Dirilis

21 Juni 2022

Penulis

Peni hidayah

Meningkatkan omzet, bisnis yang makin berkembang, dan pasar semakin luas, adalah tujuan yang ingin dicapai para pengusaha. Setuju kan ya dengan kalimat tersebut? 

Bergabung ke dalam komunitas pengusaha menjadi satu jalan yang bisa Anda jalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Tidak hanya itu, cukup banyak lho manfaat yang bisa Anda dapat kalau Anda bergabung ke dalam komunitas pengusaha. Apa lagi ya?

 

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Pengusaha


Berikut beberapa manfaat bila Anda bergabung dengan komunitas pengusaha:

 

1.    Memperluas Pasar 

Jelas dong karena di komunitas beranggotakan orang-orang atau pengusaha dari satu daerah yang sama maupun berbeda. Anda juga biasanya diberikan kesempatan memperkenalkan bisnis Anda ke orang-orang yang ada dalam komunitas. Biasanya juga komunitas memiliki direktori online yang secara gratis memberikan kesempatan beriklan tanpa biaya di situs mereka. 

 

2.    Meningkatkan brand awareness


Komunitas pengusaha bisa menjadi channel marketing yang Anda manfaatkan karena memiliki nilai engagement tinggi, apalagi kalau bisnis Anda memiliki manfaat lebih untuk komunitas tersebut. Apalagi kalau pasar Anda semakin luas, akan semakin banyak yang kenal pada brand bisnis Anda.

 

3.    Tempat bertukar informasi bisnis dan media belajar


Bergabung ke komunitas membuat Anda menjadi lebih dekat dengan anggota yang satu juga dengan lainnya. Nah, manfaatkan kedekatan ini untuk meemperkaya informasi seputar bisnis yang sama maupun berbeda, karena Anda bisa dapatkan berbagai macam ilmu dan pengalaman yang belum tentu bisa Anda temukan di buku atau teori bisnis lainnya. Siapa tahu ada strategi bisnis mereka yang jitu tetapi Anda tidak mengetahuinya. Ingat ya punya bisnis itu perlu belajar bagaimana caranya agar bisnis semakin berkembang, dan belajar itu bisa dari mana saja juga dari siapa saja.

 

4.    Membentuk hubungan yang baik

Sering bertemu atau diskusi baik offline maupun online membuat hubungan Anda dengan yang lainnya semakin dekat bahkan akrab. Jika suatu saat memiliki masalah terutama terkait bisnis, anggota komunitas bisa diajak berdiskusi dan membantu mencarikan solusi berdasar pengalaman masing-masing anggota. Enak kan Anda jadi tidak pusing sendiri cari solusinya.

Baca Juga : buka peluang ekspansi dengan kolaborasi bisnis

 

5.    Meningkatkan rasa percaya diri dalam berbisnis

Bergabung dalam komunitas bisnis akan membuatmu menemukan rasa memiliki serta dukungan atau motivasi dari banyak orang. Kalau kamu pernah memiliki pertanyaan tertentu seputar bisnis yang tidak kamu ketahui jawabannya, kamu bisa mengajak rekan-rekan komunitasmu untuk berdiskusi tentang masalahmu dan mencari solusinya bersama.

 

6.    Kesempatan untuk punya mentor

Di komunitas Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan mentor atau ahli yang dapat mengasah kemampuanmu dalam berbisnis menjadi lebih baik lagi.

Hal ini sangat memungkinkan karena hubungan antar personal dapat dibangun lebih rekat di dalam sebuah komunitas. Penting diketahui kalau kesempatan ini akan sulit Anda dapatkan jika Anda hanya bergelut seorang diri saja.

Itulah 6 manfaatkan yang bisa Anda dapatkan jika bergabung ke dalam komunitas pengusaha atau bisnis. Dengan bergabung ke komunitas, membuat Anda menjalankan bisnis lebih efektif dan juga produktif. Yuk segara gabung ke komunitas bisnis untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Jika ingin mendapat informasi lebih dalam terkait komunitas bisnis, Anda bisa  berkonsultasi dengan mitra ahli kami di website www.daya.id. Anda juga bisa mendapatkan informasi usaha dan keuangan lainnya secara gratis dan sangat mudah dari Daya.id. Yuk daftar ke Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS