar bank. Meskipun ada biaya transfer antar bank yang harus ditanggung nasabah namun hal tersebut tidak menjadi masalah demi kemudahan dan keamanan transaksi. 

Anda bisa mencoba produk tabungan Jenius dari Daya.id untuk menikmati kemudahan dalam transaksi keuangan. Dengan Jenius, Anda bisa menggunakan 1 akun, untuk berbagai kebutuhan keuangan dengan mudah dan cepat. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS