Dirilis

23 Desember 2022

Penulis

Ahmad Husnil Fikri

Inovasi teknologi yang semakin canggih membuat sebagian besar pekerjaan kita semakin mudah. Termasuk di antaranya saat akan transfer uang, semuanya sudah bisa dilakukan lewat smartphone. Internet banking dan mobile banking menjadi layanan-layanan yang sering digunakan masyarakat. 

Meski sama-sama mengandalkan koneksi internet, ternyata ada perbedaan internet banking dan mobile banking yang sebaiknya Anda perhatikan. Apa saja poin-poin tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

 

Apa yang bikin internet banking dan mobile banking berbeda?


Terdapat tiga perbedaan utama antara internet banking dan mobile banking, antara lain:
 

1.    Pendaftaran atau registrasi

Perbedaan internet banking dan mobile banking yang kesatu terletak pada pendaftaran atau registrasi. Anda yang memilih mobile banking bisa melakukannya melalui aplikasi yang disediakan lembaga perbankan. Kemudian selepas mengunduh aplikasi, Anda diharuskan mengirim SMS berdasarkan format yang telah ditentukan pihak bank tempat Anda membuka rekening.

Setelah aplikasi terinstal, buat identitas (username) dan password yang nanti digunakan sebagai akses ke akun tersebut. Lebih canggih lagi, aplikasi mobile banking dari beberapa bank sudah memunginkan calon nasabah untuk membuat rekening secara online.

Sementara pada internet banking, Anda perlu mendaftarkan diri melalui bank atau ATM secara langsung. Masukkan kartu debit dan pin, lalu isi data pendaftaran berdasarkan panduan. Selesai registrasi, Anda tingga melakukan aktivasi internet banking dengan login ke website bank.

 

2.    Mengakses fitur dan layanan

Selanjutnya, perbedaan internet banking dan mobile banking berada pada tahap mengakses berbagai fitur dan layanan. Internet banking menawarkan akses lebih mudah, sebab Anda hanya perlu melakukannya melalui website resmi bank yang bersangkutan. Jadi pastikan Anda masih ingat data-data yang dipakai untuk login.

Lantas pada mobile banking, ada dua cara yang ditawarkan. Satu, Anda perlu mengunduh aplikasi yang disediakan lembaga perbankan. Kemudian, masukan username dan password yang didaftarkan sebelumnya untuk mengakses fitur-fitur di dalamnya.

Baca Juga: Tips Nyaman dan Aman Bertransaksi dengan E-Payment

Dua, dengan memanfaatkan menu provider. Hanya saja tak semua provider menyediakan layanan mobile banking. Untuk itu, Anda sebaiknya pastikan provider yang Anda gunakan sudah menyertakan akses ke mobile banking yang dipakai.

 

3.    Berbagai keunggulan yang ditawarkan

Perbedaan internet banking dan mobile banking terakhir adalah keunggulan-keunggulan yang ditawarkan masing-masing layanan. Internet banking memudahkan Anda untuk transaksi saldo, transfer, mutasi rekening, hingga membayar aneka tagihan. Sejumlah bank juga memastikan website mereka user friendly, sehingga tak akan memberatkan beban perangkat.

Pada mobile banking, keunggulan yang dirasakan adalah kepraktisan akses fitur dan layanan lewat aplikasi. Selain itu, Anda juga akan menerima SMS saat ada aktivitas mencurigakan seperti akses dari pihak lain. Aktivitas yang dimaksud biasanya berhubungan dengan setoran, transfer, dan tarikan.

Kemudian, perbedaan internet banking dan mobile banking dari segi keunggulan juga dirasakan pihak bank. Pada mobile banking khususnya, mereka dapat menghemat biaya untuk telebanking. Lalu, layanan tersebut juga terbukti mampu meningkatkan kepuasaan pelanggan.

 

Pilih layanan yang mana: internet banking atau mobile banking?

Barangkali Anda masih belum bisa menentukan mana yang sebaiknya dipilih setelah membaca perbedaan antara internet banking dan mobile banking. Dalam hal ini, Anda bisa cek lagi kegiatan atau kebutuhan apa saja yang selama ini dibayar memakai pembayaran online

Internet banking yang tak mengandalkan aplikasi lebih cocok untuk Anda yang tidak terlalu bergantung pada transaksi melalui smartphone. Menilai dari perbedaan internet banking dan mobile banking di atas, layanan ini hanya bisa dilakukan melalui website. Lalu, walau website dapat diakses pada perangkat mobile, transaksi seperti ini akan terasa lebih nyaman dan lancar saat Anda lakukan melalui laptop atau PC.

Mobile banking di sisi lain ditujukan untuk Anda yang sehari-hari tak bisa lepas dari smartphone. Semua fitur dan layanan yang tersedia dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan berbagai macam transaksi. Akan tetapi, Anda juga harus mengantisipasi gangguan seperti maintenance dan koneksi internet buruk yang kadang mengacaukan proses transaksi.

Semoga setelah mengetahui perbedaan internet banking dan mobile banking, Anda bisa lancar dan praktis melakukan transaksi!

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

23 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

natasya anindita

10 December 2023

Terimakasih infonya sangat menarik

Balas

. 0

JUWENAH

03 December 2023

Belum pernah nyoba internet banking

Balas

. 0

Siti Maesaroh

16 June 2023

Siip

Balas

. 0

Wendi Purwanto

05 May 2023

Sipp

Balas

. 0

Dhea Nirwana

28 April 2023

Menambah ilmu

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS