Dirilis

23 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu ikan hias yang menjadi favorit banyak orang adalah ikan mas koki. Sebab tingginya minat orang terhadap ikan mas koki juga yang membuatnya sangat menjanjikan sebagai usaha ternak ikan mas koki. Nah, jika Anda tertarik untuk memulai usaha budidaya ikan mas koki, inilah cara memulai usaha yang bisa Anda lakukan.


Cara Ternak Ikan Mas Koki yang Baik Bagi Pemula

Ada beberapa langkah ternak ikan mas koki yang dapat diaplikasikan termasuk oleh Anda yang baru ingin memulai usaha ini, yaitu:


1. Menyiapkan Tempat dan Menyiapkan Modal

siapkan modal usaha ternak ikan mas koki
Langkah pertama ternak ikan mas koki adalah dengan menyiapkan tempat atau kolam budidaya. Ukuran yang disarankan adalah sekitar 80 cm x 40 cm x 40 cm. Dengan besaran tersebut, diharapkan kita dapat memantau perkembangan saat proses budidayanya nanti. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan modal untuk usaha ikan mas koki. Inilah gambaran modal yang harus Anda siapkan:
a.    Membuat kolam ternak                  Rp2.000.000
b.    Pengadaan bibit ikan mas koki        Rp1.800.000
c.    Pompa air                                    Rp330.000
d.    Alat pembersih kolam ikan              Rp100.000
e.    Jaring, terpal, dan selang               Rp300.000
f.    Peralatan tambahan lainnya             Rp500.000
Total modal yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp5.030.000. Modal ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung harga dari berbagai peralatan dan bibit ikan yang Anda butuhkan. Namun, itulah kisaran biaya yang paling tidak harus Anda siapkan untuk memulai usaha ternak ikan mas koki.


2. Memilih Indukan yang Baik

Cara berikutnya adalah dengan memilih indukan ikan mas koki dengan kualitas baik sebagai indukan. Indukan yang baik, tentunya akan menghasilkan anakan yang baik pula. Yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu dan menentukan jenis ikan mas koki mana yang kemudian akan dibudidayakan. Setelah itu, pilihlah indukan dengan kualitas yang baik, dengan cara:
a.    Memilih ikan yang agresif atau tidak loyo
b.    Warnanya cerah dan tidak ada bekas luka
c.    Ikan tidak sedang sakit/ mengalami penyakit apapun
d.    Fisik lengkap dan tidak cacat.
Selain itu, langkah ternak ikan mas koki berikutnya adalah dengan mengetahui perbedaan antara indukan jantan juga betina, dengan ciri sebagai berikut:


A.    Indukan Jantan:

●    Kebanyakan memiliki sirip bintik-bintik bintik-bintik putih pada bagian sisinya
●    Pada ikan mas koki jantan, biasanya cenderung memiliki anus yang terlihat rata
●    Ikan mas koki jantan, biasanya fisiknya terlihat lebih ramping


B.    Indukan Betina:

●    Pada siripnya biasanya lebih mulus alias tidak terlihat bintik-bintik
●    Bagian anusnya biasanya lebih menonjol
●    Postur tubuhnya cenderung lebih bulat dibanding indukan jantan.


3. Proses Mengawinkan Indukan Ikan Mas Koki

ternak ikan mas koki proses kawin indukan
Berikutnya yang harus dilakukan adalah mengawinkan indukan jantan dan indukan betina, dengan cara:
a.    Taruh indukan dalam aquarium, lebih baik tambahkan eceng gondok di dalamnya (dengan tujuan memberi rasa nyaman ketika perkawinan dan sebagai tempat penyimpanan telur).
b.    1 ekor ikan jantan, mampu mengawini 2 ekor betina, sehingga di awal kita cukup menyiapkan 1 ekor ikan koki jantan dan 2 ekor ikan koki betina. Kedepannya jumlah bisa ditambah
c.    Ketahui pula bahwa nantinya, telur dikeluarkan oleh ikan koki betina dan akan dibuahi oleh ikan jantan, pembuahan ini juga biasa disebut pembuahan eksternal.


4. Perawatan Anakan

Telur ikan yang telah dibuahi pejantan, biasanya akan menetas menjadi larva sekitar 2-4 hari. Karena tidak semuanya menetas, bagi yang tidak berhasil menetas, sebaiknya diambil supaya tidak mengotori tempat ikan tersebut. Setelah telur tersebut menetas, kita tak perlu memberi makannya terlebih dahulu, karena ternyata ikan punya cadangan makanan selama sekitar 3-4 hari.
Setelah itu, untuk larva ikan sebaiknya diberi makanan ikan berupa kuning telur rebus. Setelah usianya sekitar 14 hari, Anda dapat memberinya cacing sutra yang disaring terlebih dahulu dan diberikan sedikit demi sedikit. Selain itu, kondisi air dan aquarium sebaiknya harus selalu dalam pengawasan dikarenakan larva ikan masih berada dalam kondisi yang sensitif.


5. Masa Panen dan Penjualan Ikan

Anda bisa memanen ikan koki setelah usia 3-4 bulan dengan rata-rata berat ikan seberat 400-600 gram per ekor. Untuk menjualnya, Anda bisa langsung ke pengepul, penjual ikan eceran, atau ke pecinta ikan hias. Anda juga bisa melakukan promosi secara digital dengan
memanfaatkan media sosial untuk lebih mempromosikan ikan koki.

Satu ikan mas koki umumnya dibandrol dengan harga termurah Rp10.000. Harga ini bisa lebih tinggi tergantung jenis dan berat ikan koki. Jika dengan asumsi Anda bisa menjual paling sedikit 15 ekor per hari, maka dalam 1 bulan Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp4.500.000.

Itulah cara memulai usaha ternak ikan mas koki yang baik dan benar. Pada dasarnya, usaha ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan untuk dilakukan. Yang terpenting adalah bagaimana mempraktekkan cara budidaya yang baik dan benar agar usaha ternak ikan mas berjalan lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer agribisnis dari Daya.id seputar cara usaha budidaya yang baik dan benar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS