Dirilis

13 Juni 2022

Penulis

Ari Handojo

Bagi para pemilik bisnis, tentunya mencari keuntungan adalah salah satu tujuan utama yang harus dicapai. Pada intinya, keuntungan merupakan selisih antara pendapatan dengan pengeluaran. Sehingga, untuk bisa mendapatkan keuntungan tersebut, Anda bisa melakukan berbagai cara. Sebagai contoh, Anda bisa menekan pengeluaran atau meningkatkan penjualan pada bisnis Anda, sehingga keuntungan yang Anda dapatkan akan lebih besar.

Hal tersebut tentu hanyalah sebuah teori perhitungan simple. Pada kenyataannya, banyak hal yang perlu menjadi pertimbangan, jika Anda akan menekan atau mengontrol pengeluaran maupun meningkatkan penjualan pada suatu bisnis. Apakah sumber daya manusia yang selama ini mendukung bisnis Anda sudah dioptimalkan? Atau misalnya pemakaian tenaga dari pihak ketiga sudah berjalan secara efisien bagi produktivitas dalam bisnis Anda?

Banyak hal yang perlu dilakukan oleh para pemilik bisnis dalam melakukan ekspansi usahanya. Namun ada kalanya pemilik bisnis tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk mendukung bisnisnya dengan kekuatannya sendiri. Nah di sinilah Anda bisa melakukan kolaborasi yang menguntungkan. Anda bisa melakukan kolaborasi sebagai cara untuk dapat mengekspansi usaha Anda. 

Kolaborasi sendiri merupakan suatu kerja sama antara dua perusahaan, dalam rangka untuk mencapai target perusahaan. Tentunya kolaborasi yang dilakukan haruslah saling menguntungkan atau win-win solution.

 

Keuntungan Melakukan Kolaborasi Bisnis 

Melakukan kolaborasi bisnis tentunya memiliki banyak keuntungan bagi bisnis yang Anda miliki. Keuntungan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek sebagai berikut.

 

1.    Aspek Finansial

Kolaborasi dapat meningkatkan penjualan dalam negeri maupun ekspor pada bisnis Anda. Kolaborasi juga memungkinkan Anda untuk mengajukan tender untuk kontrak yang lebih besar, atau dapat memotong biaya produksi dengan berbagi sumber daya.

 

2.    Aspek Sumber Daya Manusia

Kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan para karyawan yang Anda miliki, meningkatkan pekerjaan, dan mendorong motivasi karyawan. 

 

3.    Aspek Modal Kerja

Kolaborasi memungkinkan Anda untuk dapat berbagi fasilitas, sumber daya, peralatan, dan bahan mentah. Sehingga Anda dapat memangkas biaya produksi yang harus dikeluarkan menjadi lebih kecil.

 

4.    Aspek Modal Intelektual

Kolaborasi memungkinkan Anda untuk dapat memanfaatkan keahlian, pengetahuan, dan kemampuan gabungan dari kedua belah pihak.

 

Beberapa Hal yang Dapat Anda Pelajari dari Sebuah Kolaborasi


Kondisi dunia yang cepat berubah, menuntut pemilik bisnis untuk bisa lebih adaptif dalam mengembangkan bisnisnya. Tetapi apakah para pemilik bisnis secara mudah bisa beradaptasi seiring berjalannya waktu? 

Justru kebanyakan para pemilik bisnis terjebak dalam suatu zona nyaman, yang membuat mereka enggan melakukan perubahan sekecil apapun. Kolaborasi dinilai efektif untuk dilakukan oleh Anda yang memiliki bisnis dan ingin mengembangkan usahanya untuk menjadi lebih masif dan menguntungkan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari sebuah kolaborasi.

 

1.    Kepercayaan

Suatu kepercayaan, terutama pada figur sentral merupakan hal yang sangat penting dalam kolaborasi. Untuk membangun kepercayaan yang kuat dan tahan lama, Anda harus tahu apa yang membuat kepercayaan itu bertahan. 

Misal, Anda bisa menunjukkan komitmen Anda pada tujuan bersama di atas kepentingan diri sendiri. Membangun kepercayaan memang membutuhkan waktu, tetapi jika Anda menjalaninya dengan serius, tentu akan dapat membantu mempercepat prosesnya.

 

2.    Kesetaraan

Kolaborasi yang efektif mengharuskan semua anggotanya untuk memperlakukan satu sama lain secara setara dan dengan rasa hormat. Penting untuk diingat bahwa tidak ada satu kelompok pun yang memiliki tanggung jawab dalam semua aspek. 

Terkadang dalam suatu kolaborasi, akan ada seseorang yang memegang posisi penyelenggara, atau pemegang keputusan. Kolaborasi juga mengajarkan kita bagaimana mengatasi masalah secara efektif, serta menghasilkan hasil yang lebih baik.

Nah itu tadi beberapa penjelasan terkait kolaborasi usaha yang menguntungkan. Tentunya kolaborasi dapat dilihat sebagai peluang emas untuk Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Anda juga dapat meningkatkan keuntungan bisnis Anda melalui sebuah kolaborasi.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana melakukan kolaborasi usaha yang baik untuk mengekspansi usaha Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS