Dirilis

18 Juli 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Anda sebagai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, tentu bisa merasakan, kalau menjalankan UMKM pasti ada tantangannya. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki sendiri menjelaskan bahwa tantangan yang sering dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah keterbatasan akses terhadap modal, produksi, hingga pemasaran. Apakah Anda setuju dengan pernyataan tersebut?

Masalah-masalah tersebut sayangnya bisa ‘mematikan’ UMKM, bahkan UMKM yang memiliki potensi besar. 

Tapi, tentu ada berbagai jalan keluar yang bisa Anda coba untuk mengatasi tantangan tadi. Salah satunya dengan bergabung ke koperasi

Bagi Anda para pelaku UMKM, bergabung dengan koperasi bisa memberikan Anda manfaat yang banyak. Mulai dari mengatasi permasalahan modal, produksi, hingga pemasaran. Bagaimana sih lebih jelasnya? Yuk baca artikel ini sampai habis. Karena pada artikel ini, Anda dapat mengetahui manfaat bergabung dengan koperasi bagi kesejahteraan UMKM Anda.

 

5 Manfaat Koperasi Bagi Pemilik UMKM

Koperasi dapat menjadi wadah yang bisa membantu usaha Anda terus berkembang, dan berpotensi memiliki umur yang panjang. Nah, berikut lima manfaat koperasi bagi para pelaku UMKM. 

 

1.    Kemudahan Akses Memperoleh Modal Usaha

Modal merupakan masalah ‘klasik’ yang sering dihadapi oleh para pelaku usaha. Tidak memiliki modal yang cukup serta adanya keterbatasan akses terhadap pinjaman modal, dapat menjadi masalah penghambat suatu usaha. Dengan bergabung dengan koperasi, Anda bisa mendapatkan akses untuk modal usaha.

 

2.    Kemudahan Proses Produksi Sampai Pemasaran


Selain modal, terkadang yang menjadi penghambat perkembangan suatu usaha adalah proses produksi dan pemasarannya. Bergabung dengan koperasi dapat membantu Anda dalam hal tersebut. Koperasi sendiri merupakan prioritas bagi pemerintah. Sehingga, apabila UMKM yang Anda miliki bergabung dengan koperasi, Anda berpeluang mendapatkan akses pasar. Anda berpeluang mendapatkan bantuan dalam proses produksi produk Anda hingga kegiatan pemasarannya agar laku di pasaran.

 

3.    Kesempatan Pelatihan dan Pengembangan Diri

Karena merupakan prioritas bagi pemerintah, biasanya koperasi bekerja sama dengan lembaga pemerintah untuk mengadakan beberapa pelatihan gratis. Tentunya hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para anggotanya untuk bisa mengembangkan diri dan usahanya.

Pelatihan tersebut memang ditujukan untuk mengembangkan UMKM agar terus dapat tumbuh. Jenis pelatihan yang diadakan dapat mencakup pelatihan mengenai manajemen usaha, kualitas produk, keuangan, kehalalan, perizinan usaha, hingga pelatihan agar produk Anda bisa menembus pasar luar negeri. Menarik bukan?

 

4.    Meningkatkan Kesejahteraan Seluruh Anggota

Karena berlandaskan sistem kekeluargaan, sebuah koperasi tentunya akan mengutamakan kesejahteraan para anggotanya. Jika Anda bergabung dengan koperasi, tentunya anggota lain akan turut membantu dalam kesuksesan usaha Anda. Anda dapat dengan mudah bertukar ilmu dengan anggota lain yang juga memiliki usaha. Sehingga bukan hanya koperasinya saja yang sukses, namun usaha yang dimiliki setiap anggotanya juga akan ikut berkembang.

 

5.    Membangun Relasi Usaha

Jika Anda aktif sebagai anggota koperasi, tentunya Anda akan memiliki relasi dengan anggota lainnya. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memperluas jaringan usaha dan juga meningkatkan peluang usaha Anda. Anda juga dapat melihat dan mempelajari berbagai jenis usaha lain yang dimiliki para anggota koperasi lainnya.

Nah, setelah membaca artikel di atas, manfaat yang bisa Anda dapatkan sangat banyak bukan? Bagi Anda pemilik UMKM, Anda bisa mempertimbangkan untuk bergabung dengan koperasi ya. Karena Anda bisa memanfaatkan berbagai macam peluang untuk mengembangkan diri dan juga usaha Anda. Apapun bentuk usaha yang Anda miliki, baik penyedia barang maupun jasa, warung kecil atau kerajinan, Anda tetap bisa bergabung dengan koperasi lho.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana mengembangkan UMKM Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS