Dirilis

24 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Modal merupakan kendala utama kenapa banyak orang enggan untuk membuka suatu bisnis. Namun, di era serba digital seperti ini ada banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal besar. Mayoritas bisnis tersebut merupakan bisnis online. Meski tanpa modal besar bukan berarti peluang bisnis ini tidak menjanjikan. Jika Anda tertarik, inilah beberapa contoh bisnis online tanpa modal besar yang bisa dipilih.

 

5 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Manfaatnya

Bisnis online adalah semua jenis kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet atau dilakukan secara online. Artinya semua aktivitas bisnis dilakukan melalui internet. Aktivitas yang dimaksud seperti kegiatan jual beli online ataupun menyediakan jasa secara online. Bisnis online ada yang bisa dijalankan dengan modal dan tanpa modal besar. 

Manfaat yang akan didapatkan ketika menjalankan bisnis online, antara lain 

  1. Hemat biaya untuk sewa tempat dan juga biaya gaji karyawan, 
  2. Produknya sangat fleksibel, bisa berbagai macam produk yang dijual, dan
  3. Aktivitas bisnis bisa dilakukan dimana saja dan nonstop asalkan terkoneksi dengan internet. 

Berikut ini beberapa contoh bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal besar:

 

1. YouTuber 

YouTube menjadi salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna. Melalui YouTube pengguna bisa melihat berbagai jenis video. Video-video yang ada di YouTube tersebut merupakan video yang di upload oleh para YouTuber. Semakin banyak orang yang menonton video tersebut maka jumlah penghasilan yang diperoleh Youtuber semakin besar. Tidak heran jika kemudian banyak yang mencoba peruntungan untuk menjadi seorang YouTuber. 

Menjadi seorang YouTuber tidak membutuhkan modal. Anda hanya perlu mempersiapkan laptop, kamera, handphone dan juga jaringan internet. Selain itu, menjadi YouTuber dituntut untuk selalu memiliki ide kreatif untuk membuat sebuah konten. Jangan lupa untuk membuat akun YouTube terlebih dahulu.

 

2. Admin Media Sosial  

Bisnis online berikutnya yang bisa dijalankan tanpa modal besar adalah menjadi admin media sosial.  Bisnis online satu ini sangat mudah dijalankan karena Anda hanya perlu membuat ide yang kreatif dan menarik. Dimana ide tersebut akan digunakan untuk mengisi konten. 

Bisa dibilang bisnis online satu ini tergolong masih baru tetapi banyak yang membutuhkannya. Beberapa hal yang akan dilakukan jika menjadi admin media sosial adalah membuat konten yang menarik, berinteraksi dengan follower, dan meningkatkan jumlah follower atau likes. 

 

3. Dropshipper 

Dropship menjadi salah satu bisnis online tanpa modal besar yang diminati oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan keuntungan yang diperoleh cukup besar. Menjadi seorang dropshipper Anda hanya perlu menjual produk milik orang lain. Maksudnya menjual produk atas nama Anda tetapi barangnya dikirim oleh supplier. Sebelum menjalankan bisnis ini Anda harus mencari supplier terlebih dahulu. 

Anda bisa menjual produk tersebut melalui media sosial atau e-commerce. Kelebihan menjalankan bisnis ini adalah Anda tidak perlu memikirkan persediaan barang karena stok sudah dipegang oleh supplier. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk biaya sewa gedung untuk toko.

 

4. Membuka Kursus Online 

Selama masa pandemi, pemerintah menganjurkan semua kegiatan belajar di sekolah dilakukan secara online. Belajar dari rumah membuat peluang membuka usaha kursus online sangat terbuka lebar. Kursus online itu sendiri merupakan website yang berisi tentang berbagai macam materi mata pelajaran yang bisa diakses secara berbayar, baik dengan sistem berlangganan atau sekali beli. Jika ingin menjalankan bisnis berarti harus memiliki website. 

 

5. Menjadi Penulis Freelance 

Memiliki kemampuan menulis bisa Anda manfaatkan untuk menjadi penulis freelance. Bisnis online ini bisa dijalankan tanpa modal besar tetapi hasilnya cukup menjanjikan. Untuk menjalankan usaha ini, Anda harus mempersiapkan laptop atau komputer, handphone dan juga jaringan internet. Pendapatan menjadi penulis freelance cukup banyak, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan tergantung dari jumlah pekerjaan yang Anda ambil. 

Nah itulah 5 contoh bisnis online tanpa modal besar dan manfaatnya. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis tetapi tidak memiliki modal, beberapa contoh bisnis online diatas bisa dijadikan pilihan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai bisnis online yang baik dan benar selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

22 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ariski Yulian Putra

04 December 2023

Sangat bermanfaat sekali

Balas

. 0

Sonny Hisar Hamonangan Sitompul

29 September 2023

?

Balas

. 0

Muhamad Trimanto

26 September 2021

Bagus

Balas

. 0

Aim Rahman Nashir

26 September 2021

Jangan lupa berkunjung ke youtube: Abhey Rudolph hihi ...

Balas

. 0

Rhomadona

26 September 2021

sangat bermanfaat

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS